Perpustakaan di Tinjaun dari Manajemen


Dalam perpustakaan untuk melancar dan mengoptimalkan perpustakaan banyak hal yang diharus diperhatikan. Namun hal utama yang harus diperhatikan yakni “Manajemen dan Kepemimpinan”. Hal tersebut merupakan factor utama dalam meningkatkan image perpustakaan dari pengunjung, donator, maupun kolega perpustaakan. Bahwa dengan ada Manajemen yang jelas dan terarah maka fungsi perpustakaan tersebut bisa  diperencanakan, diorganisasisakan, di leading dan ada koordinasi sumber daya manusia. Selain itu pustakawan juga perlu memperhatikan Kebijakan dan prosedur, Koleksi manajemen, Anggaran dan Akuisisi, Fasilitas manajemen, Personil /staf, Perencanaan, Mengembangkan dan mengelola sistem komputer perpustakaan.

Manajemen perpustakaan merupakan roda dalam dalam pekerjaan di perpustakaan terarah, sesuai dengan goal “tujaan” serta misi dan visi perpustakan. Maka berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara sebagai berikut:

  1. Perencanaan adalah suatu proses untuk mencapai tujuan perpustakaan dimana pada perencanaan ini terdiri beberapah hal harus diperhatikan perpustakaan dan pimpinan yakni Balance scorecard, Analisis SWOT, Rencana kerja dan Keuangan, Perencanaan Stategis. Tujuan dari perencanan yakni perencanaan yang telah ditetapkan sesuai dengan target yang telah ditentukan pihak yang bekerja di perpustakaan.
  2. Pengorganisasian ialah wadah atau tempat dimana pengorganisasian dilakukan. Wadah dimaksudkan secara luas,yaitu, titik sama yang memasukan berbagai individu ke dalam kesatuan. Terdiri dari sumber daya, kerjasama antar sumber daya diorientasikan melalui mekanisme tertentu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan
  3. Leading (pimpinan) adalah bagaimana proses menumbuhkan semangat pada pustakawan agar bekerja dengan baik dan membimbing pustakawan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai rencana dalam rangka mencapai tujuan, memberi inspirasi dan memotivasi kepada pustakawan untuk berusaha kerja keras mencapai sasaran perpustakaan. Seperti melaksanakan training, outbond, dan memberi reward bagi perpustakan berprestasi.
  4. Koordinasi sumber daya adalah proses pengintegrasian (penyatuan) tujuan dan kegiatan perpustakaan pada satuan yang terpisah dalam unit-unit terkecil yang ada di perpustakaan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien. Dengan adanya Koordinasi diperpustakaan sangat dibutuhkan pustakawan, sebab tanpa adanya koordinasi setiap pustakawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diikuti, yang akhirnya akan merugikan perpustakaan sendiri.  Kemudian dengan koordinasi maka dapat melihat kemampuan Kepala Pustakawan sebagai pemimpin dalam  menyatukan ide, tugas dan kebijakan pada bawahan.

One Response

  1. salam kenal..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: