MENGAPA BISA LUPA

Mungkin kita semua pernah mengalami hal yang satu ini yaitu “LUPA” atau selalu lupa setiap tindakan atau kegiataan yang dikerja maka  lupa bisa dikatori penyakit ringan dalam  hidup ini dimana saat kita membutuhkan atau mengerjakan sesuatu justru kita tidak mengingat materi atau barang tersebut. Jika kita selalu mengalami lupa dan lupa setiap apa kita lakukan maka otomatis yang berakibat negative dalam kinerja kerja atau yang lainnya. Agar kita tidak menjadi orang pelupa sepanjang hidup atau setiap moment maka ada bebarapa hal yang harus kita perhatikan yaitu “kenapa kita bisa lupa”. Maka ada beberapa factor yang dapat menyebabkan kita melupakan sesuatu atau hal yang sangat urgentik antara lain sebagai berikut:

  1. Mengganggap sesuatu itu tidak penting (remeh), sesuatu dianggap tidak penting biasanya ada dua hal yaitu pada saat ini memang kita tidak membutuhkan dan pada saat tertentu tidak memiliki kepentingan terhadap sesuatu. Oleh karena pikiran telah terframe (opsesi) tidak membutuhkan informasi atau barang tersebut.
  2. Ada kerusakan dalam saraf-saraf otak kita karena adanya kerusakakan pada Engram atau hubugan saraf yang terjadi pada saat kita merekam sesuatu ke dalam pikiran kita. Hal ini dapat terjadi karena ingatan kita jarang atau bahkan tidak pernah kita latih
  3. Adanya tekanan, dimana ingatan adalah sesuatu yang dapat disesuaikan, dipengaruhi, dipalsukan atau dipanggil secara tepat atau sebaliknya tidak tepat.
  4. Kita sedang stress dalam kondisi seperti ini kinerja ingatan kita dalam kondisi tidak stabil
  5. Kita melupakan petunjuk untuk menambilkan kembali ingatan
  6. Kita mengalami gangguan fisik.

Nah, kita telah mengetahui factor-faktor yang dapat menyebabkan kita bisa melupakan sesuatu. Jika telah mengetahui factor kita bisa lupa, Maka program atau kerja kita adalah bagaimana tidak lupa lagi dan menelisik atau membakar diri kenapa kok kita bisa lupa dan bagiamana kita bisa mengatasinya. Berikut ini, ada kiat sederhan dan praktis yang dapat segera dilakukan jika kita berniat untuk melipatkangandakan daya ingat kita yaitu menenamakan kita AIDS

  1. Attention (perhatian), perhatikan dan terfokus apa yang sedang kita pelajari. Jadi rahasianya perhatikanlah maka kita akan mengetahui apa yang kita pelajari. Ketahuilah maka kita bisa menampilkan kembali ingatan kita pada saat tepat.
  2. Interest (minat) setelah kita memperhatikan secara seksama apa yang sedang dipelajari, kita perlu menumbuhkan minat mengetahuinya. Gunakan pikiran latar positif dan abaikanlah pikir latar yang negative.  Karena pikiran latar positif akan menumbuhkann minat dan mengembangakan kualitas daya ingatan kita.
  3. Disere (hasrat) jika kita berniat mengingat sesuatu, tanamkan kuat-kuat hasrat untuk mengingat. Hasrat mendalam akan memudahkan kita mengenal kata kunci untuk menampilkan kembali ingatan itu.
  4. Spirit (semangat) perhatian, minat dan keinginan mendalam belumlah cukup untuk mengawali langkah kita dalam mempertajam ingatan. Maka kita membutuhkan semangat untuk lebih sering melatih dan membiasakan diri menampilkan kembali ingatan yang dibutuhkan.

Setelah kita mengetahui tips dan cara untuk mengurangi pikiran lupa maka hal yang harus kita lakukan selanjut adalah apa yang bisa kita lakukan agar pikiran ini selalu on (tidak lupa) maka ada bebarapa saran yang haru kita ikutin satu persatu sehingga kita memamang menjadi orang jenius dalam menghapal dan menggingat kata atau barang.

  1. Dengan kesadaran penuh, ambilah keputasan mulai sekarang bahwa kita akan mengingat semua yang telah kita pelajari. Ingatlah, keputusan kita tersebut setiap hari dan setiap kali kita belajar atau memahami sesuatu.
  2. Pastikan bahwa kita tidak keliru menangkap sesuatu gagasan, kekeliruan menangkap informasi atau memahami jauh lebih parah dibandingkan tidak mengingatkan sama sekali. Mengapa seperti itu? Karena saat kita menyadari kekeliruan inforamasi tersebut tanpa disadari otak kita sudah merekam informasi itu.
  3. Pastikan poin-poin yang dapat menjadi keyword (kata kunci) bagi kita untuk memanggil kembali ingatan dan save file dipikiran. Maka gunakan kreativitas dan imajinasi kita untuk menemukan istilah-istilah aneh dan unik yang menghubungkan save dan kunci pemanggilan ingatan. Itu semakin mempermudahkan bagi kita mengingat poin penting dan inti dari tindakan ini adalah kita tidak menghapal perjuta kalimat tapi Cuma mengingat satu kalimat yang unik itu.
  4. Catatlah poin penting, kunci pemanggilan ingatan dan istilah unik itu kedalam buku kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Dari waktu kewaktu bukalah catatat itu karena semakin sering kita membuka dan membacanya semakin besar peluang kita untuk menampilkan kembali ingatan pada saat yang dibutuhkan.

Nah setelah mengetahui kenapa kita bisa lupa, tips agar tidak lupa dan cara kita bertindak untuk lupa, maka hal yang harus kita lakukan sekarang dan seterusnya adalah mengawali serta berniat akan mulai dari sekarang karena hanya mengetahui saja tidak cukup jika tidak action (tindakan) secepat mungkin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: