CARA MENDAYAGUNAKAN KEKUATAAN PIKIRAN KITA


  1. Kita harus ingat bahwa apapun yang pernah kita lihat, dengar, sentuh, cium, rasakan, pikirkan, akan terekam secara permanen di dalam pikiran kita. Bayangkan pikiran kita laksana seperngkat mesin computer yang memiliki memory yang cukup untuk menyimpan segala sesuatu di dalamnya. Penglaman-penglaman ini akan tertanam di dalam pikiran. Kita dan akan saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Suatu ketika, jika ada pancingan yang tepat yang datang, maka ia akan seketika muncul dalam pikiran kita. Oleh karena itu bersikaplah arif dan bijaksana untuk memsukkan pengalaman-pengalaman yang positif ketimbang negative
  2. Ingaltah baik-baik prinsip “jika orang lain bisa melakukan, kita juga bisa melakukannya”. Janganlah mudah memberikan batasan pada diri kita, karena batasan yang ada saat ini hanyalah batasan yang ada di dalam pikiran kita dan bersifat sementara. Ubahlah batasa kita, buatlah batasan baru yang lebih menantang dan kemudian tantanglah batasan itu sampai kita berhasil mencapainya, demikian seterusnya. Sikap yang seperti ini akan membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam menghadapi hidup ini.
  3. Kita harus bahwa pikiran kita akan merespons sesuatu dari “pancingan” dan bukan dari “tekanan” kepadanya. Kita bisa memaksa ia untuk memenuhi keinginan kita. Yang bisa kita lakukan adalah memberikan pancingan atau stimulus kepadanya. Nah pancingan ini tergantung dari kebutuhan kita.
  4. Kita harus ingat bahwa, kita dapat mendayagunakan pikiran kita atau justru membodohinya. Apa pun informasi yang masuk kepadanya, maka ia akan merekamnya. Jika kita masukkkan hal-hal positif kepadanya, maka ia akan merekamnya begitupula sebaliknya. Berhati-hatilah terhadap buku bacaan yang kit abaca, berhati-hatilah terhadap lagu-lagu yang kita dengar, Koran dan majalah kit abaca, film dan sinetron yang kita tonton dan lain sebagainya.
  5. Merunglah sesaat sebelum tidur. Posisikan tubuh kita dalam posisi yang paling rileks. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali. Dan mulailah memilih dan mengingat-ingat hal-hal positif selama satu hari yang sudah kita jalan tadi. Hal-hal yang positif apa yang sudah kita lakukan hari ini, mka itu semua itu kita syukuri.
  6. Siapkan selalu pena, kertas atau bahkan jika bisa, recorder selalu di samping kita. Pikirkan kita sesekali akan memunculkan begitu saja ide-ide yang didapatnya dari informasi yang terekam di dalam memorynya.
  7. Berlatihlah sesering mungkin oleh otak tetapi latihlah otak sesuai dengan cita-cita dominan kita saat ni sehingga dapat membantu kita mewujudkannya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: