Luasnya Lahan Ibadah sebagai Pendidik

Benar-benar mencintai profesi sebagai pendidik dan begitu luas lahan ibadah sebagai pendidik. Bagaimana tidak luas? Disana  memberi arahan dan berbagi pengalaman terutama menjadi manusia yang barakhlak shole dan sholeha. Setiap pertemuan diruang perkuliah selalu disisipkan motivasi berkaitan pendidikan maupun   Religius,  sepertinya mereka menyukai strategi dan style belajar seperti itu. Menjadi seorang pendidik benar-benar membutuh kesabaran, cinta dan kreatifan yang tinggi agar mereka tidak bosan, cuek saat belajar dan mencintai atau senang dengan materi yang disampaikan.

Beda ruangan, beda usia dan beda jurusan beda pula cara mendidik, cara memotivasi dan berkomunikasi dengan peserta didik. Alhamdulllah mereka benar-benar antusias ketika berada diruangan perkuliahan mereka. Walaupun ada segelintir peserta didik masih cuek dan belum welcome dengan kehadiran saya diruangan perkuliahan mereka. Insyallah lambat laut mereka akan mendekati dan menerima dengan logowo kehadiran seorang pendidik yang masih belia dari segi pengalaman dan insyallah tidak belia dalam sisi ilmu.

Usia  peserta didik yang rata-rata berusia dua puluhan merupakan usia harus banyak di dorong atau di motivasi untuk menjadi hamba Allah yang  energrik. Bahkan di usia mereka   benar-benar membutuh   seorang yang mau mendengar keluh dan kesah mereka, maka dari itu memposisi diri sebagai pendengar yang baik. Bahkan Coba menposisikan diri sebagai orang tua yang sudah mempunyai pengalaman dalam berumah tangga atau sudah pernah mendidik anak. Dari sekian banyak peserta didik yang curhat dan share experience kebanyakan mengeluh tentang cinta dan kepribadian mereka. Heeemmmm sangat wajar hal seperti itu!

Kualitas seorang pendidik tidak hanya dilihat dari knowledge tetapi dilihati juga dari segi bagaimana pendidik mendekati diri kepada peserta didik. Jangan sampai kehadiran peserta didik diruang perkuliahan atau kelas tidak diinginkan dan membuat suasana ngantuk. Disinilah perlu strategis pendidik melihat situasional atau kondisi peserta didik jangan sampai asyik sendiri ngombrol didepan. Disarankan calon pendidik banyak membaca buku psikologi komunikasi agar pendidik tahu dan bagaimana menjadi komunikator andal dan full attention from student.

 Jika sudah waktu share dan curcol kebanyakan peserta didik bercerita bagaimana pendidik “dosen” mereka tidak amanah dengan tugas diberikan. Kadang masuk dan kadang tidak tanpa memberi konfirmasi, memberi materi asal-asal “just discussion” tanpa ada pendalaman materi, kemudian pendidik tidak bisa berbaur diri dengan peserta didik “cuek” dan  sekali masuk selanjutnya tidak masuk lagi. Hohoooooo…..hal seperti itu seperti sudah menjadi rahasia umum!!! Bahkan pernah merasakan hal seperti itu ketika kuliah baik distrata satu maupun strata dua…”sangat menyakit dan mengesalkan”.

Bukankah semua yang diamanahkan kepada pendidik, akan minta pertanggung jawabannya diyaumil akhir nantinya. Mungkin pendidik belum menyadari hal itu atau pendidik benar lupa tanggung jawab mereka. Semoga calon pendidik muda di seluruh Indonesia mari kita benar-benar amanah dengan tugas yang diamanahkan, jangan sampai kita memakan imbalan “fee” tersebut tidak membawa keberkahaan dalam kehidupan kita. Jangan sampai pula dengan kesibukan proyek dan side job menglalaikan amanah yang lain seperti curhan peserta didik diatas.

Yuukkkkk jadikan posisi pendidik sebagai lahan menambah pahala, dan niatkan bahwa tujuan sebagai pendidik membawa perubahan pada generasi muda Indonesia. Dan cintailah profesi kita sebagai pendidik, insyallah dengan cinta maka perserta didik menerima dengan cinta pula kehadiran dan materi kita uraikan.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: