MODUL 5 Teori-teori Komunikasi Kelompok dan Organisasional Kontekstual dan kemungkinan Aplikasinya di dunia Informasi dan Perpustakaan

Teori komunikasi dalam konteks kelompok kecil
Teori komunikasi dalam konteks kelompok kecil terdiri dari beberapa bagian yaitu:
a) Adaptive structuration theory
b) Constellation models
c) Decision emergence theory (DET)
d) Decision mampping theory
e) Developmental models
f) Dialectical tensions theory
g) Dramatism theory
h) Fantacy theme analysis (symbolic convergence theory)
i) Functional perspective theory
j) Group hate theory
k) Group polarization theory
l) Group think theory
m) Narrative paradign (paradigma naratif)
n) Productivity theory
o) Role emergence (teori kemunculan peran)
p) Rules theory
q) Social loafing theory
r) System theory

Teori komunikasi dalam konteks organisasional
Komunikasi organisasi adalah komunikasi yang terjadi dilingkungan organisasi atau dalam lingkungan sistem sosial tertentu yang merupakan kelompok independen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan unit aalisisnya adalah struktur organisasi itu sendiri. Beberapa teori yang mendukung teori organisasi ini adalah:

a) Information system approach theory
b) Organizational assimilation/socialization theory
c) Cultural approach theory
d) Critical approach to organizations theory
Contoh kasus yang diambil adalah pada teori Organizational assimilation/socialization theory. Teori ini menjelakan bagaiman seseorang yang memasuki lingkungan organisasi mencoba membaur dalam organisasi dengan menggunakan komunikasi. Pada dasarnya seseorang bisaa saja tidak bisa dengan segera mampu menyesuaikann diri dengan lingkungan yang barunya tersebut, namun ada juga yang relatif lebih cepat. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi cepat atau lambatnya seseorang menyesuaikan diri dengan lingkungan organisasi adalah faktor training (latihan), yang sring diadakan suatu organisasi guna mendidik dan melatih para anggota baru dengan tujuan untuk memudahkan penyesuaian diri dengan lingkungan baru.
Contohnya: seseorang pendatang baru di sebuah desa dimana orang ini mempunyai latar belakang budaya yang berbeda dengan lingkungan barunya ini. Dia akan berusaha untuk menempatkan diri dengan baik di lingkungan barunya itu agar diterima oleh orang-orang yang berada dilingkungannya, dengan cara mempelajari budaya yang ada dilingkungan barunya ini. Masyarakat yang berada dilingkungan ini secara tidak langsung juga ikut berperan serta dalam membantu pendatang baru ini untuk memperkenalkan budaya yang ada dilingkungan tersebut. Pendatang baru ini harus menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya agar terjadi komunikasi timbal balik dengan masyarakat lingkungnnya. Ia tidak bisa membawa budayanya ke dalam lingkungan barunya ini, seperti bahasa yang ia gunakan ditempat yang dulu tidak bisa dipakai di dalam lingkungan sekarang, karena tidak akan terjadinya komunikasi timbal balik, sebab bahasa yang ia gunakan tidak dimengerti oleh orang lain. Tujuan dari kita mempelajari budaya dimana lingkungan baru kita agar kita mudah berbaur dengan lingkungan baru kita. Contoh lainnya adalah pergantian kepala sekolah, dimana program kerja kepala sekolah baru tidak sama dengan program kerja kepala sekolah yang lama. Maka para karyawan dan guru-guru yang ada disekolah tersebut harus menyesuaikan diri dengan cara kerja kepaka sekolah yang baru. Dengan tujuan agar terciptanya kerja sama yang baik antara pimpinan dengan bawahan. Dan dengan terjalinnya hubungan yang baik itu program kerja yang telah direncanakan oleh kepala sekolah berjalan dengan baik, dengan bantuan karyawan-karyawan sekolah itu. Walaupun kepala sekolah merupakan pimpinan dari sekolah tersebut ia juga harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan orang-orang yang sudah lama berada dilingkungan sekolah tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: