Ukhti, Memburu kerudung Cantik

Bismillah…

Berbagai macam model dan jenis jilbab yang ada di pasaran saat ini sampai-sampai tak hapal secara satu persatu semakin banyaknya. Walaupun berbagai model dan jenis jilbab cantik dipromosikan tapi entah kenapa tak pernah tertarik untuk mengkoleksi jilbab tersebut bukan berarti ukhti tak memliki koleksi jilbab.

Namun tetap ada satu jilbab ingin dimiliki dan pertama melihat jilbab cantik tersebut saat melihat ukhti simfonis (nama samaran) memakai ketika acara kajian di kota padang. Hati tertarik, mata tak henti memandang dan berniat dalam hati harus memiliki jilbab tersebut. Awal-awal sangat malu untuk bertanya “dimana membelinya dan berapa harga jilbab tersebut”!

Bismillah, dengan niat keberanian akhirnya dapat juga informasi seputar jilbab cantik tersebut. Keesokkan hari langsung menuju toko muslimah terkenal di kota padang. Sampai sana begitu semangat  mencari di rak jilbab, mencoba satu persatu tetap belum ada warna dan ukuran cocok  otomatis tak jadi membeli jilbab. Bahkan  ikhtiar tidak hanya berhenti di satu toko secara kota padang ada beberapa outlet muslim terkenal tapi tetap belum membuahkan hasil walaupun sudah memasuki beberapa toko.

Coba bayangkan kalau sudah menyukai sesuatu dengan penuh harapan, obsesi, ikhtiar bergebu-gebu tetapi hasil tidak sesuai dengan harapan dan pastilah hati sedih tak terkirakan. Untung obsesi adalah obsesi yang sangat mulia karena dalam rangka menjaga hati dan menghijab aurat. Bagi saya berjilbab merasa lebih nyaman, lebih cantik, lebih merdeka untuk mengeksperiskan diri.

Meskipun  hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun dan tempat pun berganti masih belum menemukan jilbab cantik meskipun sudah berjuang semaksimal mungkin.

Setelah di kota padang tak menemukan jilbab cantik, tetap bertekad dan berjuang walaupun harus mencari di kota lain. Nah ketika kuliah di bandung (Jatinangor) niat untuk menemukan jilbab cantik masih membara sehinga mencari di berbagai toko muslim terkenal hingga kaki lima dan berbagai kesempatan tapi apa yang diperoleh? Masih seperti kisah di kota padang tidak membuahkan hasil.

Saya pun heran kenapa begitu menginginkan dan mendambakan jilbab cantik itu, padahal betapa banyak jilbab cantik dengan berbagai mode, bahan dan keunikan dipasaran. Seakan-akan mencari jilbab cantik impian ibarat mencari jarum ditengah jerami harus sabar, selektif dan pastinya memotivasi menginginkan jilbab berwarna pink pertama syar’I, sederhana (polos) dan anggun.

Subhanallah bertahun-tahun mencari jilbab cantik belum juga membuah hasil dan kuliah pun telah selesai di kota bandung sedangkan jilbab cantik itu belum jua ketemu. Atau perlukah menggunakan sayambara “Siapa Yang Menemukan Jilbab Cantik Tersebut Maka Saya Hadiah Sesuatu Terindah Untuk Mereka” seperti pernah dilakukan putri cindrela ketika sepatu kacanya hilang.

Tapi itu hanya sebatas niat karena tahu Allah maha tahun kapan waktu pantas memiliki jilbab cantik, walaupun bergebu-gebu untuk mendapat atau menginginkannya. Jika Allah belum menghendaki, meridhoi, merestui bagaimana pun usaha manusia pasti tak membuahkan hasil. Seperti ungkapan seorang ukhti sholeha “mungkin Allah belum ridho atau mengizinkan anti untuk memakai jilbab cantik itu”. apakah mungkin seperti itu?  atau belum pantas atau layak menggunakan jilbab cantik?

Satu hal harus dilakukan adalah pasrah dan ikhlas mungkin Allah punya rencana indah, mungkin Allah ingin mengantikan jilbab lebih cantik dari jilbab diimpikan. Domisili pun berpindah dari kota bandung menuju kota yogya tetap masih terpikir harus punya jilbab berwarna pink.

Selama kuliah di kota yogya (UGM) ikhtiar dilakukan tidak seheboh sebelumnya karena sudah membentuk persepsi sendiri (pesimis) pasti hasilnya juga nihil sedangkan dikota yogya sering keluar masuk toko muslimah tapi tak pernah terpikir untuk menanya dan mencari jilbab cantik  lagi.

Keasyikan dan kesibukkan sebagai mahasiswa di kota yogya semakin membuat terlupakan jilbab cantik. Entah dari mana datangnya angin segera yakni dikala sore pulang dari kampus berencana mengunjungi salah satu toko muslim disekitar kampus Universitas Gadjah Mada untuk mencari kaos kaki dan sembari mencuci mata mana tahu ada tertarik (biasalah akhwat-akhwat).

Subhanallah dan Alhamdulillah lain yang di cari lain didapatkan! Gembira tak terkira bukankah ini jilbab cantik di cari selama ini, mulai dari ukuran dan warna sesuai dengan keinginan tanpa menanyakan atau melihat harga langsung membeli jilbab cantik berwarna pink.

Sepanjang perjalan menuju kosan sangat riang, gembira, bahagia. Ya Allah sudah berapa tahun menginginkan jilbab tersebut dari tahun 2005 hingga 2010 baru sekarang Engkau berikan pada ku, yakin tidak ada kebetulan di dunia ini padahal tadi berniat ingin membeli kaos kaki tapi yang ukhti temukan adalah jilbab cantik impian berwarna pink dan mungkin saat ini waktu pantas memamakai jilbab cantik tersebut.

Sesampai dikosan langsung memakainya dan subhanallah terlihat keibuan dan wanita sholeha dengan jilbab cantik. Tidak ada anugerah dan pertolongan terhadap seorang perempuan yang lebih besar daripada petunjuk dan hijab. Allah SWT berfirman: ”Janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang nampak daripadanya” (QS An-Nur: 31).

Untuk pertama kalinya mengenakan jilbab cantik berwarna pink ketika bersepeda ria sekitar komplek (pogung baru) dan terlihat indahnya lambaian jilbab ketika tersentuh angin.

Ibroh yang ukhti petik dari kisah mengejar kerudung impian yakni ketika kita sudah berniat, berazam, bertekad dan bermimpi menginginkan sesuatu lambat laun akan kita peroleh hanya Allah sedang menentukan impian tersebut pada waktu yang pantas kita peroleh bahkan jika sudah Allah tetapkan sebagai rezki kita bagaimanapun rintang atau hambatan pasti akan menjadi milik kita jua. So buat pembaca setia blog simfoni kehidupan tetap berniat dengan kokoh dan istiqomah dengan niat mulia kita.

Essay ini ditulis untuk perlombaan karena ada something wrong maka dengan terpaksa dipublish diblog sendiri…

Regard

Simfonis “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: