BUKU INSPRIASI KOE UNTUK TEGUH DI JALAN CINTA


Ketika tak ada kegiataan dan lagi malas dikosan biasanya menyempatkan diri untuk ke mall Cuma untuk refresing dan melepaskan rasa jenuh tetapi kebiasaan kalau tempat keramaian “mall” menyempatkan ke toko buku, Cuma untuk melihat mana tahu ada buku yang membuat koe terpesona untuk membaca secara detail. Sesampainya di “JATOS” langsung kebuku yang berjejeran di sana coba cek satu-persatu di pajangan buku secara sepintas melihat judul buku dari klasifikasi atau topik agama, computer, psikologi dan sebagainyanya. Biasanya kalau koe mencari buku yang the not a book planning buy lebih condong ke rak buku computer, agama “novel islami” dan psikologi karena ketiga topic tersebut adalah makanan bacaan  sehari-hari. Setelah beberapa menit mengililing rak buku belum ada satupun buku yang menarik dan mempesona kedua bola mata tapi tak berhenti untuk mendekati buku-buku mengandung informasi  yang berjuta-juta lewat sebuah kalimat nan cantik dan penuh hikmah.

Kemudian beralih kerak paling tengah antara area hospotan dan café langsung mendekati rak itu yang kebetulan rak tersebut terdapat beberapa novel islami yang pengarang telah familier bagi kaum hoby membaca seperti Habiburahman, Ninih Muthmainah dan sebagainya diantara beberapa pengarang hebat tersebut langsung mencambut buku tersebut yang berjudul “ La Tahzan for Broken Hearted Muslimah” jika teman sudah membaca pasti tahu siapa pengarang yang banyak menerbit dan menulis buku yang spektakuler dan inspirasi kita-kita semua. Untuk mengetahui content secara sepintas dari buku koe biasakan untuk melihat daftar isi karena merupaka intisari dari pembahasan buku tersebut. Setelah melihat daftar isi koe tertarik pada hal 91 “jatuh cinta” langsung membuka lembar- perlembar akhirnya halaman tersebut ketemu, langsung tersenyum dengan kata pembukaan dari cerita tersebut dan kata itu juga telah membuat inspirasi koe untuk teguh di jalan cinta adapun katanya seperti ini “saya katakana padanya, hanya orang istimewa yang mau menikah dengan saya, kalau orang istimewa itu tidak saya temukan, tidak apa-apa. Tapi saya tetap yakin orang itu ada” kata pembukaan saja telah membuat pikiran dan perasaan begitu tertarik, koe memutuskan untuk membaca sampai akhir cerita walaupun baca harus berdiri itu bukan kendala bagi untuk memahami kalimat perkalimat yang telah tersusun secara antik sertaa ejaan yang begitu elegan. Semakin lama koe membaca semakin banyak kalimat hikmah untuk koe dimana saat itu kebetulan ada “personal problems” with “someone” (eeeppp jangan pikir tidak aneh problemnya bukan pacar atau yang lain….ini privacy hehehe).

PICT0554Selesai juga baca cerita penuh inspirasi tersebut tanpa pertimbangan langsung ingin membeli dan cek harga berapa mana tahu saku tak cukup untuk membayar, koe lihat label harga cukup terjangkau. Tetapi tidak membeli buku tersebut disana (curang ya koe, udh jelas dibacain disana tapi beli tempat lain heeehee…) menimbang dan mengingat disana harga bisa dikategori mahal, tidak ada diskon dan tak biasa beli buku di toko tersebut biasanya beli buku dilantai bascment “lantai paling dasar” di Jatos karena toko tersebut hari senin-rabu ada diskon khusus 10% lumayan banget potongannya apalagi buat standar mahasiswa segitu sangat berharga (bukan hitung-hitungan tapi begitulah pemikiran mahasiswa mana segitu bisa buat beli yang lain hehehee…). Langsung menuju toko buku langganan sesampai disana langsung Tanya petugas informasu buku (brokers information) megutarakan judul buka kepetugas dan taktiktuk keyboar dengan keyword koe utarakan ternyata banyak judul tersebut tapi koe meminta buku dengan judul “Lah Tahzan for Broken hearted Muslimah” ternyata judul koe ingin tak ada (kosong). Jadi sedih juga karena sudah semangat 80, 86, 87 dan sebagainya heheee….ternyata buku lagi kosong, tak menyerah begitu saja. Kapan ada bukunya mbak mungkin minggu depan tapi hari ‘Rabu’, oooo gitu ya mbak  insyaallah sudah ada stocknya kalau memang seperti itu minggu depan balik kesini ya mbak.

Sesamapi dikosan masih kepikiran dengan buku tersebut karena yakin buku begitu banyak hikmah dan inspirasi di jalan cinta ini, hari berganti hari tak terasa weekand telah berlalu. Walaupun telah hampir seminggu masih ingat bahwa koe telah pesan buku tersebut tapi koe janji hari rabu masih dua hari lagi. Karena tak tak tahan untuk membaca buku tersebut, cari jalan lain agar bisa cepat mendapat buku itu. Maka memutuskan untuk ke palasari “pusat buka termurah dibandung” singkat cerita dengan perjalan lebih kurang 1 jam berjalan dari kosan ketempat itu akhirnya sampai ke gudang informasi terlengkap sudah beberapa toko Tanya tetap tidak ada. Kemudian seorang penjaga toko menyarankan coba ketoko paling pojok kerena toko tersebut lebih lengkap dari yang lain. Mengikuti saran penjaga toko sesampai disana titip tas dulu dan langsung Tanya ada gak buku dengan judul ini, kemudian petugas cek di computer karena kita tahu bahwa toko sekarang telah mengklasifikasi buku secara komputerisasi jadi memberi kemudahan bagi pelanggan dan petugas untuk searching buku yang dibutuhkan. Petugas langsung memencet keyboar sesuai dengan judul yang koe sodorkan dan alhamdullah ada tapi tunggu dulu takutnya juga kosong karena di list tinggal 2 lagi, hati koe  berbicara ya Rabbi jangan sambal kosong sungguh ingin membacanya. Setelah dilihat di rak masih ada hati begitu senang setelah mendapat buku tersebut, tapi tak langsung bayar dikasir malah putar-putar mana tahu ada sercecah buku membuat mata melek membacanya dan lebih kurang setenggah jam periksa dari rak ke rak belum juga menemui yang klop,

petugas : pertanya cari buku apa “teteh”

koe : oya Cuma mau lihat-lihat dulu “Aaaa” mana ada yang bagus “sambil senyum alias tebar pesona hehee”

petugas : ya udh lanjutin aja carinya teteh.

Koe        : oce…nuhun

Terus keliling sambil mengamati content buku-buku yang bertumpuk dari yang tebal hingga paling tipis dan akhirnya dapat 2buku yang menurut sungguh sangat bermanfaat setelah dapat langsung bayar dikasir serta minta disampulkan.

Begitu senangnya penantian mendapat buku tersebut akhirnya dapat juga dan membaca buku tersebut di atas angkot sebelumnya paling tak terbiasa baca diangkot ada berapa alasan antara lain : (1) takut di image sok-sokan, (2) mata tak kuat membaca dalam situasi seperti itu dan (3) ingin menikmati perjalanan tetapi karena semakin penasarannya dengan kalimat-kalimat yang terkandung buku itu untuk menghilangkan was-was tersebut. Namun tak berjam-jam membaca akhirnya menyerah juga membaca “finaly and stop reading in the bus” karena kepala telah merasa pusing dan menikmati view (pandangan selama perjalan menuju kekosan) tak lama menempuh berjalan sampai juga dikosa koe yang penuh memory heheee….

Di Tanya teman kosan gimana berhasil kah misi hunting buku hari ini dan menyatakan alhamdullah tapi ada satu buku belum dapat-dapat juga setelah bercengkrama sebentar langsung masuk kamar dan melaksanakan kewajiban pada Rabbi (shalat) habis menunai haq kembali membaca. Subhanaallah buat koe ketawa sendiri karena setiap halaman ceritanya berbeda tetapi permasalahnya realistas cinta yang dihadapin akhwat, karena ada beberapa cerita hampir mirip walaupun tak serupa dengan history yang kualami.  Buat teman-teman yang belum baca koe saran buruan baca sungguh sangat rugi jika tidak membaca apalagi tidak tahu, begitu banyak inspirasi buat akhwat-akhwat lagi on in love (lagi jatuh cinta) jadi kita bisa menyikap tabir-tabir cinta yang sesungguhnya, tidak terjadi kesalahan paham jika cinta menghampiri karena kita tidak tahu kapan akan datang dan pergi dari kehidupan kita “itulah cinta susah untuk diterka”.  Jika tak pandai-pandai memilah cinta yang menghampiri kita malah membuat kegeeran, sedih, kecewa, menangis bahkan lebih dari itu.

Akhirnya setelah membaca buku tersebut semakin mengerti dan paham tentang cinta, bagaimana menggelola cinta, mengantisipasi cinta dan menghadirkan segumpal cinta pada sang hakiki.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: