CARA AGAR DAPAT MENJADI LEBIH OPTIMIS


  1. Lihatlah segala permasalahan dari sisi yang kontruktif. Ingatlah selalu bahwa apa pun yang terjadi, jangan biarkan ia menurunkan semangat kita. Tariklah napas panjang, tenangkan pikiran kita, duduklah dengan santai, dan carilah hal-hal baik yang terkandung di dalam suatu kejadian yang kita hadapi.
  2. Netralkan segala pikiran-pikiran dan emosi negative, dan bicaralah kepada diri kita sendiri secara positif. Ungkapan-ungkapan seperti, “saya sangat bahagia”. “saya sangat menyukai pekerjaan saya!”. “hari ini adalah hari yang sangat indah”. Dan kerja saya!”. Menurut ekspresi (the law of expression), apapun yang dinyatakan akan mengaruhi diri kita. Jadi apa pun yang kita katakana pada diri kita atau orang lain akan memengaruhi pikiran dan keyakinan kita, bahkan suatu saat ia akan menjadi permanen di dalam pikiran kita dan menjadi kepribadian kita.
  3. Ingatlah, bahwa setiap masalah yang kita hadapi hanyalah bersifat sementara, spesifik, dan eksternal. Ingatlah bahwa segala hal yang bersifat negatif merupakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan hal lain dalam hidup kita, dan ia disebabkan oleh factor-faktor eksternal dan kita tidak memiliki control untuk mencegahnya.
  4. Ingatlah akan aksioma yang menyimpulkan bahwa, adalah hal yang tidak mungkin jika kita ingin berkembang dan mencapai sukses tanpa melalui kesulitan-kesulitan dan perjuangan berat. Kita harus menghadapinya agar dapat menjadi seorang yang lebih baik dan lebih berkualitas lagi. Hadapilah segala masalah dan katakana. “Ini bagus buat saya” kemudian carilah hal-hal bagus yang mendukung pernyataan tersebut.
  5. Jagalah pikiran kita kepada target dan tujuan yang telah ditetapkan. Jika terjadi suatu tantangan dan masalah, maka katakanlah pada diri kita bahwa hal tersebut bersifat sementara dan merupakan bahan didikan bagi kita untuk lebih baik lagi dimasa mendatang.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: