sudahkah kita mencharge hati kita

Bismillah…

Kita sangat sering mengcharge  leptop, handphone, ipad, Mp4 dan pocket camera ketika “low bat” tujuan utama dicharge agar benda tersebut dapat nyala, bertahan dan  digunakan sipimiliknya (bermanfaat) hingga batas akhir.

Andaikan tidak dicharge berulang-ulang atau dibiarkan saja maka terjadi suatu tidak diingikan atau dengan islitah influence “dampak” terhadap benda tersebut. Kita tahu donk dampak seperti apa dan tidak perlu saya jelaskan.

Begitu pun dengan manusia sangat penting dan butuh dicharge hati tersebut dan kita perlu bertanya dengan diri kita sendiri, apakah kita sering mengcharge hati? Apakah seperti kita mencharge barang kesayangan kita kah?. Jangan sampai kita lebih suka mencharge barang eloktronik dari pada mencharge hati sudah begitu low dengan siraman rohani, ilmu, nasehat, motivasi dan berkumpul dengan orang-orang sholeh.

Atau sebaliknya kita lebih suka, doyan, deman, mencharge hati dengan hal-hal tidak bermanfaat mulai keluyupan hingga malam (dugem), membicarakan aib orang lain, suka mempamerkan harta kita kepada orang lain atau kita suka mendekati maksiat dan hidup penuh hedoniesme, Nau’zubillah.

Jika itu kita lakukan sangat lah merugikan padahal firman Allah dalam Surah Al-Asr menjelaskan secara rinci dan detail “Demi masa, sungguh manusia berada dalam kerugia, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menesahati untuk kesabaran”.

Sebelum hati kita benar usang, berkarat, menghitam  seperti arang dan termasuk golong manusia yang rugi mari saudara ku kita chek dan ricek  sesering mungkin serta mengcharge hati kita. Jangan sampai hati sudah berkarat, dipenuhi perasit, dipenuhi duri, dipenuhi debu, dipenuhi virus-virus berakibat batal dengan keberlangsungan hidup kita.

Hal pertama yang perlu di charge dengan selalu mendekati diri kita pada Pemilik Hati seperti berbanyak zikir, sholat sunnah, mengaji. Ini merupakan aksesoris kehidupan kita agar kelihatan indah dan cantik dipandang. Bahkan akhir dari mengisi hati seperti ini akan dibalas dengan kenikmatan dunia&akhirat disana tersedia bidarari, lipan-lipan, sutera, air mengalir indah dan buah segar diberuntukan untuk manusia selalu mengcharge hati nya “mengingat Allah Azza Wajjalla”.

Selanjutnya chargelah hati dengan sebanyak-banyaknya dan tidak pernah mengenal lelah untuk menuntut ilmu terutama ilmu agama karena sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu mempelajari dan mengajari ilmu agama. Dengan kita mencharge hati berlandasan ilmu maka kestabilan dan pencerahan jiwa kita selalu dalam khoridor haq.

Bahkan sering mendengar dan tahu bahwa ada tiga hal yang menjelamatkan kita dari api neraka “amal, doa anak sholeh dan ilmu bermanfaat”. Insyallah ilmu telah kita peroleh dengan sungguh-sungguh dan aplikasi (share to all people) dengan niat ikhlas akan menjadi penyelamat dan pemberat amalan kita di masa mizan (pertimbangan).

Terakhir charge hati kita dengan berkumpul dengan orang sholeh, ibarat buah-buah biar tidak kelihatn jeleknya atau busuk perlu diletakkan dengan buahan yang segara agar tertampak indah, elok dan menawan. Begitupun hati kita telah terlihat tingkah, sikap, pikiran, komunikasi tidak seelok dulu lagi jadi ada yang error dalam diri kita. Maka solusinya berkumpul-kumpullah dengan orang sholeh insyallah ketika kita berada dalam naungan orang-orang mencintai Allah dan Rasul merasa damai, tenang, bahagia dan termotivasi menjadi manusia di cintai Allah Azza Wajjalla.

Nah sebentar lagi bulan kemulian, bulan penuh pahala, bulan ampunan akan menghampiri kita jadi kan ramadhan sebagai momentum untuk mencharge hati kita se full-fullnya kalau bisa over charge agar hati bisa dimanfaat hingga batas waktu.

Selamat berjuang dan membersihkan hati kita.

Regard

Simfonis “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: