PURWOKO


Kebudayaan Indonesia begitu berculture dengan berbagai etnik dan khas sehingga beraplikasi juga pada sebuah nama misalnya Acep Rosada, Nuning, Neneng ini adalah identitas nama orang Sunda. Kemudian nama seperti Situros, Nasution, Sirait pasti itu nama orang batak sedangkan untuk Jawa nama biasanya kebanyakan huruf O seperti nama Purwoko dan Purwani.

“Mas Purwoko” ini adalah salah satu teman di kelas Manajemen Informasi Perpustakaan angakatan 2009 yang membuat bertanya-tanya tentang sebuah nama ini dari sekian banyak teman-teman saya penasaran. Bukan penasarannya tentang kepribadiannya tetapi lebih ingin tahu cara belajarnya dan bagaimana cara berpikir sesuatu berawal dari mana.

“Mas Purwoko” yang pertama kali menyapa saya saat memasuki ruang perkuliahan di MIP masih ingat hal pertama di Tanya pada saya yakni namanya siapa “Mbak”. Karena perkuliahan tiga pertemuan sebelumnya tidak masuk kuliah (izin). Sehingga “Mas Purwoko” bertanya pada saya sebab orang baru nonggol diruang kuliah tersebut jadi wajar untuk saling mengetahui. Kemudian hari ke-2 perkuliahaan bertanya pada “Mas Purwoko” tentang Tarbiyah. Karena dari cara pakaian dan raut wajahnya telah tahu bahwa orang ini pasti pernah mengikuti tarbiyah serta aktif organisasi.

Berjalan dengan waktu dan keakraban di ruangan perkuliahan semakin banyak mengetahui (bukan sok tahu hehhe…) karakter teman-teman terutama “Mas Purwoko”.  Sungguh begitu Smart ini bisa terlihat dari jidatnya yang kayak kepala professor!!!! walaupun pakaiannya sederhana banget tapi pemikiran tidak sesederhana dandannya. Subhanallah setiap “Mas Purwoko” melontarkan atau bertanya baik itu pada tenaga pengajar (Dosen) maupun teman-teman yang presentasi diruang perkuliahan selalu beranjak dari sebuah teori, sebab-akibat, dan analisis yang tanjam. Sehingga siapapun di tanya “Mas Purwoko” saat presentasi pasti akan sulit dan bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut seperti ketika saya presentasi salah satu mata kuliah dimana pertanyaan tentang yang sangat krusial dari topic saya bahas waktu itu. Subhanallah bertanyaan buat bingung menjawab dimana hal yang harus saya jawab pasti bersangkutan dengan Undang-Undang dan peran Pemerintah dari tema saya presentasikan.

Kemudian saat “Mas Purwoko” presentasi semakin terkagum-kagum karena cara penyampaiannya, penjelesan yang secara detail dan ala seperti dosen atau Trainner sehingga teman-teman pada terhipnotis dengan gaya penyanyiannya biasanya teman-teman presentasi tidak seperti itu. Ini merupakan awal baik untuk teman-teman untuk presentasi seperti “Mas Purwoko”. Selanjutnya presentasi tentang Front Office berbasis teknologi sebab materinya sangat-sangat lengkap. Jadi teman-teman belum presentasi harus mempersiapkan bahan presentasi lebih lengkap dari “Mas Purwoko”.

“Mas Purwoko” hanya seorang pustakawan biasa di salah satu Perguruan Tinggi walaupun pustakawan biasa subhanallah memiliki Multi of Skill seperti memecahkan rumus-rumus berbasis teknologi berkaitan dengan HTML dan senyawa  jenis-jenis itu. Selain itu masih banyak skill yang dimiliki “Mas Purwoko” yakni organisasi (leardearship) dan keahlian menulis atau merangkai kata ini tercermin dari blog “Mas Purwoko” dimana setiap pahatan tulisan yang tertuangk diblog itu memberi manfaat yang luar biasa pada pembacanya seperti posting blog terbaru “Mas Purwoko” yang menginspriasi saya untuk mengambil tema tugas kuliah yakni “Transisi Gotong Royong Pada Masyarakat Teknologi Di Indonesia”. Tapi sayang banget tema yang saya konfirmasi pada “mas purwoko” belum dapat restu heheeehehee…..

Cirri khas dari Title (judul) blog “Mas Purwoko” sangat mulia sekali dimana tertampang dipojok kiri atas blog tersebut yakni berbunyi seperti berikut ini seorang pustakawan yang lagi perjuangan untuk mencari kearifan. semoga “Mas Purwoko” menemukan kearifan dimana saja akan tetapi untuk bersua dengan kearifan itu sebaik “Mas Purwoko” terlebih dulu menerapkan kearifan tersebut pada siapapun, sehingga kearifan tersebut kembali padanya lebih cepat dan indah.

Ini merupakan transisi keahlian atau profesionalisme pustakawan masa sekarang dibanding dengan pustakawan kelahiran 70an sebelumnya semoga masih banyak lagi pustakawan seperti “Mas Purwoko” agar image orang-orang pekerja sebagai pustakawan terangkat dimana selama ini pustakawan dianggap adalah orang buangan “tidak memiliki posisi”. Namun pustakawan masa sekarang adalah kunci peradaban informasi sebab pustakawan sebagai mediatof, fasilator, dan.

Tetapi keunikan dari “Mas Purwoko” yakni sekali-kali ketawa sentrik hehhee….truzzzz pas saat kuliah cari makan melulu waaahhhhh jadi curiga juga nich jangan…jangan…jangan Hmmmm pizzz “Mas Purwoko”. Kemudian “Mas purwoko” calon seorang bapak yang menunggu rezki yang mahapemberi. Semoga saja kita-kita (teman MIP) cepat dapat keponanakan lucu hehehe….

Sehingga ada beberapa teman termasuk saya memberi kehormatan pada “Mas Purwoko” yakni bapak filosof di MIP. Saat saya konfirmasi hal ini melalui Yahoo messenger tentang gelar baru di beri teman-teman MIP “Mas Purwoko” kaget lhoooooo….kooookkkkkk…… tapi sayang banget kalau bisa “Mas Purwoko” selesai studi Pascasarjana tidak seorang pustakawan rangkap menjadi dosen (Double Job). Jangan mau dan puas jadi seoranga pustakawan saja. Semoga bisa menerbitkan buku dari konsultasi orang-orang melalui blog “Mas Purwoko” seperti Romy Sastrio Wahono. Sebab bapak Romy bisa menerbitkan buku salah satu indikatornya adalah hasil dari konsultasi orang lewat comment diblog. Kalau sudah tercapai semuanya “Mas Purwoko” jangan lupa teman-teman MIP ditraktir hehehhee…..

Advertisements

One Response

  1. Weh weh weh…..
    Kaget sy ktka mlht nma sya trpmpang dsni…..
    trmksh atas prtsipasinnya…
    Good Luck!!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: