ISTILAH-ISTILAH ILMU PERPUSTAKAAN


Definisi ilmu perpustakaan didefinisi sebagai berikut diambil dari “Harrod’s librarians glossary of terms in librarianship, documentation, and the book crafs, ed.6, Gower, 1987. “websters’s ninth new collegiate dictionary. Merriam-Webster, 1986.

Abstrak lihat sari

Acuan, Buku (1) buku yang isinya disusun dan diolah secara tertentu untuk digunakan sebagai tempat bertanya atau mencari informasi dan bukan untuk dibaca seluruhnya: misalnya kamus, enskilopedia dan atlas. Sinonim buku rujukan. Ing: Reference book. (2) pda karya tulis, pustaka yang dipakai oleh penulis sebagai sumber informasi bagi karangannya, ing: references, bibliography.

Acuan, koleksi. Koleksi buku acuan dan pustaka yang lain diperpustakaan yang untuk memudahkan pemakaiannya, terkumpul disatu tempat dan tidak dipinjamkan. Kedalam koleksi acuan sering dimasukkan juga berbagai pustaka yang tidak dipinjamkan. Sinonim: koleksi rujukan. Ing: References collection, Refence Material.

Acuan, Pustaka (1) pustaka yang isinya disusun dan diolah secara tertentu untuk digunakan sebagai tempat bertanya atau tempat mencari informasi dan bukan untuk dibaca seluruhnya. Lihat juga acuan, buku. (2) pada karya tulis, yang disebut pustaka acuan, atau buku acuan ialah pustaka yang dipakai oleh penulis sebagai sumber bagi penyusunan karya tulisnya. Ing: references books bibliography.

Almanac pustaka yang biasanya terbit tahunan, berisi aneka data penting yang beraga jenisnya, serta informasi statistic. Ing: almanac.

Bagan klasifikasi bagan atau rengreng yang mengatur atau mengelompokkan pustaka secara hersistem. Beberapa bagan yang terkenal adalah bibliographic classification (Bliss), colon classification (Ranganathan), Dewey Decimal Classification (Dewey), Expansive Classificaton, nama pengarangnya ditulis dalam kurung. Ing: classification scheme.

Bagan Katalog bagian di perpustakaan yang mengurus pembuatan catalog, dan sering juga termasuk pengklasifikasi pustaka. Ing cataloguing department.

Bagian pelayanan bagian diperpustakaan yang tugasnya melayani pengguna perpustakaan. Bagian ini dapat terdiri dari subbagian peminjaman dan subbagian perujukkan. Ing: Reader Services.

Bagian peminjaman bagian diperpustakaan yang mengurus peminjaman pustaka yang dipakai diluar gedung. Ing: circulation department, lending department.

Bagian pengadaan bagian diperpustakaan yang mengurus pekerjaan memilih, memesan, dan mengindukkan pustaka untuk menambah koleksi perpustakaan. Ing: acquisition department.

Bagian rujukan bagian diperpustakaan yang tugasnya menyediakan informasi kepada pengguna, dengan memanfaatkan koleksi acuan yang dimiliki perpustakaan. Ing: References department.

Berkas tagak lihat tangkilan tegak

Bibliografi (1) daftar pustaka yang memerikan pengarang, judul, penerbit, edisi, jumlah halaman, dan kadang-kadang dilengkapi dengan rincian tambahan seperti rangkuman isi, kata kunci dll. Yang disusun secara bersistem. Bibliografi dapat menyeraikan karya seseorang pengarang, atau subjek tertentu atau penerbit tertentu, atau di tempat tertentu atau pada masa tertentu. Senarai seluruh pustaka yang ada mengenai suatu subjek disebut bibliografi juga. (2) ilmu tentang buku, terutama bentuk fisik, isi buku, atau pertimbangan tertentu buku sebagai benda fisik, dan tentang sejarah pembuatan buku. (3) lihat juga acuan, buku dan acuan, pustaka. Ing: bibliography.

Borang kertas bercetak dengan bagian-bagian kosong untuk diisi informasi. Sinonim: formulir. Ing: Form

Buku (1) sesusunan lembaran kertas yang dijilid pada salah satu sisinya bersampul pelindung, dan menyajikkan karangan bertulis atau bercetak (2) sejenis karya kepustakaan, yang terbit secara mandiri, meskipun penomoran halamannya bisa berlanjut ke jilid yang lain (3) pada konperensi Unesco tahun 1964, ditetapkan batasan buku sebagai terbitan bercetak bukan berkala yang paling sedikit terdiri dari 49 halaman, tidak termasuk halaman sampul, lihat juga pamphlet. (4) kumpulan naskah atau lembaran bercetak yang dijilid menjadi satu atau beberapa jilid, membentuk suatu unit bibliografi. (berbeda dengan majalah dan jenis pustaka lain seperti film, potret, peta dll) ing: book

Buku ajar buku yang ditulis khusus untuk mahasiswa yang belajar dan menempuh ujian dalam suatu system pengajaran. Ing: textbook. Ada tiga kelompok buku ajar, yaitu buku wajib, buku penunjang, dan buku pengayaan. Buku pengayaan diperlukan untuk memperluas wawasan pengetahuan dosen dan  mahasiswa.

Buku, girik sehelai kartu yang disisipkan dalam buku dan dipakai sebagai bukti peminjaman buku tersebut. Ing: book slip

Buku, kocek karntung dari kertas yang ditempelkan pada balik (bagian dalam) sampul atau bagian lain dari buku, tempat menyimpan girik buku. Ing: book pocket.

Buku langka buku yang karena bentuk, penjilidan, isi atau segi lainnya, jurang atau tidak terdapat lagi ing: Rare book

Buku pedoman karya tulis tentang suatu subjek khusus secara ringkas muat segala hal mengenai subjek tersebut, dalam kemasan yang mudah dibawa kemana-mana: khusunya ditujukkan bagi praktisi sebagai bahan rujukkan. Sinonim: buku pegangan, manual. Ing: handbook, Manual.

Buku rujukan lihat rujukan acuan buku.

Buku sarung pembungkus lepas yang dibuat oleh penerbit sendiri, baik polos maupun tercetak. Pada mulanya dimaksudkan sebagai pelindung buku terhadap debu atau kotoran lain, sekarang digunakan agar buku tampak menarik tingginya sama dengan tinggi buku sedangka kedua ujungnya berlepih yang terliap ke balik sampul. Ing: dust cove: book jacket.

Buku tahunan jenis buku yang terbit setahun sekali, berisi aneka informasi mutakhir, yang diperikan secara singkat dan atau dalam bentuk statistic. Buku tahunan sering menelaah aneka peristiwa yang terjadi dalam tahun tersebut. Ing: year book, annual.

Buku tercadang buku yang jumlah eksemplar setiap judulnya sangat terbatas, sedangkar frekuensi penggunaannya sangat tertinggi karena termasuk buku wajib, atau titipan dosen untuk mahasiswa yang mengikuti kuliahnya. Buku tersebut biasanya dipisahkan dari koleksi umum untuk kurun waktu tertentu, biasanya satu semester, dan hanya untuk dibaca di perpustakaan atau dipinjamkan semalam saja. Ing: Reserve collection, shorl logn collection.

Cakram tetal disket berdiamer 5 inci yang dipayar dengan sinar laser, menyimpan data digital, baik nas, suara atau gambar atau kombinasi ketiganya. Cakram ini berkapasitas simpan sangat tinggi.

Compact disk (CD) lihat cakra tetal

Daftar perolehan daftar yang mencatat pustak ayang ditambahkan pada koleksi perpustakaan. Bentuknya dapat berupa buku, disebut buku induk, berupa tangkilan kartu perolehan dalam laci, disebut catalog perolehan, atau bentuk yang lain. Setiap pustaka di dalam daftar itu diberi nomor induk sesuai dengan urutan penerimaannya. Daftar perolehan memberikan gambaran singkat mengenai perolehan dari riwayat tiap-tiap pustaka, dari penerimaan sampai penyiangannya. Ing: accessions register, accessions list, accessions book. Accessions card.

Direktori buku yang berisi senarai nama penduduk, organisasi atau perusahaan di dalam suatu kota, sekolompok kota atau Negara, disusun berabjad, atau menurut peta situasi atau kelompok usaha, profesi, pabrik atau perusahaan yang bergerak dalam suatu bidang kerja tertentu. Ing: directory

Diseminasi informasi lihat pemberan informasi

Disertasi lihat tesis

Disket penyimpanan data computer, berbentuk piringan atau cakram: bila dimasukkan ke dalam computer, disket itu akan digerakkan sehingga data dapat terbaca atau rekaman baru dapat dimuatka. Disket terbuat dari plastic lentur dan terdapat dalam berbagai ukuran. Kapasitasnya untuk menyimpa data juga beragam, yang tinggi cakram tetal, dll. Ing: disk, diskettes, floppy disks.lihat juga cakam tetal.

Ensiklopedia karya berisi informasi tentang semua subjek atau terbatas pada suatu subjek atau bidang khusus, yang disusun bersistem (biasanya menurut abjad). Ensiklopedia dapat terdiri dari 1 jilid, informasi yang disajikan singkat saja, atau terdiri dari banyak jilid, informasi yang disajikan lebih lengkap, biasanya ditulis oleh pakar dan kadang-kadang dilengkapai bibliografi dan gambar. Ing: encyclopedia.

Etiket lihat label

Faktur daftar pustaka yang dikirim dari toko buku atau penerbit, lengkap dengan rincian harga dan persyaratan lainnya. Ing: invoice

Ganja dua lembar kerta yang terlipat menurut halaman buku dan disisipkan oleh penjilid, masing-masing di bagian awal dan bagian akhir buku. Satu helai direkatkan pada balik sampul sedangkan helai lainnya, yang disebut ganja laying, direkatkan pada halaman pertama dan halaman akhir buku sepanjang tepi lipatan. Ing: endpaper.

Ganja laying helai pada ganja yang tidak direkatkan pada sampul. Ing: free endpaper, fly-leaf. Lihat ganja

Gazetir kamus geografi berisi informasi geografi, statistic atau sejarah. Ing: gazeteei

Girik buku lihat buku, girik

Guntingan artikel, berita, gambar atau bagian lain dari surat kabar, majalah atau karya cetak yang lain yang digunting dan diperlakukan sebagai pustaka. Ing: clipping cutting, press cutting.

Indeks lihat penjurus

Indomarc lihat Marc

Informasi data yang terolah dalam bentuk yang dapat dipahami, terekam di atas kertas atau media lain, dan dapat dikomunikasikan. Ing: information

ISBN kependekan international standart book number. Nomor yang diberikan kepad setiap buku sebelum buku itu terbit, untuk mengenali penerbit, judul, edisi, dan nomor jilid buku itu. ISBN terdiri dari 10 digit dan 13 digit (angka arab  0 – 9), kelompok angak awal merupakan pengenal kelompok dan menujukkan Negara, bahasa atau lainnya. Kelompok angka berikutnya menyatakan penerbit, judul, edisi, dan angka terakhir adalah digit pengecek.

ISSN kependekan international standard serian number, system penomoran internasional untuk menggenali terbitan berkala. ISSN terdiri atas 8 digit (angka arab) dan digit teakhir merupakan digit pengecek.

Jaringan kerja sama keraja sama antarperpustakaan yang meliputi silang layan, silang pinjam, konsultasi dan kerja sama lain. Pada saat ini pengertian jaringan telah berkembang sebagai suatu siste banyak computer yang saling dihubungkan dengan sambungan telekomunikasi sehingga data yang ada pada setiap computer yang berperan serta dalam jaringan dapat dijangkau oleh yang lain. Ing: network, library network cooperative network.

Jurnal lihat majalah

Kamus pustaka berisi kumpulan kata dari satu atau beberapa bahasa, atau kumpulan istilah suatu perkara, bidang profesi atau kejuruan biasanya disusun menurut abjad.kamus menerangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kata, maknanya, ejaan, asal, padan, lafal, penyukuar, kelaziman penggunaannya dan hal lain. Ing: dictionary

Kartu catalog kartu yang dipakai untuk pemasuk dalam suatu catalog, biasanya berukuran baku tinggi 7,5 cm dan lintang 12,5 cm. ing: catalogue card

Kartu pengenal kartu yang memuat keterangan nama, alamat pengguna perpustakaan. Dapat berupa kartu mahasiswa kartu pegawai atau kartu anggota perpustakaan. Ing: identification card

Kartu penjurus kartu yang disisipkan dalam tangkilan kartu, berukuran lebih tinggi sebagai penunjuk untuk memudahkan pencarian kartu dala tangkilan. Ing: index tab

Kartu pinjam kartu yang diberikan kepada peminjam, tempat mencatat, buku yang dipinjam oleh pinjam tersebut ing: borrow’s ticket, borrower’s card

Catalog senarai buku, peta atau pustaka lain, disusun menurut system tertentu. Catalog mencatat memerikan dan menjuruskan sesumber suatu koleksi perpustakaan atau sekelompok perpustakaan. Catalog dapat berbentuk daftar atau bibliografi. Setiap pemasuk berisi rincian nomor kelas atau sandi pustaka sehingga pustaka tersebut dapat ditemukan, juga mengandung rincian yang memerikan buku tersebut (pengarang, judul, tanggal terbit. Editor, julah gambar, halaman dan edisi) sehingga buku tersebut mudah dikenali. Ing: catalogue

Catalog biang kumpulan catalog yang setiap pemasuk utamanya menrupakan kartu biang yang berisi catatan lengkap dan mutakhir tentang seluru koleksi yang sudah dibuatkan katalognya. Catalog ini merupakan catalog induk bagi system perpustakaan secara menyeluruh dan oleh sebab itu biasanya disimpan di bagian catalog atau diperpustakaan pusat. Lihat juga catalog induk. Ing: master catalogue.

Catalog induk (1) catalog pengarang atau catalog hal dari semua pustaka atau buku pilihan yang terdapat di dalam koleksi sekelompok perpustakaan , dan meliputi segala bidang pengetahuan atau terbatas pada bidang tertentu serta ditunjukkan tempat pustaka tersebut terdapat (2) catalog semua koleksi dari suatu tataan perpustakaan dan terdapat di perpustakaan pusatnya ing: union catalogue.

Katalogisasi lihat pengatalogan

Catalog judul catalog yang hanya terdiri atas pemasuk judul saja ing: title catalogue.

Catalog kartu catalog yang setiap pemasukkannya termuat dalam suatu kartu yang disusun dalam laci menurut urutan tertentu. Ing: card catalogue, catalogue card.

Catalog lemari lemari tempat menyimpan laci catalog. Ing: card cabinet, card catalogue cabinet

Catalog niaga (1) daftar buku penerbit atau daftar buku yang terbit di suatu Negara, dan sering juga mencakup buku yang terbit di mancanegara, yang mempunyai agen di Negara tersebut. (2) pustaka yang berisi inforasi tentang barang yang dibuat atau dijual oleh suatu perusahaan, sering bergambar dan disertai daftar harga. Ing: trade catalogue.

Catalog paru daftar buku di perpustakaan, dengan pemasuk singkat dan disusun pada kartu atau lembar kertas sesuai urutan buku pada pagu rak. Jadi bentuknya semacam catalog subjek tanpa pemasuk tambahan dll. Ing: shelf list.

Catalog terhubung system catalog terotomasi. Cantuman catalog disimpan dalam bentuk terbaca mesin dan dijangkau secara terhubung oleh pengguna perpustakaan lewat computer. Ing: online public access catalogue, disingkat OPAC

Kepustakawanan profesi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan perpustakaan, yaitu pembinaan, pengolahan, pengelolaan, pemanfaatan koleksi serta  penyebaraan luasan infromasi. Ing: librarianship

Klasifikasi (1) penetaan pustaka dalam susuan yang makul menurut tingkat kesamaannya (2) bagian atau rengreng untuk mengelompokkan dan menyusun pustaka secara maku menurut subjek atau bentuknya. (3) system penyediaan dengan seperangkat lambing yang menyatakan konserp serta hubungan antar konsep. Lihat juga bagan klasifikasi. Ing: classification

Koleksi sejumlah pustaka tentang suatu perkara tertentu atau sejenis tertentu yang dikumpulkan oleh seseorang atau suatu perpustakaan. Ing: collection. Koleksi perpustakaan. Ing: library collection. Library holdings, library resources.

Koleksi rujukan koleksi seperti kamus, ensiklopedia, buku tahunan, direktori, bibliografi, sari, penjurus, atlas, dll. Yang disusun untuk menyajikan informasi, digunakan sebagai sumber rujukan dan bukan untuk dibaca seluruhnya. Biasanya koleksi ini hanya untuk dibaca diperpustakaan dan tidak dipinjamkan keluar. Disebut juga koleksi acuan. Ing: reference collection

Koleksi pembinaan proses perencanaan bagi program perolehan pustaka tidak saja untuk memenuhi  kebutuhan sesaat, tetapi juga untuk membangun koleksi yang sesuai dan handal untuk jangka panjang, sebagai tujuan pelayanan perpustakaan. Ing: collection development

Label sehelai kertas atau bahan lain, tercetak atau tercap yang diletakkan pada sampul buku, biasanya pada punggung atau sampul depan. Ing: label

Marc kependekkan dari machine readable catalogue. Format marc dikembangkan untuk memperoleh standar bagi pertukaran data bibliografi berbantauan mesin (computer) yang dapat diterima secara internasional Marc mula-mula dikembangkan oleh Library of congress sejak tahun 1966. Kita kenal misalnyan UKMARC (inggris), MALMARC (Malaysia), SINMARC (Singapore), dan INDOMARC  (Indonesia), INDOMARC dikembangakan oleh perpustakaan Nasional sejak tahun 1987. Ing: MARC

Majalah terbitan berkala, berisi artikel, berita, risalah, dll. Mengenai suatu perkara atau bidang tertentu. Majalah terbit dengan nama yang sama, setiap terbitannya dibedakan dengan nomor jilid dan nomor terbitan. Kandungan informasi dalam majalah lebih mutakhir sifatnya. Sinonim: jurnal, bulletin. Ing: Magzine, journal.

Manual lihat buku pedoman

Media bentuk komunikasi bercetak atau pandang-denga serta peralatan yang diperlukan untuk menggunakannya. Ing: media

Microfilm rekaman gambar atau potret renik pada film. Film tersebut dapat positif maupun negative, ukuran lebar film 16 atau 35 mm, panjangnya tergantung dari jumlah rekaman yang dibuat. Untuk perekaman bahan khusus seperti surat khabar, gambar teknik atau untuk membuat mikrofis digunakan film yang lebarnya 70 atau 105 mm. lihat juga pustaka renik. Ing: microfilm

Mohor (1) nama dan tempat penebit serta tahun terbit yang tercantum di kaki halaman judul, dan kadang-kadang keterangan lebih lengkap tedapat di balik halaman judul. (2) keterangan biasanya di balik halaman judul, mengenai hak cipta penerbit, percetak, dll. Ing: imprint

Multimedia (1) suatu koleksi atau ekaman koleksi dalam berbagai jenis media, termasuk bahan bukan buku, pandangan-dengar dan bahan tidak bercetak lainnya. Dengan atau tanpa buku dan bahan bercetak lainnya. (2) informasi yang disajikan lewat kombinasi berbagai teknik komunikasi baik serentak maupun bergiliran. Ing: multimedia

Pagu papan dari kayu, logam atau bahan lain yang dipasang mendatar pada dinding atau penyangga, tempat menyipan buku atau barang lain. Pagu mati ialah pagu yang terpaku pada penyanngganya sehingga tidak dapat dipindah-pindah. Pagu pulih ialah pagu yang dapat dipindah-pindah. Ing: shelf

Pamphlet terbitan bukan berkala, paling sedikit 5 halaman dan paling banyak 48 halaman, tidak termasuk halaman sampul (batasan unesco, 1964). Lihat juga buku. Merupakan terbitan seutuh, bukan berkala, namun dapat menjadi bagian suatu terbitan berseri dengan format dan membahas subjek yang sama. Ing: pamflet

Pangkalan data informasi yang disimpan dalam berkas/pingat komupter dan dapat dijangkau dari terminal lain jarak  jauh lewat hubungan telekomunikasi. Sinonim: Bandar data.  Ing: data base, databank.

Papan bulletin papan pengumuman diperpustakaan tempat meragakan senarai pustaka. Pengumuman tentang kegaitan akan berlangsung, sarang buku perolehan baru, dan aneka informasi perpustakaan. Ing: bulletin board.

Paten (1) rincian rancangan atau pembuatan suatu benda atau temuan tertentu yang dilinduingi oleh surat paten dan ada jaminan perolehan manfaat bagi perancangan atau penemunya selama kurun tertentu, yaitu antara 15 sapai 20 tahun. Setiap negra mempunyai peraturannya sendiri tentang hak paten. Lembaga yang mangatur pencatatan paten disebut kator paten (2) terbitan yang dikularkan oleh kantor paten yang berisi rincian rancangan dan proses suatu temuan. Ing: patent

Pelayanan pengguna bagian diperpustakaan yang kegiataannya meliputi peminjaman dan pengembalian pustaka, pelayanan rujukan, pendidikan pengguna, pemanduan, promosi dsb. Reader service, technical service.

Pelayanan perpustakaan serana yang disediakan perpustakaan untuk pemanfaatan pustaka dan penyebarluasan infromasi kepada penggunanya. Ing: library services

Pelayanan rujukan (1) bagian diperpustakaan yang tugasnya menyediakan infomasi kepada pengguna, dengan memanfaatkan koleksi acuan yang dimiliki perpustakaan (2) bantuan perseorangan atau bimbingan khusus yang diberikan oleh pustakawan pemandu kepada pengguna perseorangan yagn memerlukan informasi. Lihat juga pemanduan. Ing: reference service, Reference work.

Pelayanan teknis semua proses dan kegiataan yang berkaitan dengan perolehan, pengolahan dan pengelolahan pustaka untuk pemanfaatnya. Ing: technical servives.

Pelestarian (1) pengelolaan serta perlindungan tehadap arsip. (2) pekerjaan memperbaiki, memugar, melindungi dan merawat baik arsip, pustaka maupun bangunan perpustakaan. Ing: preservation. Lihat juga pengawetan.

Pemanduan memandu diperpustakaan ialah membantu perngguna dalam menelusru informasi dan dalam kegiataan lain shingga memudahkan pengguna mempereoleh informasi yang diperlukannya. Pemanduan ialah hal atau kegiataan pemandu. Lihat juga bagian perujukan. Pustakawan pemandu. Pelayanan rujukan. Ing: reference work. Reference service.

Pembebaran informasi penyebaran atau pengiriman informasi baik atas permintaan khusus atu tidak, kepada anggota suatu organisasi oleh pustakwan atau pegutas informasi. Caranya dengan menyebarkan buletein, majalah sari, surat, memo, perbincangan pribadi atau lewat telpon, membuat catatan khusus, guntingan berita, laporan atau menandai pokok yang penting-penting dalam terbitan untuk kepentingan pengguna. Lihat juga pembeberan informasi berpilih. Ing: dissemination of information

Pendidikan pengguna program yang diselenggarakan perpsutakaan memberikan informasi kepada pengguna tentang cara memanfaatkan informasi perpustakaan. Program ini dapat terdiri atas kegiataan ceramah, keliling keberbagai bagian perpustakaan, latihan. Ing: user education

Pengakatalogan proses penyimpanan pemasuk untuk catalog sering meliputi seluruh proses pengolahan pustaka sampai siap dimanfaatkan untuk pelayanan pengguna. Ing: cataloguing

Pengawahamaan pengsapan atau penyempatan pustaka dengan gas pembunuh hama. Ing: fumigation

Pengawetan pekerjaan pekerjaan memperbaiki buku, menjilid, menyampul atau melaminasi buku sehingga lebih tahan terhadap pemakaian dan penyimpanan termasuk pengawetan ialah pengawahamaan ialah dan pengondisian ruang. Ing: conservation

Pengindukkan koleksi kegiataan pencatatan koleksi perpustakaan ke dalam buku induk koleksi sebagai bukti penandaan perpustakaan.

Penglasir pustakawan yang tugasnya menglasir pustaka yakni menentukan kedalam kelas yang mana sebuah pustaka dapat digolongkan. Ing: classifier

Pengolahan bahan pustaka pekerjaan rutin yang dilakukan terhadap pustaka seperti pengcapan, pelabean, penemoran, dll. Sebelum pustaka itu siap untuk disimpan di rak. Pengolahan pustaka juga dapat mencakup semua proses yang dilakukan. Waktu menyiapkan pustaka yaitu termasauk pengatalogan dan pengklasifikasi. Ing: book preparation, book processing.

Penjurus (1) senarai berabjad atau bagan rinci berisi hal, nama orang, tempat, dll. Yang terdapat dalam sebuah buku atau satu seri buku, yang memunjukkan dengan tepat tempat kata itu terdapat, biasanya dengan nomor halaman, tetapi sering juga dengan parwa, arah atau nomor. (2) penemuballikan informasi yang merinci atau menunjukkan informasi, isi, atau hal yang dihabas suatu dokumen atau sejumlah dokumen. Juga senarai nama atau subjek yang menujuk ke satu atau sejumlah dokumen. Ing: index

Perabot perpustakaan (1) perlengkapan fisik di perpustakaan beberapa rak, meja, kursi lemari, dll. Sinonim : mebel. Ing: library furniture. (2) penangkat benda dan peralatan yang digunakan di perpsutakaan seperti mesin tik, computer, alat baca renikan, projector, dll. Ing: conservation of books, preservation of books.

Peredaran jumlah semua pustaka yang dipinjamkan oleh perpustakaan dalam kurun terntu. Ing: circulation.

Perencanaan proses menjagai dan merencanakan seluruh kegiataan kerja pustakaan, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Ing: planning

Perkakas perpustakaan serana yang diperlukan bagi pengolahan pustaka atau pencarian informasi, seperti petunujuk pengatalogan, bagan klasifikasi, senarai pustaka, bibliografi. Ing: library tool, bibliographic tool.

Perolehan proses penambahan pustaka pada koleksi perpustakaan. Ing: acquisition.

Perpustakaan (1) koleksi buku dan bahan pustaka lainnya yang dikumpulkan dan dikelola untuk dibaca, dipelajari, dan dirujuki. (2) tempat, bangunan atau ruangan tempat penyimpanan menyimpan dan memanfaatkan koleksi pustaka. Ing: library.

Perpustakaan rambu tulisan dan atau gambar yang dipasang diberbagai tempat di gedung perpustakaan sebagai penunujk tempat atau jalan. Ing: library signs, library marks, signboards.

Pertukaran kesepakatan di antara perpustakaan untuk menyelenggarakan tukar menukar terbitan masing-masing atau terbitan badan tempat perpustakaan itu berinduk. Ing: exchange

Pingat unit penyimpanan informasi suatu computer pingat utama harus dijangkau sergara, untuk fungsi lain digunakan penyimpanan lain seperti drum, disket, cakram atau pita magnet. Ing: memory

Prospectus selipat atau pamphlet terbitan penerbit yang memerikan terbitan. (2) terbitan yang memuat tulisan untuk memberi tahu atau manarik perhatian pembaca akan terbitan, produk atau jasa baru. Ing: prospectus.

Pustaka segala jenis bahan yang memuat rekaman informasi, tanpa memperhatikan bentuk ragawi atau sifat bahan itu, misalnya buku, majalah, guntingan film, pustaka renik. Ing: document.

Pustaka non buku pustaka yang tidak termasuk dalam batasan buku, majalah dan memerlukan penanganan khusus. Contohnya. Pustaka pandang-dengar, tangkilan tegak, pustaka renik, perangakat lunak computer. Ing: non-book materials

Pustaka pandang dengar pustaka non buku seperti piringan hitam, pita kaset, slaid, kaset audiovideo, piringan laser, pias film. Lihat juga pustaka non buku. Ing: audio-visual materials

Pustaka primer pustaka yang merupakan karangan asli (dan baru) misalnya artikel tentang hasil penelitian aslil penerapan teori baru, atau penjelasan mengenai gagasan dalam bidang ilmu tertentu. Jumlahnya banyak sehingga diperlukan bantuan pustaka ragam lain, yaitu pustaka sekunder untuk menelusurnya. Ing: primary publication.

Pustaka renik pustaka yang muat naskah dan gambar dalam ukuran yang diperkecil. Sehingga diperlukan alat pembesar untuk membacanya. Pustaka renik dibuat antara lain dengan tujuan menghemat ruang penyimpanan pustaka. Termasuk pustaka renik adalah mikrofis, microfilm, kartu mikro dll. Ing: micropy, microform, microrecord.

Pustaka sekunder sumber informas yang menunjukkan keberadaan pustaka primer. Pustaka ini berisi informasi yang sering diperlukan dan disajikan secara ringkas seperti sari dan penjurus di buat dengan tujuan menyebarluaskan informasi yang terdapat dalam pustaka primer. Ing: secondary publication

Pustaka senarai senarai pustaka, biasanya terdapat dalam penyudah sebuah buku yang muat semua pustaka yang digunakan penulis sebagai sumber bahan penyusunan buku tersebut. Biasanya memberikan penilaian. Ing: terbary publication

Pustakawan orang yang bertugas di perpustakaan, memilih, mengolah, meminjamkan, merawat pustaka, menjaga dan mengawasi perpustakaan serta melayani pengguna. Ing: librarian

Rak pagu bersusun yang ditopang oleh kerangka penyangga yang berdiri tegak, tempat menyipan pustaka. Pada rak satu muka, setiap pagunya hanya dapat diisi oleh sederatan pustaka, sedangkan pada rak dan muka oleh dua deretan pustaka terhadap hadapan. Ing: shelf. Rack

Risalah terbitan khusus berupa rekaman hasil pertemuan (konperensi, seminar, lokekarya, dll) yang diselenggarakan oleh lembaga tertentu, sering disertai sari atau laporan. Ing: proceedings, traatise.

Sandi pustaka huruf, angka dan lambing baik terpisah meuapun bergabung, diterakan pada punggung buku, pada halaman judul buku, dan pada pemasuk catalog untuk menyatakan tempat pustaka itu dalam rak. Biasanya berdiri atas nomor kelas dan sandi pengarang, kadang-kadang dilengkapi, pula dengan sandi judul. Ing: call number.

Sarana perpustakaan ruang atau gedung serta kelengkapannya untuk menampung segala kegiataan kerja perpuskaan, yang perlu untuk mendukung, memperlanca, serta meningkatkan kualitas pelaksanaan program perpustakaan. Ing: library facilities.

Sari (1) rangkuman singkat yang muat hal penting penting-penting atau inti kandungan sautu karangan. (2) sejenis bibliografi mutakhir yang muat rangkuman artikel majalah, kadang-kadang juga buku, laporan, penelitian, dll. Lengkap dengan pemerian bibliografi  yang memadai sehingga pustaka yang disarikan tersebut dapat ditelusuri dengan mudah, dan biasanya disusun menurut susunan atau kelas. Sari dapat ditulis dalam bahasa sumber atau terjemahkan. Majalah atau terbitan berkala yang hanya muat sari disebut majala sari (3) setiap pemasuk dalam majalah sari. Ing: abstract.

Selipat secarik kertas bercetak, berlipat satu atau dua kali sehingga membentuk dua sampai empat halaman dengan urutan hampir menyerupai buku tetapi tidak direkat atau dijilid. Ing: leaflet

Senarai susunan nama orang, benda, kata, bilangan dll. Secara tertulis atau tercetak seringkali dalam urutan tertentu misalnya berabjad, dan biasanya berhubungan dengan hal tertentu, misalnya senarai belanjaan, senarai judul buku, senarai harga, senarai perolehan. Ing: list

Siaga informasi suatu system atau sering suatu terbitan untuk memberi tahu pengguna perpustakaan dan pelyanan informasi tentang adanya dokumen mutakhir, misalnya pembeberan inforamsi terpilih, bulletin, jasa, pengindeksan pustaka mutakhir. Istilah ini sering disinonimkan dengan pembebaran inforamsi terpilih. Ing: current awareness.

Siang, penyiagan menyiang ialah menarik atau mengluarkan pustaka dari koleksi karena sudah rusak atau kadarluarsa, biasanya ditukar dengan buku baru atau terbitan yang lebih mutakhir. Ing: weeding

Silang layan kerja sama di antara perpustakaan untuk saling melayani, misalnya dengan cara berurup atau bertukarn terbitan masing-masing bersilang pinjam, dan layan-melayani fotokopi pustaka. Ing: interlibrary cooperation, interlending, interlibrary room, interlibrary reference service.

Silang pinjam pinjam meminjam pustaka di antara perpustakaan. Ing: interlending, interlibrary loan.

System modulas perencanaan gedung sehingga dapat dibuat menjadi beberapa modul atau unit terpisah, tanpa dinding pembatas ruang yang permanen. Tata ruang gedung yang memiliki kelenturan tinggi tersebut mudah dibuah, mengikuti kebutuhan perpustakaan. Ing: modular system.

Sumber biografi pustaka yang berisi informasi, riwayat hidup orang terkenal atau tokoh sejarah. Ing; biographical sources.

Surat kasip surat pemberitahuan kepada peminjam yang mengingatkan kepada peminjam kurun peminjamannya terlmapaui dan peminjam harus segera mengembalikan pustaka yang dipinjamnya. Ing: overdue notice

Takarir senarai kata atau istilah yang disusun berabjad, disertai batasannya. Ing: glossary

Tangkil file menangkil ialah menempatkan barang, misalnya dokumen surat, kartu dalam urutan tertentu. Penangkilan ialah proses menangkil dan tangkilan ialah hasilnya. Misalnya sekumpulan kartu yang sudah ditangkil. Ing: file

Tata lintup cara using yang diterapkan diperpustakaan. Pengguna tidak dapat mencari pustaka lansung dari rak. Dengan demikian perpustakaan perlu menyediakan catalog, lengkap dengan keterangan mana saja pustaka yang ada atau yang sedang dipinjamkan keluar. System ini masih banyak digunakan, terutama untuk pustaka dengan informasi yang bersifat atau terbatas. Sinonim: system tertutup. Ing: closes access, closed shelf, closed library

Tata pajan system penataan rak diperpustakaan, pengguna bebas mencari pustaka yang diperlukannya di rak. Sinonim: system terbuka. Ada dua jenis tata pajan, yaitu tata parak, letak rak terpisah dari ruang baca dan tata baur, letak rak membaur di antara meja baca. Ing: open access.

Tangkilan tegak (1) laci atau sesusun laci dalam lemari tempat menyimpan susunan kertas atau bahan jenis itu (2) koleksi selipat, guntingan, surat dll. Di dalam laci atau kotak. Ing: vertical file.

Telaah (1) terbitan berkala yang lebih mengutamakan artikel dan timbangan buku baru. (2) penilaian karya tulis yang muncul di majalah atau surat kaba. Ing: review

Tempah, tempahan permintaan akan pustaka tertentu agar disimpan sementara bagi pengguna segera setelah pustaka itu dikembalikan ke perpustakaan setelah dipinjam pengguna lain atau datang dari pengolahan. Lihat juga buku tempahan. Ing: reservation

Tenaga ahli subjek tenaga dosen atau ahli dalam bidang ilmu tertentu yang dipekerjakan diperpustakaan untuk membantu pustakawan terutama dalam pengklasifikasian pustaka. Ing: subject specialist.

Tenaga, lembar tengat lembar kertas yang biasanya ditempelkan pada ganja laying buku yang dipinjamkan, diberibertangga untuk menunjukkan batas waktu peminjaman buku tersebut. Ing: datelabel, dataslip.

Terbitan berkala (1) pustaka yang terbit berturut-turut dengan sedang waktu tertentu, biasanya teratur dan berlanjut. Termasuk terbitan berkala adalah majalah, surat kabar, buku tahunan, monografi berseri, risallah, dll. (2) pustaka yang terdiri atas banyak bagian atau jilid yang terbit berturut-turut dengan judul yang sama dan berlanjut sampai waktu yang tidak diketahui, tidak selalu terbit secara baratur. (3) bentuk bercetak atau bukan buku, terbit secaa berkala dengan judul sama, biasanya setiap terbitan diberi bernomor dan diharapkan penerbitannya akan terus berlanjut. Terbitan berkala bernomor ISSN.

Terbitan berseri sejumlah jilid buku yang biasanya berkaitan satu dengan yang lain dalam hal subjeknya, terbit secara berurutan pada umumnya dari penerbit yang sama dengan gaya seragam dan biasanya mempunyai judul bersarana yang disebut judl seri, tercantum pada halaan pancir atau bagian atas halaman judul buku. Lihat juga terbitan berkala. Ing: series

Terbitan pemerintah terbitan yang berasal dari atau dikeluarkan oleh atau dibiayai dan atas otoritas pemerintah. Terbitan ini biasa diterbitkan oleh badan pemerintah atau penerbit swasta ditunjuk pemerintah. Ing: government publication

Tim perpustakaan tim yang terdiri atas staf pengajar yang mewakili kelompok bidang dan keahlian tertentu, yang tugasnya antara lain membantu pustakawan menerjemahkan program dan kebijakkan perguruan tinggi ke dalam program perpustakaan dan turut memperjuangkan kepentingan perpustakaan kepada pimpinan perguran tinggi. Ing: library committee.

Titik layan tempat pelayanan perpustakaan kepada umum, termasuk perpustakaan cabang (juga tempat perhentian perpustakaan keliling), perpustakaan pusat, perpustakaan fakultas, perpustakaan sekolah, serta perpustakaan dirumah sakit, penjara, mercusuar, kamp militer, dll. Ing: servive points.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: