Sehat ala Inspirasi BeraniSukses


Bismillah…

Kesehatan adalah anugrah terindah Allah beri kepada hambaNya dan bayangkan satu nikmat (sehat) aja Allah ambil dari kita merasa betapa dunia begitu tak indah dan tek elok. Maka sebelum datang waktu sakit pergunakan dan perliharalah kesehat dengan semaksimal.

Seperti slogan sering kita dengar “orang miskin dilarang sakit apalagi anak kos tidak dibenarkan untuk sakit”, jika anak kos sudah sakit brabeeeee pisan atuh. Secara tinggal diperantaun tanpa saudara, tanpa keluarga, tanpa kekasih tanpa uang “gilaaakaan”. Kalau udeeh sakit semua terbengkalai “kuliah cuti, tumpukan menumpuk, kosan setinggi gunung, kosan berserakan, kelaparan karena gak ada yang masakin atau bingung minta tolong pada siapa dan lebih parahnya tugas kuliah bajibun (banyak)!!!

Dengar dan baca baik-baik yang merasa anak kosan bagaimana cara jitu dan trik praktis biar menjadi anak kos tangguh (jarang sakit) secara ala sehat simfonis diterapkan selama (7 tahun) menjadi anak kosan “asyikkkkk” insyallah jarang sakit walaupun pernah.

Usahakan konsumi minum air putih sebanyak mungkin “8 liter perhari” kalau yang itu mah sudah biasa tipsnya. Nah yang bedanya apa ya? simfonis mengkonsumi air putih setelah sholat shubuh dan cukup satu gelas sembari baca Al-fatiha sampe selesai “moga baca al-fatiha saat minum tidak termasuk katagori bi’dah” landasan membaca al-fatiha sebab ketika Rasullah menyembuh orang sakit beliau membaca Al-fatiha ditempat yang sakit. Berharap dengan ayat-ayat tersebut mampu memperbaiki sel-sel tubuh dan hati selalu dalam shirotul mustaqin seperti penjelasan Al-faatiha diayat ke 6 “Tunjukilahkami jalan yang lurus”.

Sebelum berangkat kampus dan serapan pagi biasanya mengkonsumsi jus jambu/jus tomat secara Cuma buah itu paling murah dari sekian banyak buah diswalayan “huakkssss”. Just guyon bukan itu alasan kenapa guwe memilih dua buah tersebut dikonsumsi, alasan konkritnya karena vitamin di kedua tersebut luar biasa manfaatnya bagi tubuh manusia

Dan Alhamdullillah guwe punya blender selama menjadi anak kosan karena dari awal berniat jika ngekos harus punya blender secara beli jus warung atau outlet terasa kemahalan mendingan bikin sendiri tinggal beli buah, susuh, madu, dan gula udah jadi dengan sejuta rasa dan nikmat luar biasa.

Apalagi ketika dirumah pernah buat jus dengan air zam-zam dicampur madu, susu, dan gula. Subhanallah segarnya luar biasa. Sepertinya bisa bikin bisnis baru “Jus campur air zam-zam” pasti laku abiissss. Bagi teman-teman belum pernah mencoba sesakali cobain bagaimana nikmatnya.

Jika teman-teman pernah baca artikel kenapa orang yahudi pintar? Salah satu makanan konsumsi mereka adalah membanyak makan buah sebelum makan dan Rasullah ternyata makan juga seperti itu lebih mengutama makan buah dulu baru makan nasi “rice” dan segi medis juga bagus.

Jika melirik pola makan masyarakat Indonesia rata-rata salah pola makanan mereka, coba aja lihat dikondangan atau tempat syukuran lainnya buah-buahan sebagai pencuci mulut bukan sebagai makanan awalan. Kalau sudah membaca essay ini segera ubah pola makanan kita yeee…”biar kita sehat wal’afiat”

manfaatkan kaki lo untuk berjalan, jangan sampe kaki dimanjakan turun angkot naik angkot, naik sepada motor turun sepeda motor mendingan kaki dibawa berjalan. Semakin banyak kaki melangkah maka semakin bagus untuk organ tubuh kita yang lain dan guwe juga pernah membaca salah satu artikel di Yahoo ternyata manusia setiap hari berjalan kaki mempengaruh terhadap otak “otak semakin membesar”.

Nah lo sudah tahukan manfaat jalan kaki buruan jual motor, mobil dan angkot kalian hooooooo “guyonlagi” dan alih transfortasi kalian dengan jalan kaki kalau bisa pake sepeda.

Terakhir sekali-sekali makanlah makan sehat dan bergizi jangan sampai makan itu lagi-itu lagi “tempe, tahu, telor dadar” dan jangan keseringan juga menikmati makan lezat, bergizi takutnya kolesterol.

Selama mencoba ya dan semoga selalu dalam lindungan, lingkaran, taburan cinta sang Ilahi.

Best Regard

Inspirasi BeraniSukses “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

 

 

 

Manis siapa takut


Bismillah…

Hari gini gitu loh gak suka manis! Rugi banget, emang rugi seberahak atuh? Pokoknye rugi daahhhh, Heeemmm tiba-tiba bahasa sunda ane keluar huakkssss. Kalau pake bahasa sunda jadi ingat masa-masa naik damri jatinangor-bandung. Pasti ente Tanya damri itu opo? Ya kendaraanlah masak bakwan hooooo. Damri termasuk kendaraan sangat penting bagi mahasiswa yang berada dijatinangor (Unpad, STPDN, lupa satu lagi universitas bertengga ma unpad) maklum sudah sekian tahun berpisah dengan tanah pasundan.

Tahu gak kalian, ya gak tahu lah belum ane kasih tahu, Hufff^__^ oke ane kasih tahu tentang damri nanti endingnya sampe jua tentang Manis.

Damri merupakan kendaraan milik pemerintah jika ente pernah kecengkareng (soehatta) pasti disana banyak banget damri mangkal dengan berbagai tujuan keseluruh ibu kota Jakarta. Nah kalau naik damri ongkos lumayan murah tapi bukan murah. Kenapa harus naik damri dan tidak naik bus, taksi atau motor? Cuma damri yang melalui tol Cileunyi dengan melalui tol sebut insyallah sampe kota bandung lebih cepat dibanding naik bis melalui cibiru.

Dulu ketika jadi mahasiswa di daerah tanah pasundan (jatinangor) sering banget bahkan tak terhitungkan naik kendaraan jelek tersebut, huuffttt. Benar-benar jelek trus muatan luar biasa persis seperti naik kereta ekonomi kalau gak percaya coba aja sekali-kali naik damri jalur (Jatinangor-bandung). Pasti bakal gak mau lagi naik secara kondisinya tidak nyaman, muatan luar biasa sampe glatungan, tukang jualan dari jualan Koran, buah-buahan, mainan, minuman pokoknya serba ada dech di damri ibarat mini market serba ada (hoooooooo)

Jadi ingat dengan kata dosen ane yang termasuk katagori dosen ditakuti (shadis) bayar murah tapi mau pelayanan mahal, itu lah manusia. Kalau mau pelayanan bagus ya naik taksi. Benar juga tuh comment dosen ane, nama juga manusia kalau orong-orong pasti gak banyak keluh…”parah banget dosen ane”

Heeemmm ternyata ada kisah mengharu biru juga, eeppp hal itu tak elok ane bahas disini alias di boikot. Bukan kah kata Aa Gym jagalah hati jangan kau kotori jadi lebih baik menjaga hati dari pada mempaparkannya. “setujukan dengan ane udah setuju waelah”

Waduhhh jadinya ane bahas tentang damri sich ^__^padahal tittle above about manis siapa takut? Oke kembali ketopik, Nah pertama kali kenal namanya manis di kota pasundan nich sebelumnya belum pernah.

Btw manis apa ye? Maksud disini bukan mojang-mojang manis emang kebanyakkan manis tapi manis buatan alias cantiknya bukan innerbeuty kalau ibarat makanan pake manis buatan jadi dilidah itu kerasa tidak enak seperti itu manis m*j*ng bandung. Sory coy kalau ada ente merasa seperti itu bukan untuk menyingung apalagi membuka aib Cuma analogi aja.

Manis disini berkaitan dengan makanan dan sambal berbau manis. Tanah pasundan termasuk daerah menyukai manis walaupun manis disana tidak melebih makanan orang jowo (jawa tengah, jawa timur, yogja). Tapi tetap kerasa manis walaupun kadarnya masih low sweet secara yang merasakan ber-lidah Sumatra yang terbiasa makanan pedes, super pedas, hot.

Nah saat itu lah ane ditantang oleh simanis? Apakah ane sanggup dan bisa beradaptasi simanis tersebut? Pertama sich tantangan tersebut ditolak terpaksa beralih rumah makan padang hingga satu bulan masih belum bisa mengalah si manis…”oke saat itu menggakui kalah tapi sekarang jangan ditantang” secara lidah ane sudah lidah jawa walaupun sudah ber-lidah jawa jangan harap saya bisa bahasa jawa apalagi jadi orang jawa “heeemmm’.

Apalagi setelah kembali dari jawa benar-benar makanan berbau pedas dan hot seperti serem banget hal ini berbalik arah seperti awal pertama ane makan makanan serba manis seram dan menakutkan. Kenapa seram? sebab makan aja dikit sambel badan sudah kepanasan. Oooo my Allah ternyata luar biasa pengaruh makanan manis dalam hidup ane. Atau mungkin ini bertanda kalau ane cocok sama orang jawa..”sweet-sweet-sweet”.

 Udah dulu ye antuna semua capek euy bahas simanis, karena dijelaskan lagi pasti simanis tuh tidak berakhir-berakhir sebab banyak cinta indah tentang manis mulai ngelur ngidul sampe nan serius.

Regard

Simfonis “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

LAUK PAUK DARI SAYURAN


1. Botok Daun Belinjo

Bahan-bahan:

200 gr daun melinjo muda potong kasar

½ butir kelapa muda, parut memanjang

200 gr udang tampak kulit cincang kasar

100 cc santan dari ¼ butir kelapa

10 cabe rawit, iris tipis

5 cabai hijau tiris tipis

2 tangkai bawang daun iris tipis

Daun salam

Bumbu Yang Dihaluskan

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

12 lengkuas

1 sendok teh ketumbar

1 cm kencur

Garam secukupnya gula jawa selera

Cara Membuatnya:

Campuk dan aduk bahan sampai rata siapkan selembar daun pisang, taruh daun salam lalu 2-3 sendok makan adonan diatasnya. Sematkan daun salam lalu kukus sampai matang lebih kurang 40 menit angkat dan rapikan daunnya.

  1. Urapan

Bahan

150 gr daun kangkung

150 gr daun singkong

150 gr wortel potong tipis-tipis

150 gr tauge

Semua bahan tersebut direbus dan tiriskan

Bumbu Sambal

1/3 butir kelapa muda Kupas kulitnya

3 cabai merah

1 cm kencur

1 lembar daun jeruk purut

Garam dan gula jawa menurut selera

Cara membuatnya:

Haluskan cabai, daun jeruk, kencur, garam dan gula jawa. Campur dan aduk bumbu cabai dengan kelapa parut lalu kuku sampai matang

  1. 3. Sambal Tumpang

Bahan-bahan:

15o gr daun mangkokkan muda

150 gr daun kenikir muda

150 gr daun berluntas yang muda

150 gr tauge siangin

Sambal:

3 lembar daun jeruk puruk

6 cabai merah

5 cabai rawit

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 cm kencur

200 gr tempe setengah busuk haluskan

100 gr udang kecil tanpa kulit

350 cc santan dari ½ butir

Kelapa, garam dan gula jawa secukupnya.

Cara membuatnya:

Kukus cabai, bawang merah, bawang putih, kencur dan daun jeruk sampai layu, lalu haluskan. Rebus tempe udang bumbu yang telah dihaluskan dan santan sambil diaduk-aduk sampai sambal tumpang matang.

2. Cirancam

Bahan:

1 ikat kecil kacang panjang

¼ bagian kol yang sedang besarnya

1 ons taoge

2 lembar daun kencur

2 buah mentimun yang sedang besarnya

½ butir kelapa

Bumbunya:

½ ons cabe merah

7 siung bawang merah

Kencur besar ibu jari

Terasi sedikit garam dan gula secukupnya

Cara membuatnya:

Kelapa , bawang merah, kencur, cabe, terasi dibakar sebentar. Bumbu diulek dan aduk bumbu bersama-sama parutan kelapa. Kacang panjang kol dan daun kencur diiris kecil-kecil dan tipis. Tauge dibersihkan. Mentimun dipotong persegi empat seperti dadu. Aduk sayuran dan kelapa berbumbu tadi sampai tercampur benar. Hidangkan dalam piring dengan taburi bawang goring diatasnya dan kerupuk.

3.Buntil

Bahan

600 gr daun lembayung rebus setengah mateng, tiriskan

1/3 butir kelapa muda parut

100 gr teri nasi segar

100 gr udang kecil tanpa kulit

20 mata petai iris tipis-tipis

5 cabai rawit iris tipis

3 cabai hijai iris tipis

1 butir telur kocok sebentar

Bumbu yang dihalusnya:

5 cabai merah

2 siung bawang putih

1 cm kunci

¼ sendok teh terasi

Garam dan gula jawa

Cara membuatnya:

Campur semua bahan, bumbu yang telah dihaluskan dan telur. Atur beberapa daun lembayung sampai berbentuk segiempat dengan ukuran 10X10 cm. isi dengan 2-3 sendok makan adonan kelapa lalu lipat segiempat sembil dirapatkan. Susun dalam Loyang atau pinggan tahan panas lalu kukuk sampai matang. Angkat dan dan dinginkan. Daun lembayung ini dapat juga diganti dengan daun singkong.

ANEKA KUE KETAN DARI KETAN


1. Kekicak
Bahan A:
400 gr tepung ketan yang baru
200 cc air daun pandan wangi
½ the garam
Sedikit air kapur sirih
Bahan B:
1/2butir kelapa parut
250 gr gula merah, direbus
150 cc air dan ½ sendok the vanili disaring
2 lembar daun pandan
Sedikit garam
Semua bahan B ini dicampur jadi satu, masak sampai airnya kering
Cara membuat bahan A:
2. Tepung, air pandan, garam dan air dapur dicampur lalu diaduk menjadi satu dan diulen sebentar. Siapkan air mendidih dalam panic. Adonan dibentuk bulat-bulat sebesar ibu jari, dipipihkan tengahnya sedikit, setelah itu masukkan ke dalam air mendidih.
3. Apabila telah mengapung, angkat dan tiriskan, campur jadi satu dengan bahan B yang sudah dimasak. Aduk sampai rata dan hidangkan.
2. LEMPER AYAM
Bahan :
½ kg ketan putih
1 gelas santan kental
1 sendok the garam
Daun pisang batu
Isi:
1 dada ayam rebus
Bumbunya 4 bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok the garam
½ sendok teh merica
1 batang serai
½ sendok teh ketumbar halus
Gula pasir
3 buah kemiri
1 potong kencur
2 daun purut
½ gelas santan kental
Daging ayam rebus disuwir-suwir. Bumbunya dihaluskan kecuali sereh dan daun jeruk purut. Tumiskan dengan sedikit minyak, masukan ayam, bumbu, beri santan dan godok/rebus sampai kering.
Cara membuatnya:
Ketan cuci bersih dan rendam selama satu malam. Kukus ketan sampai maska, lalu diaroni dengan santan pansa, lalu kukus dengan sampai matang. Ratakan tipis diatas daun pisang, setebel 1 jari lebar 9 cm. lalu isikan dan digulung lalu potong-potong sepanjang 6 cm bungkus dengan daun pisang.
4. Wajik Ketan
Bahan:
½ kg ketan
200 cc santan cair
200 cc santan kental
150 gr gula pasir
300 gr gula merah
Sedikit garam
Beberapa daun lembar daun pandan
Cara membuatnya:
Ketan dicuci bersih dan rendam semalaman, tiriskan lalu kukus sampai ½ matang. Angkat lalu karo dengan 200 cc santan cair yang sudah digarami. Diamkan kira-kira ½ jam lalu kukus lagi sampai masak. Dua macam gula, santan kental, daun pandan dimasak sampai agak kental, masukan ketannya lalu masak sambil diaduk rata. Angkat lalu tuangkan di Loyang yang sudah dialas plastic ratakan jika sudah dingin potong persegi nyerong.
5. Madu mongso
Bahan:
600 cc santan kental
200 gr gula merah, iris halus
750 gr tape ketan hitam
Kertas minyak untuk membungkus potong ukuran 6X6 cm
Cara membuatnya:
Masak santan dan gula merah sampai mendidih. Masukan tape ketan hitam. Masak dan aduk adonan sampai kental kering dan bisa dipulang. Dinginkan. Taruh setiap ½ sendok masak adonan di atas kerta roti. Berbungkus seperti permen

%d bloggers like this: