Jangan Pernah Mencari Kesamaan Dan Nikmati Saja Perbedaan

Bismillah…

Jangan Pernah Mencari Kesamaan Dan Nikmati Saja Perbedaan

Jangan Pernah Mencari Kesamaan Dan Nikmati Saja Perbedaan

Di suatu tempat pernah mendengar ucapan seorang yang menginginkan pasangan hidup persis seperti ia mulai dari karakter, cara berpikir, hobby, pendidikan, latar belakang keluarga dan intinya serupa banget. Padahal Allah telah menjelaskan dalam Alquran bahwa pasang hidup kita bagaimana kitanya, itu bukan berarti semua sifat akan sama dan mungkin hanya sebagian saja. Jika ingin memiliki kesamaan semua, ya siap-siap tak pernah ketemu dan siap-siap untuk kecewa.

Saat itu hanya menghirup napas dalam-dalam, geleng kepala dan berkata dalam hati kemanapun dicari dan bagaimanapun cara untuk mencari orang yang sama dengan karakter dia tak pernah ketemu. Walaupun berdoa dengan jingkrak-krak, walaupun menangis sampai mengeluarkan darah tidak pernah ketemu persamaan tersebut.

Bukan semua Allah ciptakan di bumi memiliki perbedaan, lihat saja anatomi tubuh kita yang sepasang, masih dengan diri kita sendiri terdapat perbedaan bagaimana lagi dengan ukuang orang lain dipastikan berbeda. Misalnya antara jari kiri dengan kanan dipasti berbeda yang kanan lurus sedang kiri agak pengekok, lihat pula mata kita bagian kiri kecil sedangkan kanan besar bulat, lihat pula ukuran kaki kita dipasti juga ada perbedaannya, dan lihat pula gigi kita tidak ada ukuran yang sama…”Semuanya berbeda bukan”

Ini pertanda bahwa apapun ciptaan Allah baik bernyawa dan makhluk mati dipasti akan selalu ada perbedaannya. Jika ada diantara kita ingin mencari pasangan hidup persis seperti apa kita dan sampai kapanpun tidak akan pernah ketemu…”Naahh lhoooo”

Ibarat masakan jika bumbu semua sama maka kita cepat “Ennek” karena dengan berbagai bumbu itu lah membuat masakan menjadi enak disantap.

Bukankah dengan Allah ciptakan perbedaan itu pertanda bahwa Allah itu kuasa dan ada, bukankah dengan perbedaan Allah ciptakan agar bisa berpikir, bukankah dengan perbedaan Allah ciptakan agar ada nuansa berbeda dalam kehidupan, dan bukankah dengan perbedaan Allah ciptakan supaya kita bisa mengambil hikmahnya.

Bisa kita bayangkan jika bumi Allah ini semua karakternya sama pasti akan membosankan untuk melihat atau menatap bahkan tidak ada hikmah bisa dipetik, bisa kita bayangkan jika semua warna sama yakinlah akan tak ada estetika tercipta, dan bisa kita bayangkan jika tanpa Allah ciptakan perbedaan maka tidak ada tantangan dalam hidup ini.

Jadi nikmati saja perbedaan itu, jika suatu saat nanti dipertemukan dengan orang berbeda dalam segala hal dan tentu Allah punya tujuan kenapa dipertemukan dengan orang berbeda dengan kita. Kemudian perbedaan itu sendiri membuat kita kuat, termotivasi, bisa memahami, berpikir dan terlukis keindahan dalam perjalan hidup.

Best Regard Inspirasi BeraniSukses “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: