Rajin-rajinlah meng-update antivirus

Mengingat daya rusak antivirus makin canggih saja dari hari ke hari, maka untuk menangkat virus perusakan juga harus diterus ditingkatkan kualitasnya. Berikut ini kiat-kiatnya:
1. Pakailah antivirus yang selalu update. Anda bisa juga menggunakan antivirus local sepeperti http://pcmav.indonexia.com///o”PCMAV”//t”_blank”PCMedia Anvitivirus(PCMAV) mengingat sekarang ini virus local sekarang lebih banyak mendominasi.
2. Hindari asal memasukkan flasdisk tanpa bertanya atau mencari tahu terlebih dahulu apakah flasdisk tersebut mengandung virus atau tidak.
3. Ketika memasukkan flasdisk, jangan mengklik dobel langsung ke icon drivenya di eklplorer, tapi bukanlah dari tree-view untuk menghindari virus yang menggunakan autorun.
Selain tiga langkah tersebut, juga bisa dilakukannya upaya lain untuk mencegah agar virus yang masuk tidak sampai menyembar antara lain:
1. Untuk langkah preventif, anda bisa mendisable autorun yang biasa dimanfaatkan virus untuk menyebar. Caranya starr>Run>gpedit.msc>user configuration>administrative templates>system. Akan tertera Turn off Autoplay”. Double click dan set “enabled”.
2. Stop virus yang aktif saat window log on dengan klik start>run>msconfig>startup. Uncheck items yang tidak diperlukan ketika startup, termasuk diantaranya virus.
3. Tidak dipungkiri bahwa flasdisk saat ini menjadi media yang paling sering digunakan menyimpan data yang mudah dibawa kemana-mana. Tetapi sedikit yang memperhatikan masalah penggunaan flasdisk ini. Mungkin karena kapasitasnya ber-Giga_giga, maka semua data dimasukkan, dan setiap saat dipasang di computer ibarat hardisk mini. Bahkan ada yang isinya tidak hanya ratusan data tetapi ribuan data.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: