Essay SDM Informasi

1. Apa pendapat saudara tentang penyimpanan data yang ada di server yang jauh seperti ini

Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server remote sentral dalam menjaga data dan aplikasi  Cloud komputasi memungkinkan konsumen dan bisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi dan mengakses file pribadi mereka di setiap komputer dengan akses internet.  Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan memusatkan penyimpanan, memori, pengolahan dan bandwidth.

Berdasarkan definsi tersebut diatas, maka jelas bahwa manfaat cloud computing sangat memberi kemudahan bagi masyakat dalam pengelohan informasi pribadi mereka (PIM) lewat server yang telah disediakan dengan fitur-fitur lengkap. Dimana bisa menyimpan sebanyak apapun informasi dengan berbagai format dan bisa mengakses dimanapun tanpa ada batas reference waktu. Cloud dapat membuat manejmen dan operasional lebih gampang karena system pribadi atau Organisasi yang terkoneksi dalam satu cloud sehingga dapat dengan mudah untuk memonitor dan mengaturnya. Dapat menyimpan data lebih banyak dibandingkan pada private computer. Seluruh dunia juga akan tahu tentang informasi-informasi apa saya yang dimiliki seseorang (terintegrasi). Selain itu informasi yang dimiiki seseorang juga memberi manfaat pada orang yang lain membutuhkan informasi tersebut.

Dibandingkan informasi tersebut disimpan di Leptop, Personal Computer, Handphone,  atau perpustakaan mereka masing-masing. Otomatis membutuhkan space baik dalam bentuk fisik seperti ruangn dan Chip yakni memory (terbatasnya penyimpanan informasi). Dalam arti kata bahwa Penggunaan teknologi cloud menghemat biaya dan lebih efisien dikarenakan menggunakan anggaran yang rendah  membantu dalam menekan biaya operasi yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi/personal dalam rangka meningkatkan reability dan kritikan system yang dibangun. Kemudian lewat Cloud Computing tersebut begitu jelas menunjukkan aktualisasi diri, tidak adanya privacy dan pencitraan diri.

Namun resiko dari Cloud Computing tersebut juga sangat berbahaya seperti dilakukan penelitian Pada Bulan Maret 2010, ISACA (Information Systems Audit and Control Association) melakukan survei terhadap 1.800 profesional dalam bidang IT di Amerika yang merupakan anggota dari Grup ISACA. Salah satu poin dari survei, mempertanyakan tentang kepercayaan profesional IT tersebut terhadap Cloud Computing. Dimana pertanyaan yang dilakukan oleh peneliti: Manakah dari berikut ini yang Anda percaya mengenai cloud computing? Dari hasil penelitian tersebut mendapat hasil antara lain sebagai berikut (1) Manfaat dicapai melebihi resiko. 17%, (2) Resiko melebihi manfaat 45% dan (3) Manfaat dan Resiko Seimbang 38%.

Maka dari hasil survey tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa Resiko yang dihadapi dengan cloud computing lebih besar daripada manfaat yang diperoleh karena masih banyak ditemui kasus-kasus kejahatan yang tak dapat dihindari disebabkan oleh adanya celah pada teknologi internet itu sendiri.  Karena tidak tahu misalnya siapa yang berada di Cloud itu,  siapa yang mengelola para partisipan di Cloud, siapa yang bertanggung jawab untuk masalah liability, bagaimana aturan main di dalam Cloud, yang melibatkan beberapa pihak, bagaimana model pengelolaan database dan informasi di Cloud.  Akan tetapi yang terpenting yakni bagaimana data mereka dilindungi,  bagaimana penyedia jasa mengatasi celah-celah ancaman (vulnerabilities).

Sehingga hal terpenting dalam pertimbangan bagi siapapun yang ingin memanfaatkan Cloud dalam kehidupan sehari-hari apalagi saat ini begitu banyak penyediaan jasa cloud secara gratis. Ada baik mempertimbangkan bagaimana kejaminan data yang tersimpan dan apakah cluod tersebut menyediakan proteksi terhadap ancaman data seseorang sehingga data tersebut memang terjamin dan tidak digunakan oleh pihak lain.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: