Antara Harga dan Peluang

Bismillah…

antara peluang dan hargaSetibanya dikota Emas (Jambi) kaget dengan harga-harga makanan yang serba mahal seperti harga makanan di kota metropolitan (Jakarta). Padahal ukhti sudah hidup dibeberapa kota besar (Padang, Bandung, dan Yogyakarta) tapi tidak semahal makan di kota Emas.

Bagi pendatang baru dikota Emas sangat kaget dengan harga makanan, jika boleh memanding harga makanan tempat ukhti kuliah bandung dan Yogyakarat jauh banget bedanya. Maka pantaslah kata teman yang berasal dari kota jambi menyatakan bahwa yogya termasuk murah-murah. Setelah bermukiman dikota Emas baru sadar bahwa benar kata teman kalau Jambi harga makanannya mahal.

Mari kita bandingkan antara Jambi dan Yogya

Gorengan 1000 >>> 500

Jus 6.000 >>> 3.000

Nasi Padang 12.000 >>> 8.000

Roti Bandung 12.000 >>> 6.000

Dsb

Ini hanya sebagian perbandingan harga masih banyak lagi harga-harga mahal dikota Jambi. Mungkin bisa jadi kenapa rata-rata harga mahal sebab dipengaruhi dengan SDA (Sumber Daya Alam) begitu berlimpah di provinsi Jambi misalnya Sawit, Karet dan Batubara. Maka pantaslah Gubenur Jambi mencanangkan 2013 Jambi menuju Emas.

Selain itu juga dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi Jambi begitu maju terlihat dari penjualan segala sector pada laris manis mulai dari Motor, Mobil, Rumah, berdirinya berbagai lembaga pendidikan dengan Kelas menengah keatas serta terlihat pula developer property menjamur di kota Jambi. Jika kita membaca buku memajukan Masyarakat Modern salah satu indicator kemajuan Ekonomi suatu Negara atau daerah yaitu terlihat dari perkembangan Masyarakat, menjamur perumahan, pembelian terhadap motor atau mobil semakin meningkat.

Tapi lewat perkembangan Ekonomi begitu malaju sesungguhnya begitu banyak peluang usaha untuk didirikan. Tapi sayang banget jambi masih kekurangan SDM, sepertinya masyarakat Jambi harus banyak belajar dari kota Yogya dan Bandung. Tapi dilain sisi pemuda Jambi masih kekurangan support, financial dan trust from govermance.

Semoga Niat baik untuk membuka usaha bisa terwujud, tinggal mencari dananya dari mana ya sebaiknya!!! Ingin sangat memperdayakan masyarakat atau membuka peluang usaha bagi Pemuda cerdas Bangsa khususnya Jambi.

 BestRegard Inspirasi BeraniSukses

Simfonis “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: