Dasar pemikiran DALAM PENELITIAN di bidang ILMU PERPUSTAKAAN

Pertumbuhan profesi

Salah satu tujuan utama dari penelitian dasar adalah untuk menciptakan pengetahuan baru. Atau, sebagaimana dinyatakan oleh Kunge Horst, Belajar untuk menguasai secara teoritis dan aplikasi praktis, aturan-aturan dasar penelitian menciptakan landasan terbaik untuk melanjutkan pertumbuhan dalam sebuah profesi. (Busha & Harter, 1980, p.6) bahkan lebih mendasar bahwa perlu pengujian lapangan untuk kemajuan profesi.

Di samping itu, kebutuhan untuk memajukan profesi melampaui ketergantungan pada data deskriptif dan menetapkan prinsip-prinsip dan teori-teori dimana  perpustakaan dan sistem informasi dan jasanya dapat didasarkan (Vickery, 1975, p.155)

Mereka prihatin tentang status profesi ilmu perpustakaan dan informasi (LIS) dan memberi komentar tentang perlunya lebih banyak dan lebih baik melakukan penelitian dasar.  Secara singkat penelitian  di bidang ilmu perpustakaan dan informasi  sangat penting untuk memecahkan masalah-masalah profesional, mengembangkannya untuk kemajuan perpustakaan.

MANAJEMEN

Sebagian besar pengetahuan diciptakan sebagai hasil penelitian dasar yang cenderung memiliki aplikasi praktis untuk perbaikan praktek-praktek yang terjadi di perpustakaan  (Busha dan Harter, 1980).  Swisher (1986, p.176) berpendapat bahwa tidak ada lagi kegiatan yang penting daripada memperoleh informasi baru yang mungkin sekarang atau suatu saat nanti tujuan membantu meningkatkan pengambilan keputusan profesional kami. Dengan mengasumsikan tanggung jawab penelitian praktis mungkin adalah peran paling penting pustakawan dapat menerima. Penerapan temuan penelitian harus menghasilkan “peningkatan pengambilan keputusan, lebih berpengetahuan wawasan ke dalam masalah-masalah perpustakaan kekayaan, lebih baik dan lebih bertanggung jawab layanan dan program dan masih pematangan LIS sebagai suatu disiplin / profesi (Hernon & Schwartz, 1995)

Meskipun sebagian besar penelitian untuk pengambilan keputusan mengambil bentuk penelitian terapan itu biasanya mengacu pada prinsip-prinsip penelitian dasar. McClure (1988, p.12) mengamati bahwa “mengambil penelitian terapan teori dan konsep-konsep dari penelitian dasar dan metode formal penyelidikan, menyelidiki, fenomena dunia nyata. Dengan kata lain pemahaman yang solid tentang proses penelitian dasar harus lebih baik memungkinkan seseorang untuk melakukan penelitian terapan suara. Sebagai Goldhor (1972, pp.1-2) menunjukkan, Begitu seseorang telah belajar metode ini [penelitian ilmiah] dia dapat memahami dan menggunakan salah satu metode yang kurang ketat, tetapi belajar yang terakhir tidak akan mempersiapkan satu benar-benar untuk menggunakan mantan.

Bacaan LAPORAN PENELITIAN

Manfaat lain yang masuk akal memiliki penguasaan ilmu dasar metode penelitian adalah bahwa ia harus mengizinkan orang untuk mengerti dan mengevaluasi secara kritis laporan penelitian orang lain. Para pembaca yang memahami proses penelitian pertanyaan akan lebih banyak tentang sastra secara umum dan bekerja dengan benar mengidentifikasi keterbatasan literatur. Beberapa pustakawan khususnya pustakawan khusus, diharapkan untuk mengevaluasi atau layar laporan penelitian (yaitu penelitian yang berfungsi sebagai perantara) untuk mereka klien. Sayangnya seperti Sullivan (1978, p.511) telah puas, tidak hanya pustakawan yang praktisi cenderung terlalu sibuk dan tidak terampil untuk melakukan riset mereka sendiri, tetapi yang lebih serius, mereka juga baik tidak berpengetahuan atau tidak mau menerima atau tidak mampu menilai kritis penelitian orang lain di bidang kepustakawanan. “Sampai mayoritas praktisi lapangan dapat memahami dan menerapkan hasil penelitian lain, profesi cenderung tidak menyadari banyak manfaat dari usaha-usaha riset.  Banyak penulis, termasuk Busha dan Harter (1980) dan peternak (1982) berpendapat untuk kebutuhan untuk mengevaluasi dan menerapkan penelitian yang dipublikasikan.

SERVICE UNTUK PENELITI

Namun keuntungan lain untuk memiliki pengetahuan dasar tentang metode penelitian paling tidak bagi orang-orang pustakawan yang melayani para peneliti, adalah pemahaman yang lebih besar dari kebutuhan para peneliti yang disediakan oleh kesadaran. Hanya ketika pustakawan mengetahui proses dasar yang memanfaatkan seorang peneliti, ia dapat sepenuhnya mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan penelitian. Sebuah Melalui dan berlanjut landasan pribadi dalam pengalaman pembelajaran dan penelitian dalam pengaturan akademik menyiapkan kita untuk bergabung dengan mahasiswa dan fakultas dalam tindakan kreatif yang dapat penelitian bibliografis.  Dalam Tambahan, status pustakawan kemungkinan untuk mengambil manfaat dari pengetahuan tentang teknik dan para peneliti tersebut untuk dapat membicarakannya secara cerdas dengan klien nya.  Grover dan hale (1988) menyatakan bahwa pustakawan harus mengasumsikan peran proaktif dalam penelitian fakultas dan dipandang sebagai pemain kunci dalam proses.

PRIBADI MANFAAT:

Mungkin yang paling penting di antara manfaat yang dapat diharapkan untuk mewujudkan dari suatu studi tentang metode penelitian adalah kemampuan untuk melakukan penelitian.Bagi banyak pustakawan, terutama dalam pengaturan akademis, kegiatan penelitian tidak hanya diinginkan tetapi suatu keharusan. Sejumlah lembaga akademik mengharapkan pustakawan profesional mereka untuk memenuhi persyaratan yang sama untuk promosi dan jabatannya sebagai melakukan Fakultas pengajaran biasa dan ini biasanya meliputi penelitian dan penerbitan. Jika ini pustakawan dan lain-lain, adalah untuk melakukan jenis metode penelitian yang ketat sangatlah penting.

Kesadaran akan metode dan desain penelitian juga harus membuktikan membantu untuk memilih menyiapkan proposal penelitian dalam rangka untuk mendapatkan dukungan finansial bagi proposal riset mereka dalam rangka untuk mendapatkan dukungan finansial bagi kegiatan penelitian mereka. Sebagai tambahan, telah menunjukkan bahwa kajian penelitian metode dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir kritis dan analitis dan bahwa perpustakaan keterlibatan dalam penelitian staf dapat meningkatkan semangat kerja dan meningkatkan status perpustakaan dalam masyarakat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: