HARI PERTAMA PERKULIAHAN Di PASCA SARJANA

Jam telah menujuk 10.00 wib masih di lantai1 perpustakaan sambil tak tik tuk di laptop yang setia menemani perjalanan perkuliah andaikan leptop bisa becira pasti akan mengatakan jangan gendong diru koe lagi kemana-mana sebab merasa peristiharat. Sebab baik siang muapun malam letptop selalu dalam keadaan ON.

Walaupun waktu telah menujuk perkuliah namun masih asing dengan otak atik blogger, facebook dan mendownload beberapa materi perkuliahan. Akhirnya jam10.00 lewat meng OFF tombol salah satu tombol dileptop. Setelah betul –betul OFF memasuki leptop ketas rancel yang bermerek exsport sambil berjalan menaikiti satu persatu anak tangga menuju ruangan perkuliahaan pasca sarjana Manajemen informasi perpustakaan bersebelahan dengan ruangan seminar. Perasaan mulai merasa lain sebab berpikir ini ruangan perkuliahaan Pasca Sarjana dimana diotak membayangkan bahwa yang berada diruangan tersebut adalah orang-orang hebat, perbaham dengan study yang diambil, orang-orang yang berduit dan pasti telah lebih tua dari keo. Beberapa kali mondar-mondir dimana antara keraguan masuk atau tunggu diluar aja kalau dosen telah masuk baru hadir diruangan perkuliahaan tersebut.

Tidak langsung masuk diruangan tersebut melainkan berdiri diruagan TU PascaSarjana sambil menunggu melihat teman-teman dari luar, setelah bebarapa menit berdiri disana memutuskan untuk langsung memasukin ruangan perkuliahan pascasarjan Manajemen informasi Perpustakaan. Sesampai didalam melembarkan senyum untuk teman baru koe. Kemudian research of posisition (mencari posisi) pas alias PW (posisi wah enak). Dari deretan tersebut ada satu kursi kosong langsung duduk disana dan diam beberapa menit kemudian mengenalkan diri disamping kanan tempat duduk ternyata teman baru ini orang Sumatra dan satu kampong lagi hehehe…..tidak terasa obrolan semakin asyik mungkin karena kita satu daerah jadi lebih cepat koneksi dibandingkan dengan daerah lain seperti jawa, Sulawesi maupun dari daerah lain.
Hampir setengah jam diruangan pascasarjana teman-teman telah hadir semua, tetapi dari sekian teman yang hadir ada seorang laki-laki langsung Tanya, mbak ee dari mana, namanya siapa kok kemaren 2 (dua) pertemuan tidak masuk. Namun menjawab sesingkat mungkin (simple) biasalah orang pertama kenal jadi harus cool…and cool hehee…
Sempat bingung juga saat teman-teman kelas menjalas materi perkuliahan karena terasa tidak koneksi sekali dengan pembicaraan mereka tersebut, namun tetap diam dan mendengar penjelasan mereka satu-satu. Setelah pembicaraan tersebut usai maka menanyakan pada teman sebelah kanan tadi (orang jambi) , kemudian menjawab serta menjelaskan secara satu persatu tentang perkuliahan dan tugas tersebut.
Selanjutnya masuk petugas Tata Usaha Pascasarjana keruangan perkuliahan dimana member informasi bahwa hari ini perkuliahan tidak ada dosen karena dosen yang bersangkutan ada rapat. Sempat berpikir dari hati yaaahhh…..yaaaahhhhhhh hari pertama kuliah langsung tidak ada dosen masuk tapi tidak apa-apa juga dimana lagi mau refresing of brain for growh survive the yogya hehee…dengan tidak lagi perkuliah jam bertama perut juga telah berbunyi untuk diisikan dengan sesuap nasi putih dan kebetulan teman baru disebah kanan juga lagi rapat. Jadi, memutuskan untuk kekantin disebarang perpustakaan Pascasarjana UGM. Sesampainya dikantin memesankan soto ayam kampong sambil menikmati begitu guri dan lezat kuah soto tersebut, secara pelan-pelan menikmati lahapan hidangan tersebut selesai juga makan siang saat itu.
Saat makan soto ayam kita juga sambil bertanya satu sama lain dan juga masalah perkuliahaan, ternyata hari pertama tersebut ada tambahan kuliah. Setelah makan tidak langsung keruangan perkuliahan melainkan di arear WIFI perpustakaan UGM dimana perpustakaan UGM berdekatan dengan ruangan perkuliahan. Sesampai area WIFI langsung membuka leptop dan koneksi dengan jejaringan dengan salah satu situ yakni facebook dan blog koe. Tidak beberapa meng update status facebook koneksi wifi limited koneksi kacian banget dechhh hahaa….
Jam telah menunjukki 12.30 wib azan zuhur telah berlalu berkumandang, namun masih bercekram dengan tamu baru. Setelah asyik ngombrol kita tersadar bahwa shalat fardhu zuhur telah ada waktunya. Kemudian berjalan menuju ruangan perpustakaan lantai 2 untuk mengambil wudhu langsung sholat diruangan paling depan lantai 2 perpustakaan. Mengeluarkan mukenah dari tas rasel serta melekat atau menggunakan mukena Pink tersebut dengan Basmallah dilanjutin dengan niat sholat zuhur serta dilanjutin dengan langkah-langkah sholat. Setelah sholat selesai langsung kembali keruang tempat wudhu untuk memperbaiki kerudung abu-abu yang dipakai saat hari pertama kuliah. Sudah selesai semua lanjutin memasuki ruangan kuliah dimana diruanga tersebut ada beberapa teman yang masih tetap diruangan tersebut sebab mereka tidak beragama sama yang koe anut dan ada lagi tidak sholat (haids).
Setelah beberapa menit diruangan akhir dosen perkuliahan masuk keruangan dimana mata perkuliahan yaitu Filsafat yakni cabang ilmu yang mencari suatu kebenaran, kenyataan pada subjek dan objek. Dosen tersebut menjelaskan kembali materi tersebut dimana pertemuan sebelumnya hanya hadir beberapa orang dan kebetulan banyak teman-teman masuk kuliah untuk pertama kali diruangan PascaSarjana salah satu dari mereka adalah diri koe. Hampir satu jam lebih dosen tersebut menerangkan materi perkuliahaan waktupun telah usai.
Jadi perkuliahan pertama di Pascasarjan UGM pada tanggal 30 september 2009, ya bisa biasa-biasa saja tidak ada yang berkesan dan bermakna serta klik dihati. Tapi tak apa-apa pertemuan pertama tidak mengpengaruhi pertamuan selanjutnya. Yakin bahwa pertemua berikutnya akan lebih bermakna, kekeluargaan dan kebersamaan seperti awal pertama kuliah stratra satu di Universitas Padjadjaran namun beberapa bulan kedepan telah memiliki teman akrab dan berbagi cerita serta history. Mudah-mudah dengan mengikuti perkuliahan di Pascasarjana UGM member dampak terhadap evoluasi serta discory dalam berpikir untuk meraih cita-cita yang telah diinginkan, amin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: