Curhatan dosen Muda “3”

BIsmilllah…

by  Sholiat alhanin

Curhatan dosen Muda “session three”Bagi alhanin hadir diruangan perkuliaahn ada sensasi tertentu atau daya tarik selalu menarik dan kebetahan sendiri. Bahkan terasa sebentar saja perkuliahan terkadang mahasiswa sering mengeluh gara-gara keseringan keluar tidak tepat waktu padahal masuk selalu tepat waktu “maaf ya mystudent jika keseringan seperti itu”. Keluhan kalian insyallah akan dipertimbangkan, dijalankan seperti kalian ungkapkan melalui kotak kritik kita sedia dan sepakat.

Menjadi pendidik memiliki daya pikat luar biasa, selain bisa komunikasi face to face dengan mahasiswa dengan berbagai varian pola interaksi, bisa mengamati sikap kalian “cuek, focus menyimak, sibuk menulis dan sibuk mengombrol” itu kesemua adalah tantangan bagi alhanin bagaimana cara ketika terjadi proses pembelajaran kalian satu tujuan dan satu focus. Bagi alhanin hal tersebut bukan menjadi masalah apalagi untuk dipermasalahankan karena awal kontrak kuliah kita sesungguh kita ingin menciptakan perkuliahan santai, menyenangkan dan bisa dipahami.

Entah sejak kapan jiwa menjadi pendidik itu muncul dalam kehidupan alhanin. Padahal semula kuliah dari diploma, strata satu hingga magister tidak pernah sama sekali belajar microteaching tapi pada kenyataan alhanin bisa menjalanin proses pembalajaran penuh tawa dan serius. Mungkin factor yang melatarbelakangi  cakep ketika presentasi dan mengajar dipengaruhi keinginan yang suka show up diri saat kuliah sebab ketika kuliah rata-rata tugas harus dipresentasi di depan kelas.

Bagi alhanin menghafal satu persatu nama mahasiswa merupakan salah satu cara untuk menumbuh atau membangun emosional antara pendidik dengan peserta didik. Bagi alhanin menyelip guyonan atau cerita dalam keseriusan mengajar merupakan cara mencair suasana agar meraka tidak kantuk dan bosan. Ternyata untuk menjadi pendidik juga harus memiliki selera humor, memiliki style sendiri dengan tujuan agar rasa emosional , rasa rileks, dan kedekatan terbangun saat mengajar.

Bagi alhanin menjalin hubungan dengan mahasiswa adalah cara ampuh mereka cepat memahami, cepat mengerti dan adanya feedback sehingga apapun kita sampai akan begitu mudah dicerna.

Adanya mahasiswa bertanya, menyanggah, mengkritik dan memberi saran merupakan motivasi sendiri bagi alhanin. Akan bosan sendiri dan pusing sendiri jikala mahasiswa diam seribu bahasa karena binggung untuk intervensi apakah sudah mengerti atau belum. Maka ketika terjadi proses pembelajaran selalu melemparkan pertanyaan atau mengharap mereka menjelas kembali, biasanya yang selalu kena pertanyaan adalah mereka sedang asyik ngombrol dan melamun. Terkadang kaget sendiri jika dikasih pertanyaan itu salah satu taktik alhanin aplikasi jika ada sebagian atau beberapa mahasiswa yang ngombrol atua melamun.

Berusaha mengajar seoptimal mungkin, berharap jangan sampai Cuma memberi materi tanpa penjelasan karena slide yang diketik melalui power point rata-rata point penting dari materi perkuliahan maka harus dijelaskan. Tapi masih banyak kita melihat seorang pendidik (dosen) melalaikan amanah mereka yang hanya sebatas masuk, isi absen dan kasih mahasiswa softcopy kemudian pulang tanpa ada penjelasan. Lebih parahnya lagi ada dosen yang datang Cuma beberapa pertemuan terus dipadatkan sampai habis. Jika seperti ya jelas mahasiswa tidak paham dan mengerti dengan materi maka jangan salah mahasiswa tidak bisa menjawab pertanyaan asal saja ketika ujian Akhir semester.

Perkuliahan seperti itu juga tidak efektif, beginilah kalau dosen sudah side job, banyak proyek dan other job yang dilalaikan adalah mahasiswanya. Alhanin juga pernah mengalami hal sama seperti mahasiswa alhanin rasakan.  Jika hal ini dilakukan pendidik bagaimana bisa emosional terbangun dalam proses pembalajaran padahal kita tahu bahwa menumbuh jiwa kedekatan dengan mahasiswa adalah bagian harus dibangun.

Kedekatan dengan mahasiswa merupakan keharusan yang harus alhanin jalinkan secara terus menerus. Sempat pula mengajak mahasiswa belajar TOEFL dirumah, bagi alhanin jika ada mahasiswa berani curhat/menggeluh merupakan salah satu indicator keberhasilan menumbuhkan emosional

Walaupun dekat dengan mahasiswa bukan berarti mereka bisa negosiasi masalah tugas dan masalah nilai. Apalagi dari awal sudah sepakat dengan MOU, kata mahasiswa untuk alhanin yakni SANTAI TAPI KILLER “HOUUUMMM”.

Semoga semangat mengjar semakin josh dan cetar, semoga semangat ini menjadi pahala, menjadi add value dan menjadi hobi.

Moga tiap hari harus memperbahurui references method learning, memperbanyak “JOKE GOOd” dan tentunya jangan lupa memperbaiki dandanan juga. Sebab dalam psikologi komunikasi beberapa factor mempengaruhi Audien untuk eye cathing dengan pemateri yaitu “DANDANAN, PAKAIAN, GESTUR, Kesmartan para penyaji…..”CIleeeeee”

Bagi alhanin mengajar selalu full setting pakaian, pikiran, gesture dan materi harus siapkan dengna perfect. Dengan dandan sederhana plus menarik adalah karekater alhanin karena mahasiswa tidak hanya mendengar penjelasan terkadang juga selalu menilai dosen dari bagi aspek misalnya dandanan, car bicara dan gesture.

Heemmmm…..jadi pengajar “Dosen” asyik banget dan tentunya harus memperhatikan segala hal. Terutama harus diperhatikan adalah sikap dan atitiude sedangkan lainnya adalah penunjang.

Pokokeeeeeeeeehhhhhhhh….” I love teach and always stronge” Insyallah.

Best Regard Inspirasi BeraniSukses “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

One Response

  1. Excellent weblog here! Also your web site so much up very fast!
    What host are you using? Can I am getting your affiliate link for your host?

    I want my site loaded up as quickly as yours lol

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: