Sepuluh alasan utama mengapa kita harus menumbuhkan cinta baca kepada anak

  1. Anak-nak harus gemar membaca agar data membaca dengan baik. Mereka hnaya akan bersedia menggunakan sebagain besar waktunya untuk mmebaca jika mereka memang gemar membaca. Berlatih adalah segalanya.
  2. Anak-anak yang gemar mebaca akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi. Mereka akan berbicara, menulis dan memahami gagasan-gagasan rumit secara lebih baik.
  3. Membaca akan membeirkan wawasan yang leibh luas keberagamannya, yang membuat belajar dalam segala hal lebih mudah. Anak-anak yang hanya membaca buku-buku fiksi pun akan mengerti tentang fakta-fakta yang ada dalam sejarah, geografi, politik dan ilmu pengetahuan.
  4. Di SMU, hanya anak-anak yang gemar membacalah yang mempunyai keterampilan bahasa untuk menjadi unggul dalam setiap bidang yang memerlukan banyak membaca-seperti dalam tingkatakan kemampuan memahami bahasa yang sulit, bahasa asing, sejarah, atau sains. Mereka adalah anak-anak yang senantiasa unggul dikelas dan unggul di dalam ujian. Mereka adalah anak-anak yang bisa diterima di pelbagai perguruan tinggi terkenal.
  5. Kemampuan istimewa membaca kemungkinan dapat mengatasi rasa tidak percaya diri anak terhadap mengatasi rasa tidak percaya diri anak terhadap kemampuan akademik mereka karena mereka akan mempu menyelesaikan pekerjaan sekolah mereka hanya dengan menyediakan pekerjaan sedikit waktu dan energy emosional mereka. Sebaliknya, anak-anak yang tidak suka membaca akan mudah mengalami krisis kepribadian.
  6. Kegemaran membaca akan memberikan beragam perspektif kepada anak. Setelah melihat kehidupan digambarkan melalui pandangan bermacam-macam penulis, mereka memahami ada berbagai cara untuk memandang pelbagai situasi, ada berbagai sisi untuk melihat pelbagai masalah.
  7. Membaca dapat membuat anak-anak untuk memiliki rasa kasih sayang. Hakikat kasih sayang adalah kemampuan untuk memahami pandanan orang lain. Membaca  menjadi sasaran untuk membawa anak-anak ke dalam ribuan pola kehidupan yang berbeda, membuat mereka memahami kehidupan ini dengan segala kompleksitasnya. Dalam acara televise, persoalan-persoalan dipecahkan secara sembarangan dalam waktu setengah jam.
  8. Anak-anak yang gemar membaca dihadapkan pada suatu dunia yang penuh dengan kemungkinan dan kesempatan.
  9. Anak-anak yang gemar membaca akan mampu mengembangakan pola berpikir kreatif dalam diri mereka. Mereka tidak hanya mendenar informasi, tetapi juga belajar untuk mengikuti argument-argumen yang kaya dan mengingat alur pemikiran yang beragam.
  10. Kecintaan membaca adalah salah satu kebahagiaan utama dalam hidup.  
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: