Kumpulan Do’a Dalam AL-Quran

Alhamdullah akhir terwujud juga niat untuk menyaring satu persatu doa-doa yang terdapat Al-quran, sebenar sejak beberapa bulan yang lalu terpatri untuk mencatat doa sapud jadag. walaupun udah malam banget atau sudah saatnya makhluk hidup berlayar di pulau kapok. Tetap istiqomah untuk menyelesaikan mencatat doa-doa tersebut pada Leptop tercinta selain berfungsi sebagai media untuk mempermudah kegiatan perkuliahan leptop juga merupakan buku  “ruang untuk mengisi cerita harian” semari di iringin murotal kesayangan maklum coba membiasa diri sebelum tidur mendengar murotal walaupun terkadang lupa hooo….^__^.

sebenarnya saringan doa’ yang terdapat al-quran hanya untuk menambah doa harian saja, dari pada doa tersebut hanya tersimpan indah dalam folder taujih lebih baik di share doa tersebut lewat blog simfoni kehidupan. semoga bermanfaat dan berharap apapun kegiatan baik kita selalu di dahului oleh doa. Seperti kata pepatah berusaha tanpa doa itu sombong dan doa merupakan inti dari sebuah ibadah. serta mohon maaf seandainya do’a ditulis ini tidak lengkap, perasaan sudah membuka satu persatu muzhab “Al-quran”. Tapi itu manusia walaupun sudah merasa teliti terkadang tetap ada saja teringgal atau terlihat maklum mata sayup-sayup untuk memadang sinar bercahaya di kamar kosan lebih tertarik berbaring diri di atas kasur. tapi tetap bertekat harus selesai malam ini….”Semoga bermanfaat”

Berikut adalah do’a saya temukan dalam al-quran

Do’a Tobat

Ya tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibada (haji ) kami, dan terimalah tobat kami. sungguh, Engkaulah yang maha penerima tobat, maha penyanyang. (Al-baqarah: 127)

 

 

Doa Kebaikan Dunia Dan Akhirat

…Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan dunia dan kebaikan akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka (al-baqarah: 201)

Doa Mohon Diringankan Beban

…Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Al-baqarah; 286)

Doa Mohon Diberi Petunjuk

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”  (ali-imran: 8)

Doa Mohon Ampunan

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,” (ali-imran: 16)

Doa Mohon Termasuk Golongan Shaleh

Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah). (Ali-imran: 53)

Doa Mohon Ampunan

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti. (ali-imran: 193)

 

Doa Mohon Kemulian

Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.” (Ali-Imran: 194)

 

Doa Mohon Ampunan

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi.”  (Hud: 47)

Doa Penyempurna Niat

Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit. (Ibrahim:38)

Doa Tetap Istiqomah

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Ibrahim: 40)

Doa Untuk Kedua Orang

Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). (Ibrahim: 41)

Doa Mohon Rahmat Yang Sempurna

“Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (al-kahf: 10)

Doa Mohon Kedudukan

Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”  (al-mu’minun: 29)

Doa Mohon Pertolongan

Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka mendustakanku.” (al-mu’minun: 39)

Doa Ampunan Dan Rahmat

Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik. (al-mu’minun: 109)

Doa Mohon Rahmat

“Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik.” (al-mu’minun: 118)

Doa Kesalamatan

“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan.”  (as-syu’ara:169)

Doa Mohon Termasuk Golongan Orang Shaleh

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,  (as-syu’ara:83)

Doa’ Hizab

“Ya Tuhan kami cepatkanlah untuk kami azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari berhisab.” (shad: 16)

Doa Mohon Kedudukan

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (sad: 35)

Mohon Keterunan Yang Shaleh

Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh (as-saffast: 100)

Doa Mohon Di Jauhkan Dari Orang Yang Zhalim

“Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim. (At-Tahrim: 11)

Mohon Kebaikan

Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (al-Ahqaf: 15)

Doa Mohon Ampunan Bagi Keluarga

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (Al-hasyr: 10)

Doa Mohon Dijauhkan Dari Fitnah

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Dan ampunilah kami ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (al-Mumtahanah: 5)

Do,A Keselamatan

“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan.”  (as-syu’ara:169)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: