OPEN SOURCES TOOL : UNTUK LAYANAN GRATIS PERPUSTAKAAN

Globalisasi mempengaruhi berbagai aspek dan tuntunan hidup masyarakat informasi maka dampak dari globalisasi juga berhimpas pada tataran (manajemen) perpustakaan dinama perpustakaan dituntut mengikut perkembangan postmodern atau pascamodern. Sebelum kita menguraikan Perpustakaan postmodern maka ada baiknya melihat apa saja unsur dari postmodern atau cirri-ciri dari postmodern antara lain:

  1. Pergeseran dari ekonomi barang dan jasa
  2. Pertumbuhan jumlah dan pengaruh kelas professional dan pekerja teknis
  3. Organisasi masyarakat berdasarkan pengetahuan teoritas, yakni penggabungan sains, teknologi dan bisnis.
  4. Titik beratnya pada perkembangan metode-metode teknologi intelektual.

Dari point diatas maka dapat dijelaskan bahwa perpustakaan postmodern yakni ditandai adanya pergesaran koleksi perpustakaan yang sebelum dalam bentuk monograp, namun saat ini perpustakaan harus dan merupakan kewajiban menyediakan layanan atau koleksi yang bersifat eletronik seperti e-journal. Selanjutnya diperpustakaan sangat dibutuhkan orang yang memiliki Multi Skill Of Personal tidak hanya mengerti dan paham satu bidang lebih berbagai bidang misalnya pustakawan harus memiliki keahlian menulis, menyampaikan informasi, teknologi dan psikologi.

Oleh sebab itu perpustakaan harus mengkombinasikan berbagai layanan yang memungkin untuk mendukung perkembangan perpustakaan tidak hanya terfokus pada layanan perpustakaan saja melainkan penggabungan sains, teknologi dan bisnis maksudnya adalah perpustakaan mampu mendesain ruangan semanarik mungkin untuk meningkatkan pengunjung perpustakaan, layanan yang digunakan harus menggunakan network society (jaringan masyarakat) seperti facebook, twiter serta setiap pustakawan harus memiliki one librarian one blog sehingga mempermudahkan dalam share of information to user, selain itu pustakawan memiliki jiwa enteperneship (jiwa kerusahaan) yakni informasi yang tersedia diperpustakaan dikemas sebaik mungkin baik dalam bentuk resume, abstrak karena diperpustakaan terdapat berbagai koleksi buku dan informasi, jangan sampai informasi  hanya dipajang (display) diruang buku. Maka disini yang sangat dibutuhkan pustakawan yang memiliki krativitas. kemudian seorang pustakawan harus imajinasi dan kreativitas tinggi yang tak pernah terpikir orang lain, jangan hanya terfokus dengan melayani pengunjung. Jika perkerjaan pustakawan hanya melakukan atau mengejarkan hari-harinya melayani pengunjung yakinlah pustakawan tersebut tidak memiliki nilai tambah karena anak kecil juga bisa seperti itu. Mulai dari sekarang pustakawan harus berpikir dan menciptakan kreativitas (kombinasi) apa yang harus ada diperpustakaan serta layanan apa saja harus ada diperpustakan tersebut.

Dibawah ini ada beberapa tool open sources gratis, informasi ini sangat mempermudah dan membantu perpustakaan digunakan pustakawan dalam promosi perpustakaan, share information, dan feedback apalagi sekarang pengunjung ingin informasi cepat, tepat dan akurat.

1. Meebo (http://wwwe.meebo.com)

Meebo adalah gratis aplikasi berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Instant Messaging (IM) account (s) dalam satu lokasi sentral Sama seperti yang lain aplikasi berbasis web, tidak perlu untuk men-download atau menginstal aplikasi.

2. Pipa (http://pipes.yahoo.com/pipes)

Pipa adalah salah satu layanan gratis yang disediakan oleh Yahoo. Pipa memungkinkan pengguna untuk agregat, memanipulasi, dan remix populer RSS feed jenis dan menciptakan mashup data melalui penggunaan editor visual.

3.  JAlbum (http://jalbum.net)

JAlbum adalah gratis album-pencipta perangkat lunak yang berbasis web menghasilkan album foto. Beberapa fitur-fitur khusus yang ditawarkan oleh JAlbum termasuk foto thumbnail, otomatis mengubah ukuran gambar dan foto slideshow.

4. MapQuest OpenAPI (http://www.mapquest.com/openapi)

MapQuest OpenAPI adalah layanan gratis yang memungkinkan integrasi yang mudah routing, geocoding dan pemetaan ke dalam sebuah website.

5. Del.icio.us (http://del.icio.us)

Del.icio.us adalah sebuah situs bookmark sosial yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi bookmark di web.

6. Conduit Connect (http://www.conduit.com)

Saluran adalah sebuah komunitas berbasis web penyedia layanan toolbar. Dan layanan yang mereka tawarkan adalah gratis. Setelah pengguna sign up ke account, mereka dapat memulai pengaturan toolbar customized mereka. Untuk memperkuat loyalitas merek, pengguna memiliki pilihan untuk meng-upload logo perusahaan atau organisasi.

7. Audacity (http://audacity.sourceforge.net)

Audacity adalah bebas dan perangkat lunak sumber terbuka untuk rekaman dan menyunting suara (lihat Gambar 9). Fitur utamanya adalah kemampuan untuk merekam audio, mengedit berbagai jenis file audio, dan untuk memanipulasi audio dengan berbagai jenis efek. Ini adalah alat yang hebat untuk membuat perpustakaan audio tur, perpustakaan merekam peristiwa, atau membuat podcast.

8. SlideShare (http://www.slideshare.net)

Banyak orang mendengar tentang YouTube, sebuah situs web yang menyediakan video online gratis layanan streaming yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan berbagi video. Seperti YouTube, SlideShare adalah sebuah situs web untuk berbagi. Namun, target di berbagi dan tampilan slide presentasi (lihat Gambar 10). Format file yang didukung oleh SlideShare termasuk Microsoft PowerPoint, OpenOffice, Keynote dan PDF.

Jadi mulai dari sekarang dan seterusnya tidak ada satupun pustakawan yang gagap teknologi bahkan tidak mengerti dengan networking. Karena Pustakawan adalah circle of information yang utama dalam masyarakat. Jangan sampai public (masyarakat luar sana) image seorang pustakawan orang yang sadis serem, orang buangan dan hanya bisa menata buku dirak-rak yang berdebu. Mari kita pustakawan-pustakawan muda harus ada discovery yakni pustakawan trend of technology. Serta biasakan pustakawan dengan dunia teknologi, writing, story telling about information pada user (pengunjung).

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: