Betapa Pentingnya Berkomunitas

community.jpgBila hidup ditengah perkota, era globalisasi dan kompetitif mengharuskan kita mengikuti berbagai macam komunitas. Komunitas tak bisa dianggap sepele karena banyak orang menjadi hebat dan berubah melalui komunitas. Bahkan komunitas menjadi perhitungan tersendiri oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Begitu banyak komunitas diperkotaan, dari komunitas sosial, pendidikan, hobby, bisnis, agama dan beraroma politik. Berkomunitas telah menjadi trend hidup orang-orang perkotaan. Biasanya komunitas bersua dan berkumpul diarea public seperti ditaman, mall, kafe/restoran dan ruang public lainnya.

Anggota komunitas umumnya berbeda-beda mulai berbeda profesi, pendidikan, wilayah, usia, gender, karakter dan agama. Mereka bersatu dengan satu alasan yaitu kesamaan visi atau minat.  Seandainya masih ada masyarakat perkotaan tak mengikuti satu pun komunitas betapa ruginya. Karena rata-rata mereka yang suka berkomunitas memiliki ciri yaitu mau bersosial, berbagi, berkumpul  dan suka berdiskusi. Padahal dengan bergabung berbagai komunitas memberi banyak manfaat dan pengaruh. Bahkan menjadi anggota komunitas tertentu sering diundang oleh pihak tertentu untuk mengikuti acara.

Mari simak baik-baik apa saja manfaat dengan bergabung dengna komunitas antara lain

  1. Menambah teman
  2. Menambah jaringan
  3. Mendapat ide-ide baru
  4. Menjalan silaturahmi
  5. Bisa tertawa ria plus selfie
  6. Berkesempatan bertemu orang-orang cerdas dan berlian
  7. Berkesempatan diundang oleh orang terkenal
  8. Kemungkinan besar mudah dikenal orang
  9. Melatih bersosial dan berkomunikasi
  10. Belajar berempati dan bersosial dengan lingkungan
  11. Membentuk karakter diri

Itu sebagian kecil manfaat dari berkomunitas. Selain itu dengan berkomunitas bisa bertemu orang yang memiliki jiwa memimpin, jiwa pencentus ide, jiwa pengembang ide, jiwa marketing, jiwa diplomasi dan jiwa penengah.

Namun saat memutus bergabung dengan komunitas sebaiknya lihat dulu apa kegiataan yang dilakukan komunitas tersebut. Apakah komunitas itu sesuai dengan fashion kita, tidak melabrak aturan agama dan hukum. Terlebih penting lagi cari dan bergabunglah dengan komunitas yang bisa mengajak kita sebagai makhluk Allah mencapai ketaqwaan serta komunitas mengajak produktif bernilai jual tinggi. Sebab ada juga komunitas yang mengarah pada yang negative. Tentu komunitas seperti ini harus dihindarkan, seharusnya dengan bergabung dengan komunitas lebih bijak, cerdas dan menghasilkan karya malah sebalik membuat hancur lebur.

So, bagi generasi muda belum bergabung dengan komunitas positif. Maka sekarang saatnya mencari komunitas-komunitas sesuai dengan karakter, minat dan tujuan hidup kamu agar hidup memiliki nuansa berwarna seumpama warna sinar matahari pagi menyinari hamparan bumi yang terbentang luas.

Menabur Cinta Dengan Kata:   “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: