Essay SOP Library

  1. . a. Siapakah saudara

Di perpustakaan saya adalah seorang Pustakawan Ahli yang menduduki jabatan Kepala Bidang bagian pengembang perpustakaan.

b. Apa yang saudara lakukan

Ketika saya diamanahkan atau dipercayai oleh penangung jawab, atasan dan sesama pustakawan sebagai kepala bidang pengembangan perpustakaan baik dari bentuk fisik maupun non fisik. Maka hal utama yang saya lakukan adalah merubah paradigma perpustakaan terutama pada layanan yakni penyediaan Learning Commons diperpustakaan. Dengan adanya penyediaan Learning Commons bagi pengunjung perpustakaan dapat menumbuh citra perpustakaan dan pustakawan.

c. Mengapa saudara dan yang saudara laukan di perpustakaan itu perlu

Selama ini stereotype of library adalah sebuah tempat/ruangan yang menyeramkan (tidak boleh ini dan itu) kecuali perdiam diri diperpustakaan. Tujuan dari penyediaan Learning Commons yakni untuk menuju sebuah perpustakaan edutaiment dan kreativitas. Seperti dikatakan oleh Laura Bott dan Kata: Librarians and staff can ease anxiety and increase the comfort level of their Immigrant users by providing instruction for new features while also retaining some elements of traditional library services (Botts & Kata, 2006).

Sebab saat ini gaya belajar pelajar atau mahasiswa senang belajar dalam kelompok atau komunitas. Ruangan yang dapat menambung para komunitas atau group belajar ini salah satu solusinya adalah di Learning Commons tersebut. Kemudian tersedianya Layanan Learning Commons diperpustakaan sehingga pemakai perpustakaan dapat belajar bersama-sama secara kolaboratif dan dapat memanfaatkan fasilitas teknologi bersama-sama sementara sumber-sumber infomasi dan ilmu pengetahuan terwadahi secara digital yang memungkinkan space perpustakaan dapat dimanfaatkan untuk pemakai. Serta pengunjung perpustakaan dapat mengekspresikan kreativitas di Learning Commons karena konsep dari layanan tersebut adalah menumbuhkan semangat kreativis dengan nuansa edutaiment.

Oleh karena itu dengan tersedianya  learning commons tersebut mampu mengantisipasi lingkungan dan cara belajar pemakai sekarang yang berbeda—media-rich, content-rich, learner-driven. Learning commons adalah sebuah gambaran perpustakaan secara fisik dimana semua orang yang ada di dalam perpustakaan bisa berbagi untuk memanfaatkan berbagai sumber informasi yang dapat diakses melalui teknologi sehingga menciptakan suasana masyarakat pembelajar yang betul-betul sedang mencari ilmu.

Adapun hal yang saya lakukan ketika saya merencanakan untuk menyediakan Learning Commons diperpustakaan antara lain: Pertama mendesain perpustakaan dengan konsep yang tidak lepas dari misi dan visi perpustakaan sendiri. Akan tetapi dari visi dan misi tersebut dikombinasikan dengan settingan entrepreneur (lebih kepada sytle saja yang diadopsikan) seperti Setting café, kantin, atau rumah-rumah tradisional (edutainment). Hal yang terpenting dari settingan Learning Commons yakni harus sesuai dengan psikologi (behavior) pengunjung generasi Millinial perpustakaan. Kenapa? Jangan sampai apa yang telah direncanakan dan selesai Learning Commons tersebut ternyata tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengunjung dan kemajuan di Abad 21 baik dari segi informasi serta teknologi. Kedua di ruangan Learning Commons baik tiap bulan, Triwulan dan semesteran melaksanakan suatu event baik bentuk pameran, perlombaan, seminar atau curhat bareng tentang perpustakaan dari pengunjung. Hal ini dilakukan untuk menambah semangat pengunjung untuk selalu memanfaatkan terutama pengunjung potensial. Misalnya perpustakaan menggadakan pameran saat hari ibu dengan Teman wanita teladan Indonesia.  Maka selama satu pekan atau satu bulan di Learning Commons menyediakan informasi tentang Wanita teladan Indonesia dimulai dari Picuture, Bibliografi, maupun informasi lainnya. Ketiga dalam hal ini perpustakaan kemudian menyediakan pula berbagai fasilitas seperti meeting room, practice rooms, video conferencing, collaborative software boardmultimedia center, vending machine.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: