Salam Koin Rakyat Indonesia


Tak pernah terpikir oleh siapapun sebelum tentang makna koin, namun saat ada permasalahan terhadap keadilan pada masyarakat kecil seperti kasus prita maka makna dari sebuah koin berwarna silver and gold tersebut sanga luar baisa seperti gumpalan awan dilangit membentuk suatu gambaran keindahan bagi orang memandang gumpalan tersebut secara penuh penghayatan dimana disana bisa melihat lukisan samudra, binatang, bunga, dan pelanggi.

Satu koin untuk rakyat Indonesia menunjukkan bahwa rakyat Indonesia memiliki solidaritas yang bergitu tinggi dan persuadaraan yang luar baik dari berbagai cultural, religions, pekerjaan, strata semua melebur menjadi satu saat satu koin untuk rakyat Indonesia.  Subhannallah pencentus ide tersebut perlu diberikan penghargaan (reward), karena merupakan good ide yang luar biasa dimana dengan ide kecil ini mampu menyatukan yang besar dari berbagai lapisan masyarakat.

Sejak koin untuk prita, bermunculan kumpulan koin-koin lain seperti koin cinta balqis mungkin hal seperti ini untuk kedepan semakin mejamur dimasyarakat Indonesia. Dimana ini merupakan salah satu dampak dari globalisasi sebab globalisasi tidak bisa dipisahkan dengan media “teknologi dan media massa”.  Kedua tool tersebut semakin mendukung efek dari globalisasi pada masyarakat luas tanpa peran indicator tersebut globalisasi tidak bisa berjalan secara sempurna. Walaupun berjalan namun langkah sangat lambat tidak seperti saat ini.

Jika kita menyimak hal seperti ini merupakan transisi gotong masyarakat Indonesia, dimana masyakarat Indonesia sebelum maraknya teknologi sebagai kebutuhan hidup primer memberi sumbangan atau relawan  pasti dalam bentuk tatap muka (face to face), bersama-sama dilingkungan membahas permasalahan yang terjadi lebih dikenal musyarawah mufakat.  Tetapi saat ini yang nama gotong royong, musyawarah, diskusi dan sebagainya bisa dikatakan hampir tenggelam terbawah harus teknologi seperti sekarang masyarakat sadar informasi dan teknologi lebih bergabung dalam suatu group baik dalam Yahoogroup, facebook group, blogger lembaga, wordpress organiasi  dan chat.

Hal seperti ini tidak bisa dipungkiri lagi dalam kehidupan sehari-hari, dari berbagai lapisan masyarakat sekarang lebih senang dan asyik berkomunikasi “gotong royong” dalam bentuk dunia koneksi baik melalui telepon, confrencen, dan chatting. Kenapa hal ini disukai dan digemari oleh lapisan masyakat sebab merasa diberi kemudahan dan murah tidak dibatas lagi ruang dan waktu.  Walaupun jarak dan belum tahu orangnya seperti  apa jika telah memiliki kesamaan “hoby” atau bakat dalam bidang tersebut akan merasa nyambung dan saling membantu.

Akan tetapi dampak teknologi ibarat pepatah seperti dua sisi mata pedang, antara manfaat dan mudarat. Tapi jika ambil positifk dari teknologi informasi sangat luar biasa dimana bisa menggumbul solidaratas Indonesia dalam bentuk koin demi sebuah keadilan, kebenaran dan social.  Dimana dampak tersebut bisa dikatakan fifty:fifty.

Semoga lapisan rakyat Indonesia selalu bersemangat untuk menyatukan koin-koin demi Indonesia lebih baik terutama masalah social, karena kita tahu bahwa Indonesia mengalami berbagai macan permasalahan dalam konteks social. Bermula dari yang kecil lah akan menjadi yang luar biasa. Dari luar biasa akan membentuk keajaiban dan keselamatan untuk Indonesia raya.

Salam koin Indonesia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: