DAHSYATNYA TERAPI ISTIQFAR

Istiqfar adalah permintaan dengan perkataan dan perbuatan. Diakatkan juga kalimat ighfru hadzal-amr bimaghfiratihi artinya tutupilah dia dengan apa yang harus ditutupinya. Keistimewaan istiqfar bagi orang mukmin adalah keistimewaan yang Allah berikan untuk orang-orang mukmin, khusus mereka tidak untuk selain mereka. Orang mukmin dipiih untuk kalimat istiqfar dan kalimat istiqfar dipilih untuk mereka. Jika perkaranya demikian, bukanlah kita harus menjaga nikmat ini dan mengambil manfaatnya untuk dunia dan akhirat kita.

Waktu disunahkan membaca istiqfar adalah sunnah dibaca setiap saat. Ada waktu-waktu khusus dan kondisi-kondisi tertentu dimana istiqfar memiliki nilai lebih. Adapun waktu-waktu tersebut sebagai berikut:

  1. Seusai menunaikan ibadah disunnahkan membaca istiqfar seusai menuanikan ibadah, sebab dimungkinkan dalam menunaikan ibadah itu ada kesalahan ataupun kekurangnya. Begitu pula disyariatkan untuk membaca istiqfar selapas mengerjakan shalat lima waktu.
  2. Membaca istiqfar di sore hari, Allah menuju para hamba-Nya yang membaca istiqfar pada waktu yang penuh berkah ini
  3. Sebagai hal penutup majelis hal ini dilakukan ketika seseorang dari tempat duduknya berdiri hendak meninggalkan tempat itu, terutama sekali ketika dia bersama-sama kawannya atau dalam sebuah kumpulan atau melaksanakan pekerjaannya.  Sebagaimana diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan “aisyah bahwasanya Rasullah tidak akan berdiri dari suatu majelis melain membaca Doa. Aisyah bertanya “wahai Rasullah kenapa engkau memperbanyak kalimat-kalimat itu tatkala engkau berdiri?Rasullah menjawab tidaklah salah seorang mengucapakan kalimat-kalimat ini ketika dia berdiri dari mejelis-nya melainkan dia akan diampuni atas apa yang dilakukannya di majelis itu. (HR.Hakim)
  4. Membaca istiqfar untuk orang mati, setelah mengubur mayat, Nabi Saw berdiri sambil berkata, Beristiqfarlah untuk saudara kalian dan berdoalah agar dia dikuatkan. Sebab sekarng ida sedang ditanya (HR.Abu Dawud). Betapa seorang yang meninggal dalam kondisi genting seperti ini, sangat membutuhkan istiqfar dan ampunan dari Allah. Oleh karena itu, Nabi sanantiasa membaca istiqfar bagi orang-orang yang telah meninggal dan dia berdiri menghadap kuburan orang-orang lain

Istiqfara para malaikat yang dimaksud dengan istiqfar yang dilakukan oleh para malaikat adalah mereka meminta kepada Allah supaya mengampuni para hamba-Nya. Artinya supaya kesalahan dan keburukan para hamba-Nya diampuni Allah. Kondisi-kondisi dimana para malaikat membaca istiqfar untuk seseorang adalah ketika orang itu berada di tempat shalatny/mesjid sedang menunggu untuk melaksankan shalat. Saat seperti ini (saat panantian) merupakan saat-saat mulia. Di mana seorang hamba tercatat mendapat pahala, mendapat anugrah berupa kedekatan dengan Allah, serta mendapat istiqfar dan doa.

Buah dan faedah istiqfar memiliki buah yang sangat besar dan faedah luhur. Hal ini dapat dipetik oleh orang yang telah diberi taufiik dan ilhma oleh Allah sehingga mau membaca istiqfar, dan kembali kepada Allah serta bertaubat kepada-Nya. Salah satu buah dari istiqfar adalah sebagai berikut:

–          Istiqfar merupakan sambutan terhadap perintah Allah memerintah dan menganjurkan supaya para hamba-Nya meminta ampunan kepada-Nya. Selanjutnya, Allah akan menjanjikan ampunan dan pahala yang agung. Selain itu, pemberian yang melimpah sebagai balasan atas istiqfar.

–          Istiqfar adalah kunci rezki istiqfar merupakan sabab yang paling utama dan paling penting untuk mendatangkan rezeki dengan anugrah dari Allah, sebagaimana firman Allah yang mengisahkan tentang Nabi Nuh, “Maka aku katakana kepada mereka, “mohonlah ampunan kepada tuhanmu, sesungguhnya dia adalah maha pengampun, niscaya dia akan mengirimkan hujan kepada mu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anankmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untuk mu kebun-kebun dan mengadakan (pula dalamnya) untuk mu sungai-sungai. (Nuh (71): 10-12).  Dalam ayat tersebut Allah menyatakan bahwanya istiqfar memiliki faedah sebagai berikut antara lain (1) turunya hujan secra berganti-ganti, (2) kebun-kebun dan taman-taman yang indah, (3) mengalirnya sungai-sungai yang airnya tawar

–          Istiqfar membuka pintu surge, siapa yang membaca pada permulaan siang hari dengan penuh keyakinan, dan dia meninggal pada siang itu sebelum masuk waktu sore, maka dia termasuk ahli surge. Orang yang membacanya pada prmulaan malam hari dengan penuh sebelum masuk waktu subuh, maka dia termasuk ahli surge (HR.BUkhari)

–          Istiqfar menghapus segala dosa dan kesalahan , qatadah mengatakan sesunggunhya al-quraan telah menunjukkan kepada kalian penyakit kalian dan obatnya. Adapun penyakit kalian adalah dosa-dosa, sedangkan obatnya adalah istiqfar. Artinya istiqfar merupakan sebab diampunkan-nya dosa-dosa dan dileburnyanya keburukan-keburukan.

–          Istiqfar dapat menoak siksaan sebelum dilimpahkan salah satu buah dari istiqfar adalah Allah menjadikannya sebagai salah satu sebab diangkatnya siksa dan hukuman sebelum keduanya ditimpakan. Hal ini sesuai dengan firman Allah, “dan allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedangk mereka minta ampun. (an-anfal (8) : 32)

–          Istiqfar meninggikan derajat sebagaimana istiqfar memberikan manfaat kepada manusia di dunia, ia juga merupakan salah satu sebab diangkatnya derajat manusia di surge.

–          Istiqfar memberikan hati menyebabkan bersih, suci, mengkilap, dan sucinya hati dari dosa, maksiat bintik hitam-nya hati dan penutup hati.

–          Istiqfar menyuburkan kandungan, ini adalah berita gembira bagi setiap orang yang mendambakan anak dan keturunan yang saleh.

–          Istiqfar menyehatkan dan menguatkan salah satu dampak positif yang ditimbulkan oleh istiqfar adalah, Allah mengkaruniakan kesehatan dan kesembuhan pada seseorang. Selain itu Allah juga menambahkan kekuataan, semangat dan aktivitas orang itu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: