Networking Di Perpustakaan


Perkembangan perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari kerjasama perpustakaan dalam menyebarkan informasi dalam meningkat pemahaman masyarakat tentang literasi informasi. Maka sangat diperlukan sebuah “Networking” pada perpustakaan. Karena  perpustakaan sebagai salah satu lembaga publik yang bertugas mengelola informasi, dengan adanya suatu kerjasama perpustakaan dengan lembaga lain mampu memberikan sautu Add value bagi perpustakaan terutama dalam pencitraan.  Perpustakaan di Indonesia pada saat ini belum mengalami perkembangan yang menggembirakan, terutama dalam mewujudkan perpustakaan dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Adapun Hal menghambat baik dari factor internal maupun eksternal salah satu alasan mengemuka tidak adanya “Networking” diperpustakaan.  Menurut Miller kerjasama perpustakaan (1973) adalah kerjasama yang dilakukan oeh unit-unit perpustakaan atau unit yang menangani informasi yang berhubungan bersama karena masing-masing memiliki sumber daya yang sama atau berada wilayah yang berbeda pada wilayah yang sama atau didasarkan kesamaan. Sedangkan Secara historis kerjasama antar perpustakaan muncul tatkala sebuah perpustakaan meminjamkan koleksinya pada perpustakaan atau kepada pemakai perpustakaan lain (Sulistyo-Basuki, 1992).

Prinsip kerjasama antar perpustakaan dilakukan karena diasumsikan bahwa tidak ada satu perpustakaan pun yang memilki koleksi lengkap, sehingga diperlukan kerjasama dengan perpustakaan lain. Maka, yang dimaksud dengan kerjasama perpustakaan adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa perpustakaan untuk mencapai tujuan perpustakaan dalam menyediakan dan mendayagunakan koleksinya untuk kepentingan pemakai, pembaca dalam berbagai kepentingan. Suprihati, (2004) berpendapat bahwa kerjasama perpustakaan memiliki dua hal pokok yaitu mewujudkan visi dan misi perpustakaan, dan keduanya sama-sama memperoleh nilai tambah atau manfaat atas terjalinnya kerjasama perpustakaan tersebut. Suprihati mengatakan bahwa kerjasama perpustakaan dapat dilakukan antara lain: 1) Kerjasama dalam pengadaan koleksi baik dengan penerbit, toko buku dan perpustakaan lainnya; 2) Kerjasma dalam pengolahan bahan pustaka; 3) Kerjasama layanan perpustakaan melalui sistem layanan silan layan perpustakaan, dengan adanya kesepakatan maka masing-masing perpustakaan mengetahui kebutuhan, kekurangan atau kelebihan, maka untuk saling melengkapi; 4) Kerjasama dalam promosi dan publikasi (Pameran bersama).

Kemudian salah satu unsur atau isu tentang perpustakaan Abad 21 yakni dihubungkan dengan kerjasama perpustakaan “Networking” antara berbagai komunitas seperti membangun koloborasi sesama perpustakaan (perguruan tinggi, khusus maupun umum) dalam menciptakan masyarakat sadar informasi dengan penuh kreativitas. Sehingga dengan adanya kerjasama diperpustakaan mampu meransang pustakawan untuk selalu creative dalam penyebaran informasi misalnya ada kegiataan pamerena, bedah buku, seni, teater, Researcher dan sebagainya. Hal seperti itu memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pihak perpustakaan.

Kenyataannya Indonesia tidak semua perpustakaan mampu menghadirkan teknologi dan informasi yang ada diperpustakaan. Perpustakaan pasti memiliki keterbatasan informasi, sumber daya dan sebagainya. Maka dari itu sangat diperlukan adanya konsep kerjasama perpustakaan. Dimana Abad 21 perpustakaan memiliki tantangan sendiri dalam memberi pelayanan dan kepuasaan pada penggunjung perpustakaan terutama pengunjung potensial.

Pada dasarnya tidak ada satupun perpustakaan, betapapun besarnya perpustakaan tersebut, yang mampu mengumpulkan semua informasi yang dihasilkan oleh para ilmuwan di seluruh dunia, bahkan untuk disiplin ilmu yang paling spesifik sekalipun. Menyadari hal tersebut maka setiap perpustakaan atau pusat-pusat informasi selalu berusaha untuk menjalin kerjasama dengan perpustakaan atau pusat-pusat informasi lain yang ada. Pengertian kerjasama antar perpustakaan adalah kerjasama yang melibatkan dua perpustakaan atau lebih. Ada beberapa faktor yang mendorong kerjasama antar perpustakaan yaitu:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: