the important of librarians autonomy to job

Pentingya autonomi  pustakawan dalam bekerja

Otonomi individu adalah kebebasan untuk melakukan tangensial aktivitas perkerjaan di organisasi sesuai dengan kebijaksanaan pihak pengelola organisasi. Pekerjaan yang berhubungan dengan otonomi  indivudu adalah kebebasan untuk mempraktekkan profesinya sesuai keahlian. Otonomi individu merupakan suatu tingkat dalam pekerjaan yang memberikan pekerja kebebasan, kemandirian dan kebijaksanaan, penjadwalan pekerjaan, dan menentukan pekerjaan yang harus dilakukan. Dengan otonomi berarti seorang pegawai memperoleh kebebasan atau wewenang mengatur jadwal kerja, menetapkan prosedur penyelesaian pekerjaan dan arena keterlibatan kerja yang tinggi. Maka tumbuhlah rasa tanggung jawab terhadap hasil kerjanya (Hackman & Oldham, 1975).

Ketika sebuah kelompok diberikan otonomi seperti itu, umumnya disebut sebagai kelompok kerja otonom atau  mengelola tim kerja (Campion et al, 1993; Goodman et al, 1988). Kemudian Otonom individu didefinisikan sebagai kontrol eksternal kebebasan individu, berkaitan dengan kegiatan pekerja dalam organisasi tidak sepenuhnya dikendalikan oleh organisasi. Dalam pengembangan organisasi berbagai macam pola otonomi individu yang digunakan dengan tujuan mengurangi kebosanan para pekerja, membantu karyawan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya serta sebuah alternatif bagi organisasi untuk meningkat inovatif dan produktivas karyawan.

Pekerjaan otonomi individu sering dikaitkan dengan motivasi yang pada gilirannya menumbuhkan produktivitas lebih tinggi atau efektivitas. Umumnya berpendapat bahwa dengan otonomi individu hal ini memungkinkan partisipasi dalam pengelolaan diri, adanya rasa tanggung jawab anggota terhadap peningkatan kerja, sehingga meningkatkan kualitas keputusan mereka dengan meningkatkan jumlah akses informasi relevan (Barker, 1993; Campion et al, 1993; Langfred, 2000; Pearce & Ravlin, 1987).

Idealnya konseptualisasi otonomi individu dapat dilihat pada dua tingkatan berhubungan yang terpisah: (1) berhubungan dengan profesional individu; dan (2) berhubungan dengan pekerjaan kelompok atau profesi.  Individual autonomy has often been linked with motivation, which in turn leads to higher productivity or effectiveness (Barker, 1993; Campion et al., 1993; Langfred, 2000; Pearce & Ravlin, 1987). It is gen-erally argued that, by allowing participation in self-management, members’ sense of responsibility to, and ownership of, the work increases, thus enhancing the quality of their decisions by increasing the amount of relevant information to which they have access and by locating decisions as near as possible to the point of operational problems and uncertainties.

Otonomi individu tampaknya penting dalam organisasi karena memberikan kebebasan, kemandirian dalam melakukan pekerjaan hal ini memungkinkan berhubungan dengan motivasi individu meningkatkan tanggung jawab terhadap organisasi, meningkat produktivitas serta efektifitas dan berhubungan kecepataan serta akurasi akses informasi dalam melayani klien.

Maka autonomy individu pustakawan dapat diartikan sebagai hak, wewenang dan kewajiban pustakawan dalam mengatur dan mengurus pekerjaannya sendiri sesuai dengan peraturan atau norma yang berlaku dalam organisasi. Sedangkan hakikat individual autonomy di perpustakaan adalah mengembangkan pustakawan yang otonomi, pimpinan memberi keluasan bagi pustakawan untuk melihat potensi-potensi yang dimiliki setiap individu secara optimal. Karena invidu-individu otonomi menjadi modal dasar bagi berwujudan budaya kerja. Sehingga dengan adanya individual autonomy pada pustakawan terlihat segenap potensi yang dimiliki pustakawan. Selain itu individual autonomy merupakan salah satu strategi memperoleh peluang bagi individu untuk bersaing.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: