Apa Kata Mahasiswa

Bismillah…

Berakhir sudah semester genap 2011-2012 tepatnya tanggl 24 Juni 2012, tak terasa begitu cepat waktu berlalu dan ternyata 1 semester begitu cepat sangat berbalik ketika status mahasiswa, I semester begitu lama. Mungkin terasa lama dipengaruhi tugas, presentasi, ujian, buat makalah, pengen liburan menghilang puyeng dan kebayang adalah rumah apalagi anak rantau yang pulang setahun sekali…”Nasib-nasib, tapi gpp demi kesuksesan harus diikhlaskan, ciieeee sok diplomatis”

Terasa sedih pula untuk berpisah dengan mereka (mahasiswa) padahal mulai tumbuh emosional begitu dalam “heeeemm” maksudnya mahasiswa mulai mau curhat, berbagi cerita terutama masalah perkuliahan, berani mengluar pendapat secara tegas, ketika diajak ikut Lembaga dakwah kampus mereka antusias banget dan tertarik ingin tahun bagaimana suka duka saya ketika kuliah.

Bahkan mereka begitu welcome and friendly banget ketika memasuki ruangan mereka. Selalu disambutin senyum nan ikhlas, selalu ada canda semabari belajar tapi tak semuanya seperti itu dan sangat wajar karena tidak semua peserta menyukai baik strategi mengajar maupun kepribadian saya.

Terlihat dari gesture, expression dan perkataan mereka. Ketidaksukaan atau penolakan mereka secara implicit bertanda hal wajar dan bagus bagi saya untuk evaluasi.

Akhirnya meminta pada mereka untuk menulis note atau comment kejelakan, keburukan dan ketidak suka mereka pada saya ketika mengajar. Rata-rata mahasiswa menulis note sangat kompak dari 4 lokal dan jurusan berbeda.

Tertawa dan tersenyum tersipu-sipu membaca note mereka. Dari sekian banyak note umum disarani atau dikritiki pertama masalah lamanya saya keluar dari ruangan mereka padahal ngajar 3 Sks sampe 4 Sks dan tak kalah seru nya dosen jam berikut juga ikut menunggu lama.
Padahal sebelum dan saat ngajar selalu melirik jam biar gak kelewatan tapi tetap tidak menyadari, ini lah dampak keasyikan mengajar sehinga dosen dan mahasiswa jadi korban. “maafin ya pak sudah sedia menunggu lama diluar dan juga mahasiswa terganggu jam makannya”

Kedua banyak tugas, hohoooooooo kayak beginilah mahasiswa sekarang kalau di kasih tugas baik presentasi, kelompok, dan analisis seakan-akan merupakan beban sangat berat bak memikul padi 10 karung goni. Sejak awal berniat setiap pertemuan mahasiswa harus di beri tugas dengan tujuan agar mereka terbiasa walaupun mahasiswa mengeluh, tidak suka, dan ada yang tidak ngumpul tugas. “ cileeeee ingat masa kuliah bu dan jangan idealis banget huaaakkkkssss”

Ketiga kalau mengkritik langsung tepat sasaran dan mengena banget dihati mahasiswa “sadis mengkritik”, sory coy kalau selama mengajar sering mengkritik dan memberi saran yang pedas lebih pedas dari Lombok NTB kali ya. Sampe-sampe ada yang marah dikelas, ada yang kesal, dan ada yang kecewa.

Yg paling lucu note keempat menyatakan “ibu kalau awal perkuliahan tidak didahului doa”, jadi ingat masa-masa SD, SMP atau SMK kalau jam awal dan jam terakhir belajaran harus berdoa dulu. “tapi sangat bagus banget note ini karena dari sekian puluh mahasiswa diajari ini comment sangat berbeda.

Buat mahasiswa ku, thaks you a lot your steatment and comment to me. Insyallah sangat bermanfaat untuk evaluasi, reflection, kontaplasi dan musabah. Satu hal selalu ingat dengan kalian adalah canda kalian. Berharap kalian juga mau terbuka, sharing dan berbagi dengan dosen muda lainnya.

Terakhir tetap semangat meraih impian dan bermimpilah tinggi-tinggi biar waktu akan menentukan hasil dari proses kehidupan kita serta selalu dekati diri kalian dengan your Allah dan My Allah.

Kedekatan diri pada Allah merupakan landasan, patokan dan pengukur diri kita dalam meraih keberhasilan. Betapa banyak contoh orang-orang cerdas adalah orang-orang yang mendakati diri mereka dengan Tuhan dan selalu membaca ayat-ayat suci.

Semoga Allah mempertemukan kita nanti kalian semua sudah menjadi orang sukses sisi agama, pendidikan, dan keluarga.

Regard

Simfonis “Taburkan Sejuta Kebaikan Selagi Masih Ada Kesempatan Tak Peduli Penilaian Yang Penting Itu Kebenaran Yang Memiliki Landasan Untuk Kebaikkan

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: