Dihari yang fitrah Sudah fitrahkah hati kita

Bismillah…

Fenomena lebaran sering ditemui yaitu mulai cat rumah baru, pagar baru, baju baru, sepatu baru, mobil baru, pokoknya serba baru. Yang perlu kita pertanyakan apakah ketika lebaran datang hati kita sudah baru (Red: Bersih) dengan amalan dilakukan selama Ramadhan jangan-jangan semakin kelam atau semakin banyaknya noda-noda hitam di Qolbu. Padahal tujuan utama lebaran adalah memfitrahkan hati kita bukan yang lain….!!!

Dihari yang fitrah Sudah fitrahkah hati kita

Dihari yang fitrah Sudah fitrahkah hati kita

Hai ikhwafillah semuanya, semoga akhir-akhir dibulan Ramadhan 1434 H semakin hati kita penuh cinta karena hampir tiga puluh hari menjalankan perintah begitu agung, kebiasaan sangat mulia, seperti dilakukan para sahabat dan Rasullah dahulu kala, euporia ramadhan tidak hanya sebatas rutinitas dan kebiasaan saja tapi mampu menghasilkan kesucian penuh kemilau cahaya Ilahi…”Allahuma Amin” sehingga hati berkilau begitu indah lebih indah bintang dimalam hari, lebih indah dari bulan purnama dihari kemanangan, dan lebih indah pelanggi ketika dipandang.

Ini juga menandakan bahwa ramadhan sudah di garis finish terlihat distatiun atau terminal telah dipenuhi para pemudik yang ingin meraih kesucian hati dengan bertemu keluarga terutama orang tua…”Ternyata mudik itu Indah”

Fenomena mudik juga mengugah hati, menginspirasi dan memberi hikmah bahwa seperti itu jua nanti kita pulang ketempat asal kita yaitu dipenuh desak, sibuk dengan tujuan masing, sibuk mencari transportasi yang bisa membawa ketempat tujuan dan ada pula yang mudik dengan penuh fasilitas…”Pahamkan hoooo”

Dan tak kalah hebohnya lagi detik-detik menyambut hari kemenangan atau hari kita kembali suci, disibukkan dengan fenomena setiap tahun ditemui baik diperkotaan maupun diperdesaan, baik skala kecil maupun luar biasa dan Kalau suka mengamati lingkungan saat lebaran tentu sudah paham fenomena tersebut.

Mari kita bahas fenomena apa saja ketika lebaran tiba!!! Yang pastinya kunci adalah baru, misalnya cat rumah baru, pagar baru, baju baru, mobil baru, sepatu baru,  gorden baru, mukena baru, dan tak skalah seru uang pun ikut baru…”eaaahh, benarkan semua serba baru” segala cara digunakan agar bisa merasakan baru ketika dihari yang suci nanti. Nan jadi pertanyaan bagi kita apakah hati kita sudah baru (suci)?

Bayangkan saja cat rumah saja sudah kusam segara diperbaharui agar terlihat cemerlang, ditambah pula pagar rumah hampir setiap tahun jua diupgrade warnanya agar tidak karat. Terus hati  sudahkah kita diperbaharui, sudah kita upgrade, sudah kita hilangi noda-noda hitam yang bersemayam dihati, sudah kita suci hati kita dengan memperbanyak zikirullah selama bulan ramadhan!!!

Jangan-jangan hati kita masih seperti hati dulu jua. Andailah selama ramadhan dan ketika fitri hati kita masih kusam sungguh terlalu karena ramadhan salah satu cara efektif memperharui hati. Terus kapan lagi kita bisa membersihkan hati kalau tidak dibulan Ramadhan. Sebab dibulan-bulan selanjutnya kita disibukkan dengan dunia demi uang.

Kita semua sudah tahu tujuan utama lebaran bukan seperti kita sibuk selama ini, melain esensi dari lebaran adalah kembalinya kefitrahaan hati (Kesucian hati). Namun kebanyakkan diantara kita belum tersadarai (awareness) kesucian hati lebih mementingkan kesucian benda yang tertampak oleh mata. Persis seperti dikata teman di account Facebook seakan-akan lebaran dimeriahkan nuasan kapitalis, Hedonisme, dan Neolib. Jika dipikirkan ia juga!

Note: selamat mudik, selamat berkumpul dengan keluarga, selamat menjalankan hari kemenangan dengan penuh keberkahaan dan mohon maaf lahir batin njeh…^__^

Best Regard Inspirasi BeraniSukses “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: