MM (MARADONA MAKMUR)

Biasa dipanggil MM entah siapa yang dahulu memanggil dia seperti itu, karena dirumah (keluarga) biasa panggil dia “Yet” sedangkan temannya memanggil “don”. Tetapi  koe selalu memanggil sebutin dia ABANG karena MM adalah abang ke-3 koe sedangkan ketiga abang-abang koe panggil sebutin berbeda sesuai dengan gelar orang dikampung koe (kerinci). Kalau abang paling tua koe panggil kwo, abang ke-2 keo panggil Ngah maka abang ke-3 koe panggil tetap Abang.

MM menghabiskan waktu kecil di Kerinci tanah surga dan penuh kedamaian, MM orangnya cerdas (Smart) dalam terutama aspek agama dan paling senang berdebat. Karena MM bisa dikatakan pintar dalam segi agama maka MM sering dipanggil “Ustad”. Kemudian namanya diberi Maradona karena pas MM lahir lagi booming nama pemain terkenal yakni maradona kebetulan bapak senang banget dengan bola maka diberi nama Maradona. Tapi MM juga hebat dan pintar memainkan sibulit bundar sebab aktif di karang taruna “pemuda trisakti” yang khusus orang talenta dengan sibulit budar (sepakbola).

Setelah selesai pendidikan wajib 9tahun di Kerinci hari-harinya banyak dihabiskan dirantau orang seperti koe untuk melanjutkan kuliah dimana pendidikan Strata Satu MM di kota Padang dan Pascasarjana di Jakarta. Minat keahlian di ambil baik Strata Satu maupun Pascasarjana yakni Pendidikan Tinggi Ilmu Al-Quran. Maka hari-hari MM banyak melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran baik dirumah maupun tempat lain, di MP4 dan letpotnya di penuh folder murotaal. Masih ingat waktu masih sekolah Menengah Pertama sering ngaji bareng MM dengan irama dan tajwid. Apalagi setiap malam jumat selalu tadarus bareng MM. kini itu tinggal kenangan.

MM terkadang membuat koe kesal, sedih dan nangis. Tapi bareng MM pula begitu banyak cerita indah dijalanin dirantau orang. Masih ingat waktu mudik terakhir bareng MM pagi-pagi sudah sampe lebak bulus dan rawamangun dengan bawaan barang MM begitu banyak dimana MM telah selesai kuliah Pascasarjana sungguh luar biasa perjuangan koe dan MM. kita makan diterminal dengan satu bungkus nasi padang berdua, angkatin barang MM (buku-buku) hampir 5kardus besar sebab salah satu hobynya MM yakni membaca, pulang kampung dengan uang yang pas-pas mau minta sama orang tua gak mungkin karena uang bulanan telah dikirim. Sungguh begitu banyak cerita indah bareng MM mulai hal sedih, kecewa dan tawa.

Subhanallh, MM keras kepalanya luar biasanya pasti koe selalu mengalah, kalau jalan-jalan sama MM pasti koe yang selalu membayar, terus kalau main ke bandung saat masih kuliah di bandung pasti minta ongkos pulang kejarkarta pada koe, tapi apa boleh buat begitulah jadi seorang adik harus selalu menurut dan tidak berani membatah tetapi koe senang juga dengan seperti itu. Masih bisa berbagi dengan Abang-Abang walaupun uang koe pas-pas (sisa uang bulanan) tetap ada rasa ingin memberi terbaik untuk Myfamili.

MM adalah orang yang sering berdebat di rumah terutama sama Bapak apalagi yang dilakukan keluarga salah MM langsung membantah beda dengan kita-kita semua menurut dan diam apa yang diomongin bapak. Tapi lewat debat ini kita terasa dekat dan selalu merindukan. Kini masa kecil  seperti kumpul, tertawa, berantam dan sebagainya telah terkikis oleh waktu yang berjalan. Terkadang rindu juga dengan keadaan waktu kecil tapi masa kecil tak bisa dirasakan lagi dimana sibuk dengan kegiataan masing-masing. Abang pertama (kwo)  sibuk dengan kerjanya seorang petani biasa serta keluarganya semoga Rabbi selalu menyertai mu Kwo jangan pernah sedih walupun perkerjaan kwo beda dengan pekerjaan Ngah dan Abang tapi itu hal sangat mulia Insyallah kita selalu akan membantu kwo, abang ke-2 (Ngah) juga sibuk dengan keluarga barunya moga Ngah cepat dapat sibuah hati ya!!!!!! terkadang rindu dengan nasehat kalian semua.

Sangat terasa setelah abang menikah banyak hal yang berupa misalnya perhatian  tidak seperti dulu lagi tapi gakapapalah karena koe juga sadar istri mereka membutuhkan perhatian mereka. Namun dengan kurangnya porsi perhatian mereka pada koe membuat koe semakin mandiri, dan tangguh dalam perjuangan ini sehingga sejak kuliah dirantau (Jawa) tak pernah lagi mengeluh dan menggadu permasalahan koe pada mereka. Karena koe sadar harus bisa menjadi mandiri, amanah dan istiqomah sepanjang perjuangan ini belum berhasil dan tercapai. Tapi yang membuat koe selalu rindu mereka-mereka nasehat (taujih) pada koe biar semangat belajar dan perjuang dirantau orang.

MM Abang koe yang paling sering mengirim SMS motivator, kata-kata yang selalu koe ingat “Kenapa Harus Sedih Banyak Jalan Menuju Kabah” itu kalimat yang selalu teringat tak kalah sedih dan malas belajar.  kini MM harapan telah tercapai moga amanah yang di embankan pada Abang laksana dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab karena setiap apa yang kita lakukan akan dipertanggung jawab di yaumilakhir. Ingat pesan seorang adik (testiani) jangan pernah sombong tetap seperti MM yang pernah koe kenal dan tanamlah selalu wajah ibu dan bapak diqolbu MM. karena MM bisa seperti sekarang bukan hanya karena diri sendiri tapi banyak orang yang terlibat sehingga MM bisa mengapai harapan itu. Teruslah berjuang MM demi kebaikan jangan pernah puas dan mengalah.

Setiap kalimat mereka terkirim melalui sms selalu menangis karena koe sadar walaupun perhatian tidak seperti dulu lagi tapi tetap ada perhatian pada koe lewat kata kata. Koe rindu kalian semua, koe rindu perhatian kalian seperti dulu, koe rindu untuk berkumpul sama kalian semua. Jangan kalian (abang-abang) berubah pada koe, kalian semua sudah berhasil dan tercapai cita-cita kalian. Kini tinggal koe berproses menuju harapan itu. Doain adik kalian (testiani) yang lagi perjuangan untuk mencapai cita-cita demi membuat ibu dan bapak tersenyum dan menyekolah Huzaifi Dilha Fitri (keponakan) sampai pendidikan tertinggi.

Thks you Rabbi engkau Anugrah mereka (abang-abang) sebagai penggerak dan motivasi selalu untuk berjuang….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: