Ijazah Dulu Atau Ijabsah Dulu

 Bismillah…

Terinspirasi dari  curhatan, dan guyonan sesama aktivis “Akhwat berbadan tipis”, teman dan mahasiswa lainnya. Meyakini banyak mahasiswa baik ditingkat awal, pertengahan dan akhir bingung memutuskan berijazah atau berijabsah dulu apalagi dalam qolbu sudah ada keinginan menuju jenjang lebih berkah. Jangan-jangan kita juga pernah mengalami sindrom seperti itu.

ANTARA IJAZAH ATAU IJABSAH”

Kedua pilihan memiliki konsekuensi tersendiri dan setiap pilihan harus diputuskan! Gara-gara konsekuensi tersebut banyak yang bingung untuk melangkah, memutus dan memilih. Terkadang ada pula aktivis sudah yakin untuk ijabzah namun terganjal  syarat dari orang tua agar memperoleh ijazah dahulu atau si calon menginginkan syarat lamaran dilampirkan ijazah persis seperti  melamar pekerjaan harus ada legalisir ijazah hooooo,..”ayak-ayak waeee”.

Mana tahu aje ada seperti itu karena zaman sudah berubah fren fillah kalau emang ada sungguh terlalu “seperti lagu bang rhoma irama”.

Ada pula aktivis telah direstui tanpa harus ada syarat ijazah masih tetap bingung juga untuk memutuskan.  ANTARA KERJA, MEMBAHAGIA ORANG ATAU IJABSAH. Kan binggun lagi padahal sudah dapat ijazah, kirain setelah dapat ijazah bakal langsung dilensensikan ijabsahnya.

Seperti itulah Manusia selalu dalam naungan kebingungan, apalagi disodori engan dua pilihan atau lebih semakin bingung, ragu, tak menentu bahkan terombang-ambing dalam dekapan pilihan.

Persis seperti dijelaskan Ustadz Annis Mata Lc. dalam bukunya “Sebelum Mengambil Keputusan Besar itu”: untuk merencanakan dulu hidupmu dengan matang… Nah biar frend fillah gak bingung antara ijazah dan ijabsah lebih baik buat dulu nich analisis SWOT cileee sudah pake analisis segala. Kalau pake analisis seperti gini jadi keingat mata kuliah Management, again.

Emang analisis SWOT itu opo yooo!!! Biar tidak bingung dengan senang hati saya paparkan secara singkat tapi bermakna heeeemmm.,,,Huakkk dan rencana tersebut bisa dijalankan secara matang-matang.

S= siap memikul tanggung jawab, W= wanitanya sudah ada apa belum, O=ongkos ijabsahnya sudah punya apa belum “ma’isyah” T= tujuan ijabsah hendak memiliki visi dan misi dakwah.

Jadi sudah tahukan SWOT itu apa yang pasti bukan SWOT dalam ilmu management “Eaaahhh plesetan banget”. Kalau sudah melaksanakan SWOT apalagi diragukan padahal secara lahariah&batiniah sudah oke, Wanitanya apalagi sudah setuju banget tanpa dilampirkan Ijazah “naahh kok masih bingung”, heeemmm mungkin ongkosnya masih ragu btw cukup apa gak ya kalau sudah begini masalahnya ayo bismillah karena tujuan ijabsah udh jelas, terang menerang untuk membangun keluarga dakwah.

Truz kenapa pentingnya kita pake analisis SWOT dalam memutuskan pilihan. Sangat penting dan mantap sekali, karena dengan analisis tersebut membuat kita berani memutus dan melangkah menuju tangga keabsahan. Jangan sampai masa muda dilalui selalu kegamangan dalam menentukan, seperti lirik brothers

Masa muda dilalui
Hanya sekali
Pergunakannya agar kau
Tidak sesali diesok hari

Ketenangan ada di sini
Tak jumpa karena kau tak mencari
Kebahgiaan tersirat dihati
Tak rasa kerana kau tak menghayati

Ayoooooo segera dan wujudkan niat tersebut menuju keabsahan nan berkahaan. Namun jika masih ragu disarankan ambil wudhu dan sholatlah istikarah luapkan segala kebingungan tersebut pada pemilik Keabsahan.

Insyallah akan terjawab sudah, apakah melangkah menuju ijazah atau matang meraih ke ijabsah. saya yakin jawabannya pasti segera mungkin Ijabsah karena sudah dapat ijabsah ijazah bakal dapat juga. Kok bisa seperti itu karena sudah ada yang memotivasi agar segera dapat ijazah…”Kalau gak percaya coba aja sendiri”

Selamat perjuang frend Fillah

Regard Simfonikehidupan(simfoni)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: