network system

PERPUSTAKAAN IKOPIN

JATINANGOR-BANDUN


1. Profil Perpustakaan IKOPIN

Perpustakaan IKOPIN erat kaitannya dengan sejarah berdirinya dan perkembangan IKOPIN sendiri, yaitu pada tanggal 12 Juli 1964 di Bandung. Pada saat ini IKOPIN masih bernama Akademi Koperasi 12 Juli  dimana IKOPIN berada di bawah bagian akademik, koleksi sangat terbatas dan pengguna hanya diberi kesempatan untuk membaca ditempat. Sumber pengadaan koleksi diperoleh dari Asian Foundation, Departemen Koperasi, Badan Usaha Logistik (Bulog), Pemda Jabar, Dewan Koperasi, Mahasiswa dan bantuan lainnya yang tidak mengikat.

Pada bulan Maret 1983, struktur organisasi perpustakaan berada di bawah Unit Pelaksaan Teknis (UPT) yang dipimpin oleh seorang kepala UPT, yaitu Ir.Charmadai.M dengan staf tiga orang yaitu: staf administrasi, staf teknis, dan staf peminjaman bahan pustaka. Mulai saat itu dilakukan pemisahan antara koleksi referensi, skripsi, buku teks, majalah dan surat kabar serta mulai mamasukkan anggaran pembelian serta ditandai peminjaman buku kepada civitas akademik..

Pada agustus 1984 Direktur seorang pustakawan lulus IKIP Bandung, dan pada September 1984 perpustakaan masih di bawah unit UPT. Pada tahun 1984 ini juga didatangkan konsultan perpustakaan berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan Amerika. Dimana terjadi perubahan sistem klasifikasi dari Dewey Decimal Classification (DDC) menjadi LC (Library of Congress), perbaiki sistem peminjaman, penambahan koleksi dan saran lainnya. Dengan adanya perubahan sistem klasifikasi ini seluruh koleksi harus diolah kembali. Keadaan ini menyebabkan perpustakaan mengalami peminjaman dan tutup selama kurang lebih empat bulan. Selain pengolahan  buku-buku yang sama, perpustakaan  mengolah koleksi baru hasil penambahan sehingga beban kerja meningkat. Kebutuhan akan tambahan tenaga baru ini terlisasi pada bulan Januari 1985 dengan direkturnya dua orang staf dan tahun berikutnya ditambah lagi dengan dua orang lulus SLTA.

Sejalan perkembangan stafnya, jumlah koleksipun meningkat. Pada tahun 1982/1983  terdiri dari 270 judul dan 825 eksemplar, meningkat menjadi 523 judul dan 1976 eksemplar pada tahun 1983/1984. Kemudian jumlah meningkat lagi pada tahun 1984/1985 menjadi 1724 judul dan 7658 eksemplar. Pada tanggal 10 Oktober 1987 diresmikan gedung perpustakaan dan laboratorium, dan terjadi peningkatan eselonisasi ditingkat UPT dimana Sub Unit perpustakaan menjadi unit. Untuk peningkatan sumber daya manusianya, pada tahun 1987 direkrut tiga orang lulusan Diploma II ilmu perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada tahun 1993 dibentuk dua seksi dalam UPT perpustakaan yaitu: seksi administrasi dan teknis dan seksi peminjaman dan koleksi. Pada bulan April 1993 direkrut lagi seorang lulusan Diploma II IPB.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: