Sepuluh Trend Utama Di Perpustakaan


Perkembangan perpustakaan dari generation baby boomer hingga ke generation Millenial begitu banyak perubahan.  Pada generation baby boomer perpustakaan lebih pada fisik seperti buku sangat beda saat ini, dimana perpustakaan harus memenuhi kebutuhan pengunjung. Jadi sekarang bagaimana perpustakaan memahami  dan memenuhi kebutuhan pengunjung bukan sebaliknya pengunjung menyesuaikan dengan keadaan perpustakaan.  Bila masih ada perpustakaan seperti ini yakinlah perpustakaan akan salah saing dengan perpustakaan profit yang memberi pelayan dan jasa yang sangat memuaskan pengunjung.

Selain itu perpustakaan dan pihak pustakawan juga harus tahu tentang perubahan-perubahan apa saja yang terjadi di perpustakaan. Berikut ini ada bebarapa perubahan yang terjadi diperpustakaan antara lain sebagai berikut:

1. Budaya dalam komunitas

Perubahan yang terjadi pada budaya komunitas seperti Perubahan populasi dan budaya, Perumahan, pendidikan, pelatihan Bahasa, budaya, agama, Hambatan memanfaatkan perpustakaan dan Perubahan budaya karena pengaruh teknologi.

Maka perpustakaan dan pustakawan harus meresponden atau menafsirkan untuk mempertimbangkan layanan tambahan yakni Layanan koleksi bahasa asing, Menyediakan area belajar bahasa, Menyajikan program dan layanan yg sesuai dengan masyarakat setempat  dan Mengembangkan partnership dan kegiatan dengan kelompok komunitas

2. Kontra-bacaan

Disini bagaimana pustakawan melihat sikap dan tingkah pengunjung terhadap Trends terkait dengan membaca maka disini perpustakaan meningkatnya media rekreasional, meningkatkan sirkulasi bahan perpustakaan cetak yang dipinjam, meningkatkan sirkulasi audio, video dan digital yang lain. Kalau bisa perpustakaan juga harus menyediakan depot video dari berbagai dari Indonesia tentang komunitas atau organisasi yang mengembangkan kreatifitas karena hal sangat bagus dalam pelayanan selain itu minat baca  sangat bervariasi dan kontroversial

Agar hal ini bisa diaplikasikan diperpustakaan membangun jaringan seperti  Membangun partnership dengan sekolah, Kerjasama dengan organisasi literasi  dan mengkampanyekan family-oriented reading promotions. Dengan hal seperti ini akan mampu membangun orientasi membaca (literasi) dilingkungan masyarakat. Selain itu perpustakaan juga melaksanakan suatu event agar minat baca mampu tumbuh secara perlahan hingga membentuk habbit yakni Pemasaran dan promosi minat baca  dan Merchandising materials (Displays, Book clubs, Discussion groups, Kompetisi baca  dan Reading award)

3. Literasi informasi

Dengan adanya literasi informasi memberi tantangan yang sangat luar biasa bagi perpustakaan dimana diharapkan perpustakaan mampu menyajikan informasi akurat (tepat waktu) bagi pengunjung. Selain itu informasi begitu berserakkan dimana-dimana jika melihat dilingkungan masyarakat informasi begitu meluap dari hal terkecil dan luar biasa. Information overload perpustakaan merupakan penyaring yang dalam memberi informasi yang bermanfaat bagi pengunung. Kemudian semakin kompleksnya World wide web merupakan oksigen bagi masyarkat luas, rata-rata masyarakat selalu mengakses dengan dunia cyber tersebut.  Akan tetapi masyarakat luas belum mengatehui cara penelusuran masih informasi dan ketidakmampuan mengevaluasi serta memanfaatkan informasi. Sehingga terjadinya overload penyimpanan informasi pada personal information management.

Jadi solusi dalam merespon hal ini diharapkan perpustakaan sebagai “Internet Research Assistants”, Penyediaan referensi online, Penyelenggaraan public instruction classes (pendidikan pemakai) dan Pemberitahuan masyarakat bahwa perpustakaan meningkatkan Internet.

4. Literasi pembelajaran dini

Adalah bagaimana perpustakaan melaksanakan Pembelajaran pra-sekolah/literasi sangat penting terutama pada perpustakaan umum atau perpustakaan kota, Perpustakaan berperan penting dalam early childhood education dan Di-underestimated oleh pendidik, pemerintah dan masyarakat.

  1. 5

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: