Kebinggungan memberi nilai

Bismillah…

Kebinggungan memberi nilai

Kebinggungan memberi nilai

Setelah melihat hasil koreksi ujian mahasiswa baik ujian tengah semester maupun ujian akhir jadi geleng-geleng ternyata hasilnya jauh dari harapan yang diinginkan. Apakah tidak berhasil dalam mendidik, tidak berhasil dalam mempaparkan, tidak berhasil membuat mereka tertarik dengan materi disajikan, tidak berhasil mempengaruhi meraka semua sehingga hasil seperti ini atau ada factor lain…”itu semua bisa menjadi salah satu factor”

Kebijaksanaan, kedewasaan dan pertaruhan antara idealism maupun kacian sedang mempengaruhi jiwa seorang pendidik. Padahal termasuk dosen rajin masuk, rajin memberi tugas, rajin menjelaskan satu persatu, mempapar secara sistimatis, padahal selalu menggunakan media audio dan video agar mereka paham serta bisa memahami apa tujuan dari mata kuliah yang diamanahkan serta termasuk dosen yang banyak dipensasi….”Puji diri sendiri hoooooo”

Jika diberi nilai rendah maka akan banyak yang kecewa, jika diberi nilai bagus tentu tak memenuhi syarat untuk meraih excellent value, atau harus memberi nilai tengah-tengah saja agar lebih adil.

Seandainya salah memberi nilai tentu di Yaumil Akhir nanti akan diminta pertanggung jawab tersebut, tapi memberi nilai jelek tentu jurusan mempertanyakan kenapa bisa nilai jauh dari rata-rata…”oh mygod” benar binggung membuat keputusan memberi nilai mahasiswa ku.

Bila diberi nilai bagus tentu meraka akan beranggapan remeh dengan kualitas penilai saya, tentu beranggapan bahwa saya termasuk orang tak tegaan, tentu akan bercerita pada teman mereka yang akan kuliah di semester berikut bahwa saya tak begitu pelit memberi nilai.

Ibarat kata seperti itu maka mereka tidak akan bersungguh untuk belajar, tidak bersungguh untuk membuat tugas, tidak bersungguh mempresentasikan tugas mereka, dan tidak bersungguh untuk menjawab pertanyaan baik di UTS maupun UAS. Terlihat rata-rata mereka menjawab pertanyaan saat UTS maupun UAS asal sudah, asal cepat keluar, asal terisi. Apalagi dengan tugas harian semua dipastikan dikutip dari internetan tanpa dianalisis atau dibaca dulu apakah references tersebut sesuai dengan tugas atau tidak! Tak pernah mengamati seperti itu sehingga wajar tugas dikumpul juga membuat ketawa sendiri.

Dari tugas, presentasi, diskusi dan ujian terlihat bahwa rata-rata kualitas mahasiswa dikampus mengabdikan diri jauh dibawah rata-rata. Tentu ada factor penyebab terjadi kualitas seperti missal dari factor internal, kesungguhan mahasiswa untuk kuliah belum memahami sebenar tujuan dari perkuliahan tersebut sedangkan factor eksternal mungkin bisa dipengaruhi fasilitas, SDM (dosen) dan lingkungan.

Pesan moral bagi kalian sebagai mahasiswa….”Heemmm” ketika ujian dan perkuliahan maka pergunakan untuk belajar dengan sungguh jangan sampai belajar sambil bermain, kalian menyesal sendiri nantinya. Apalagi ketika telah selesai kuliah kalian hanya membawa lembaran nilai tapi tanpa membawa keahlian atau ilmu diperoleh, apa arti sebuah nilai jika tak memahami teorinya.

Sungguh sangat memperhatinkan, coba lihatin bagaimana dosen dengan penuh semangat untuk berbagi ilmu, membuat kalian menjadi cerdas, dan terkadang dibumbui motivasi bahkan taujih dengan tujuan kalian menjadi agent of change dimasa mendatang. Namun kalian tak pernah berpikir hingga kesana yang ada dalam pikiran kalian adalah sebatas mendapat nilai bagus dan title.

Terakhir pergunakan waktu bertanya karena saat itulah kalian bisa mencuri ilmu mereka sebanyak mungkin terkadang tidak semua ilmu mereka peroleh melalui pendidikan maupun pengalaman dituangkan dalam handout pembalajaran. Lewat diskusi salah satu strategi mendapat ilmu spektaktuler, terdahsyat dan mengagumkan. Kalau tidak percaya coba dari sekarang pergunakan semaksimal mungkin waktu diskusi atau bertanya ketika ada dosen mempersilahkan kalian untuk bertanya.

Best Regard Inspirasi BeraniSukses “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: