WANITA SHOLEHA

Begitu mulia bila seorang wanita bisa menjadi wanita sholeha. Karena untuk mendapat predikat sholeha tidak segampang ucapan (membalik telapak tangan).  Banyak ranjau dan kerikil yang harus dilalui. Melalui proses waktu dan ruang menuju pintu akhir selalu bersyukur atas limpah rahmat dan kenikmatan yang dicurahkan kepada wanita sholeha. Akan tetapi menuju hal itu setan-setan selalu menutup mata dan membisikkan hal musyirik serta menjauhi wanita dari Allah dengan pesona dunia. Seperti setan membutakan wanita saat ini dengan dandan ala kebaratan dengan berlandasan Hak. Tetapi hak tersebut tidak ditinjau dari hukum islam bagaimana dandan yang seharus dan selayaknya. Hampir semua aurat wanita terbuka (openhouse), seakan-akan semua orang boleh memandang keindahan wanita tersebut. Entah hal itu disengajakan atau tidak. Tapi sangat ironis sekali bahwa wanita adalah madrasyah utama dalam keluarga. Andaikan wanita seperti itu bagaimana nanti bisa mendidik anak, keluarga dan masyarakat disekitarnya.

Setan selalu memperdayakan manusia terutama wanita. Karena wanita memiliki keistimewaan seperti dalam Al-quran dijelaskan tentang keutamaan wanita. Wanita ibarat pajar dishubuh hari penuh dengan kesejukkan untuk menyinari bumi.  Wanita memiliki sejuta pesona mulai dari tutur katanya, sikap, dan keimanannya. Namun, keistimewaan wanita itu tak disaradi oleh wanita itu sendiri. Ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak wanita memperjualkan kehormatan dan menukarkan auratnya demi dunia. Nauzubillah Minzalik “Ya Allah”.  Apakah hal yang terjadi pada wanita ini karena mengadopsi teori feminisme, atau atas nama demokrasi???

Tapi sangat bersyukur walaupun begitu banyak wanita-wanita terpedaya oleh nuasan kedunia yang penuh tipu daya dan aktualisasi diri dalam pencitraan. Masih ada sekolompok wanita yakni wanita sholeha komitmen dangan niat dan motivasi untuk penghambaan dirinya pada Allah. Hari-harinya selalu menyibukkan diri menghadiri Kajian (mengaji) mengali sedalam-dalamnya ilmu agama dan dunia, metadaburi al-quran (membaca) kemudian diaplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjalankan hal seperti ini tidak mudah sebab begitu banyak godaan yang menghampiri terutama godaan kemalasan dan kelalaian.

Mereka (wanita sholeha) sadar untuk melalui perjalanan panjang menuju peristirahat terakhir harus dibangung fundamental ilmu dan niat. Seperti diungkapkan para ulama. Hidup didunia dengan ilmu dan menuju hari akhir dengan ilmu.  Tentu disini adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain dan dirinya sendiri sesuai dengan al-quran dan Hadist. Tujuan hidupnya sangat sederhan yakni mendapat keridhaan Allah dan keikhlasan dalam menjalankan apapun. Karena apapun yang dilakukan tanpa keridhaan dan keikhlasan. Tujuan dan harapan akhirnya akan sia-sia. Kemudian wanita sholeha begitu menjaga ketawadukkan mulai dari menjaga auratnya, menjaga lisannya jangan sampai menyakiti, menjaga pandangan mata dan pendengarnya jangan sampai melihat yang dapat mejerumuskan dari zina-zina kecil, menjaga keimanan jangan sampai mata hatinya tertutup oleh bintik-bintik hitam. Wanita sholeha menjunjungi tinggi kesederhaan menjauhi dari sifat materialistic, eksploitatif dan hedonistic barat yang akan mempengaruhi kultur kaum sholeha karena implikasi hal tersebut sangat luar biasa. Akan melunturkan keimanan pada Allah mari kita mengantisipakan hal seperti itu.

Mari wanita sholeha kita sama-sama berkomitmen, berniat dan memotivasi diri kita untuk selalu menjadi wanita sholeha pilihan dimata Allah serta setiap waktu memperbaiki diri dihadapan Allah dan sesama. Walaupun dimata manusia kita dikatakan wanita terbelakang, terkekang oleh aturan-aturan dan tidak mengikuti mode-mode barat. Namun, melalui aturan yang telah ditentukan oleh Allah akan mengangkat derajat dan menjelamatkan kita (wanita) dari dosa serta hal yang musyirik. Seperti kita lihat dalam kehidupan sehari-hari begitu banyak wanita terkorbankan, disakiti, bahkan terlantarkan. Hal ini disebabkan wanita tidak mengitu aturan yang telah ditetapkan oleh Allah. Misalnya wanita sekarang banyak hamil luar nikah. Hal ini jelas-jelas diterangkan dalam Al-quran jangan dekati zina. Karena dampak dari zina itu sangat luar biasa terutama untuk wanita.

Biarlah orang menggatakan wanita sholeha penuh aturan serta terkekang dan sebagainya. Hal ini wajar mungkin karena mereka tidak tahu keistimewaan seroang wanita sholeha. Dibalik kesholeha itu tersimpang kesabaran yang luar biasa, tersimpan segudang keikhlasan dalam menjalankan kehidupan serta selalu memperbaiki dan intropeksi diri baik dunia maupun akhirat agar siapapun disampingnya terasa angin kesejukkan yakni melalui kedamaian dan kesenyuman, tersembunyi segunung kebaikkan. Wanita sholeha adalah mediator, fasilator dan inspirator untuk wanita-wanita lainnya. Karena tidak semua wanita bisa menjadi wanita sholeha. Berbahagialah wanita berharap menjadi wanita sholeha. Karena wanita sholeha engkau akan dicari-cari oleh para kaum Adam sebab engkau memiliki keistimewaan nan luar biasa.

Wahai wanita sholeha…

Jangan pernah terbedayakan oleh pencitraan diri

Karena lewat ini akan meruntuhkan keimanan

Kobarkan semangat kesederhaan dalam hidup ini

Hiduplah dengan penuh realitas bukan hidup dalam kekangan fasilitas

Jadilah madrasyah madani dalam keluarga

Demi terbangun anak-anak para syuhada

Yang menegakkan Kalimat Allah.

*******

Wahai wanita sholeha…

Suatu nanti engkau minta dipertanggung jawabkan

Oleh nikmat dan amanah yang Allah berikan pada kita

Pergunakan semuanya dengan landasan perjuangan untuk Allah

** ****

Dipagi mendung saat intropeksi diri belum bisa menjadi wanita yang diistemewakan. Ya Allah semoga harapan dan keinginan bisa diridhaikan oleh Engkau yang Maha Tahu.

Advertisements

2 Responses

  1. thx infonya sangat membantu
    GAMIS MURAH

  2. subhanaallah kalau qt bs mnjadi wanita yang sholeha,,bgtu indahhhhhh………akan kesholahan yang ada pada diri wanita itu,,,
    smua wanita ingin menjdi wanita yang sholeha,,tp gak smudah itu….allah maha pengampum segala umat nya……

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: